Cara #BerjemurAsyik Bareng Anak Saat Ramadan dari Sakatonik ABC

#BerjemurAsyik ala Sakatonik ABC

Sebentar lagi Ramadan tiba dan kita akan menjalani ibadah puasa dengan suasana baru. Ya, pandemi Covid-19 yang belum usai memang perlu diwaspadai, salah satunya dengan mengurangi kegiatan di luar rumah. Meski begitu, kita dianjurkan meningkatkan daya tahan tubuh sebagai proteksi awal untuk meminimalisir virus yang masuk ke tubuh, tak terkecuali bagi anak-anak.

Advertisement

Berjemur di pagi hari merupakan salah satu cara yang baik dalam memperkuat daya tahan tubuh. Lewat berjemur, anak-anak dapat merasakan manfaat sekaligus untuk kesehatannya. Sakatonik ABC sebagai vitamin anak Indonesia turut mengajak dan memfasilitasi aktivitas #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi melalui Virtual Gym.

Berjemur di pagi hari sebelum jam 10 banyak manfaatnya, antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penyerapan kalsium, dan pertumbuhan tulang

Manfaat berjemur bagi anak-anak (Foto: dok. Sakatonik ABC) via www.instagram.com

“Aktivitas berjemur dapat dilakukan dalam frekuensi 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Anak-anak perlu memaksimalkan berjemur pada bagian lengan dan tungkai mereka, serta waktu berjemur ini berlaku untuk semua wilayah di Indonesia,” jelas Dokter Spesialis Anak, dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, fM.Sc, di Media Talkshow Online ‘Peluncuran Aktivitas #BerjemurAsyik’ pada Selasa (21/4/2020).

Aktivitas berjemur anak dibawah pukul 10.00 banyak manfaatnya. Sebab, kandungan sinar ultraviolet B (UVB) yang kemudian akan membentuk vitamin D dalam jumlah besar akan langsung disalurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penyerapan kalsium, dan pertumbuhan tulang. Sementara kadar UVB semakin menurun diatas pukul 10.00 dan dapat berpotensi pada paparan kanker kulit pada anak. Untuk durasi berjemurnya dibawah pukul 10.00 dapat dinaikkan bertahap dari 5 menit sampai 15 menit.

Advertisement

Tak hanya mengandung vitamin D saja, berjemur sambil beraktivitas yang menyenangkan di bawah pukul 10.00 melatih ketahanan fisik anak. Pengkoordinasian tubuh disaat beraktivitas diluar ruangan ini bagus juga untuk pengembangan keterampilan motorik pada anak. Sehingga saat bulan Ramadan tiba, anak-anak dapat merasa nyaman dengan aktivitas berjemur ini dan tidak merasa terbebani.

Tak sekadar berjemur, anak juga dapat beraktivitas fisik ringan seperti virtual gym yang berkonsep menyenangkan

Salah satu gerakan virtual gym (Foto: dok. Sakatonik ABC)

“Aktivitas #BerjemurAsyik dibagi dalam 3 bagian, dengan bagian utamanya adalah Virtual Gym yaitu gerak tubuh virtual sehingga anak dapat sekaligus membayangkan sambil bereksplorasi melatih motoriknya saat memvisualisasikan gerakan tersebut,” – ujar Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Zeth Boroh, Sp.KO.

Advertisement

Kegiatan dalam #BerjemurAsyik ini merasa perlu mendukung aktivitas fisik yang dikemas menyenangkan agar anak kedepannya dapat rutin berjemur setiap hari, walaupun saat nanti menjalankan ibadah puasa. Dengan demikian, mereka dapat berimajinasi seperti sedang berenang, bersepeda, bermain skating ataupun mendayung, sekalipun hanya sebentar saja. Gerakan virtual ini dapat membantu struktur tubuh anak menjadi lebih kuat serta terhindar dari cedera otot saat mereka sedang aktif beraktivitas #BerjemurAsyik.

Virtua gym memberikan manfaat bagi tubuh (Foto: dok. Sakatonik ABC)

Disamping gerak tubuh virtual, ada gerak tubuh pendukung lain yaitu pemanasan dengan intensitas sedang yang fokus pada fleksibilitas tubuh anak. Sementara ada juga gerak tubuh pendukung lainnya yaitu anak melakukan gerakan untuk latihan kardio seperti berjalan, berlari dan melompat yang dikemas dengan menyenangkan seperti anak sedang dance atau menari.

#BerjemurAsyik sambil bereksplorasi Virtual Gym yang didukung dengan gerak tubuh lainnya dapat ikut membentuk sistem daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat dan maksimal. Di sisi lain, bagus untuk keterampilan motorik anak. Ketiga bagian gerak tubuh yaitu aktivitas Virtual Gym dan pendukungnya dapat dilakukan 1 hingga 2 set saja atau sekitar 5 sampai 10 menit sambil berjemur.

Sakatonik ABC turut serta dalam mendukung daya tahan tubuh anak-anak Indonesia di masa Covid-19 ini melalui #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi dengan Virtual Gym

Sakatonik ABC (Foto: dok. Sakatonik ABC) via www.kalbe.co.id

“Kami sangat mengerti bahwa dimasa pembatasan beraktivitas diluar rumah ini para orang tua dituntut untuk lebih kreatif dalam bereksplorasi untuk kebutuhan anaknya. Harapan kami aktivitas ini juga dapat membantu anak-anak untuk beraktivitas yang menyenangkan dan juga menyehatkan,” ungkap Medical Manager dari Kalbe Consumer Health, dr. Helmin Agustina Silalahi.

Sakatonik ABC sebagai vitamin anak Indonesia untuk mendukung daya tahan tubuh anak-anak Indonesia di masa Covid-19 ini dengan ikut mengajak dan memfasilitasi aktivitas #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi dengan Virtual Gym. Hal tersebut juga sejalan dengan komitmen Kalbe untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.  Salah satunya mendorong anak- anak Indonesia untuk tumbuh sehat dan berkembang menjadi anak berdaya tahan tubuh kuat sehingga mereka terus semangat bereksplorasi mempelajari hal-hal baru dalam aktivitas kesehariannya.

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal apalagi saat Covid-19, selain dari Vitamin D yang bersumber dari sinar matahari perlu didukung juga dengan Vitamin B kompleks lain. Hal ini dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi yang mengandung vitamin A, B, C, dan E serta kandungan nutrisi pendukung lainnya.

Sakatonik ABC hadir untuk melengkapi asupan multivitamin pelengkap bagi anak di samping makanan yang bergizi. Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan, asupan vitamin perlu untuk mendukung aktivitas kegiatan anak sehari-hari sehingga mereka dapat secara maksimal beraktivitas seperti biasa, walaupun sedang ikut berpuasa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE