Bercanda Bawa Bom, Penumpang Air Asia Diamankan di Bandara Adi Sutjipto Jogja. Jokes Macam Apa ini?

Bercanda bawa bom di pesawat

Lagi-lagi bercandaan yang tak pada tempatnya kembali terjadi di ruang publik. Tak main-main, kali ini sebuah kejadian heboh baru saja mengguncang rasa aman orang-orang yang tengah berada di Bandara Adi Sutjipto, Jogjakarta. Seorang penumpang pesawat Air Asia dikabarkan baru saja diamankan oleh pihak keamanan lantaran diduga ‘bercanda’ membawa sebuah bom.

Advertisement

Meski rupanya hanya berniat untuk bercanda, namun kelakuan penumpang satu ini memang pantas diberikan tindakan yang tegas. Hal itu mengingat bahwa di Indonesia sendiri banyak kejadian serupa yang bahkan benar-benar serius dan mengancam keselamatan banyak orang.

Kejadian bermula saat penumpang tersebut menaiki pesawat Air Asia dengan rute perjalanan Jogja-Denpasar

Gerbang masuk Bandara Adisutjipto / Foto: KR Jogja via krjogja.com

Kasus konyol yang sekaligus meresahkan ini terungkap pada hari Jumat, 6 November 2019 saat seorang penumpang berinisial TH mengikuti penerbangan bersama pesawat Air Asia QZ 8441 dengan rute JOG-DPS (Jogja-Denpasar). Dilansir dari Suara Jogja, kronologi kejadian itu bermula ketika seorang pramugari yang tengah bertugas mendapati TH berbincang kepada temannya bahwa dirinya membawa bom.

Sontak hal tersebut mengagetkan pramugari tersebut hingga akhirnya laporan diteruskan kepada kapten pesawat. Mengetahui berita itu, sang kapten lantas memberikan perintah untuk kembali melakukan pengecekan terhadap semua penumpang yang berada di dalam pesawat.

Advertisement

Rupanya, motif TH mengatakan hal tersebut semata-mata hanya ingin menakut-nakuti pramugari yang tengah bertugas. Padahal semua penumpang yang ada di pesawat sampai diturunkan semua lo!

Ilustrasi pesawat Air Asia via aviatren.com

Karena kasus tersebut terjadi ketika pesawat sudah menutup semua pintu dan siap untuk lepas landas, akhirnya seluruh penumpang diturunkan kembali oleh pihak keamanan. Tak hanya penumpangnya saja, bahkan seluruh barang bawaan kembali dilakukan pengecekan ulang oleh petugas.

Mirisnya, setelah tak ditemukan satu pun penumpang yang benar-benar membawa bom, akhirnya TH baru mengaku bahwa dirinya melakukan hal itu karena niat bercanda saja. Seluruh penumpang dan awak kabin pun kembali dibuat geram setelah TH menjelaskan bahwa dia ingin menakut-nakuti para pramugari yang sedang bertugas. Padahal hal seperti itu sudah dilarang dan ada undang-undang resmi yang mengaturnya lo.

Akibat perbuatannya, TH dilarang untuk ikut penerbangan dan tetap akan dilaporkan kepada pihak terkait

Advertisement

Pesawat Air Asia via www.youtube.com

Setelah dilakukan pengecekan secara mendalam terhadap TH, akhirnya dia pun diganjar dengan hukuman tak boleh ikut penerbangan tersebut. Kendati demikian, seluruh penumpang pesawat yang berada dalam satu jadwal penerbangan bersama TH kemudian diberangkatkan setelah dirasa aman dan memang tak terjadi apa-apa.

Kasus TH ini ditangani oleh pihak keamanan Bandara Adi Sutjipto. Dirinya juga diminta untuk membuat surat pernyataan dan meminta maaf serta memberikan klarifikasi terhadap hal itu. Lebih lanjut, pihak Air Asia tetap akan melaporkan TH kepada pihak yang berwenang karena merasa hal itu tak dapat selesai hanya dengan meminta maaf.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Senois.

CLOSE