DAMRI Lakukan Uji Coba Operasi Bus Ramah Disabilitas Kedua di Indonesia untuk Kota Mataram

Bus Disabilitas NTB Gemilang DAMRI

Fasilitas publik seperti angkutan umum memang sudah selayaknya ramah bagi semua masyarakat, termasuk bagi lansia dan disabilitas. DAMRI sebagai penyelenggara angkutan penumpang dan barang di Indonesia menjadi salah satu yang mulai serius memerhatikan hal tersebut, dengan menghadirkan Bus Disabilitas NTB Gemilang yang kini sedang dalam masa uji coba operasi di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Advertisement

Kehadiran bus ramah disabilitas pertama di NTB dan kedua di Indonesia ini patut diapresiasi, karena seperti kita tahu masih banyak disabilitas yang kesulitan mengakses transportasi umum di Indonesia. Nah, dalam tahap awal uji coba operasi, Bus Disabilitas NTB Gemilang sejak Jumat (2/10/2020) telah melayani rute antar Sekolah Luar Biasa (SLB) di kota Mataram, dan ke depannya bisa ke seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat untuk menunjang kemandirian disabilitas dalam beraktivitas.

Bus Disabilitas NTB Gemilang beroperasi dengan kapasitas 20 kursi biasa dan 10 untuk pengguna kursi roda

Uji Coba Bus Disabilitas NTB Gemilang DAMRI (dok. DAMRI) via damri.co.id

Bus ramah disabilitas pertama di NTB ini berkapasitas 30 kursi dengan 10 kursi khusus untuk pengguna kursi roda, dan dilengkapi fasilitas tangga hidrolik otomatis agar para pengguna kursi roda bisa lebih nyaman mengakses 10 titik di dalam bus. Direktur Utama DAMRI, Setia N Milatia Moemin, menjelaskan bahwa kehadiran bus ramah disabilitas di Mataram ini selain menjadi bagian komitmen DAMRI dalam merevitalisasi angkutan umum, juga dilandasi kebutuhan akses transportasi sahabat disabilitas yang sejalan dengan program unggulan NTB terkoneksi.

“Pengadaan Bus Disabilitas ini sejalan dengan program unggulan NTB terkoneksi yang bertujuan untuk mewujudkan NTB Gemilang serta kewajiban pemerintah Pusat maupun Daerah dalam pemenuhan kebutuhan layanan transportasi untuk disabilitas sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesibilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus,” terang Setia dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima Rabu (7/10/2020).

Advertisement

Untuk saat ini, Setia mengatakan Bus Disabilitas NTB Gemilang melayani keberangkatan dari pool DAMRI Sweta Mataram pukul 06.30 WITA dengan perkiraan waktu tiba di SLB Selagas pada pukul 08.00 WITA. Sementara untuk rute sebaliknya yakni pukul 12.00 WITA dengan perkiraan waktu tiba pukul 14.00 WITA. Pada tahap ini DAMRI menggratiskan tarif untuk setiap penumpang.

Hadirnya Bus Disabilitas NTB Gemilang diharapkan mampu mendorong tren permintaan perjalanan darat dari seluruh lapisan masyarakat

Uji Coba Bus Disabilitas NTB Gemilang DAMRI (dok. DAMRI) via damri.co.id

Dengan hadirnya Bus Disabilitas NTB Gemilang, Setia menyampaikan harapan besar DAMRI adalah mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan darat, dan mendorong tren permintaan perjalanan darat dengan kesungguhan DAMRI dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan unsur-unsur keselamatan, keamanan, serta pelaksanaan sebagaimana mengikuti pedoman protokol kesehatan.

Adapun selama pandemi Covid-19 ini DAMRI berkomitmen menjalankan protokol kesehatan kepada seluruh karyawan dan pelanggan. Mulai dari penyemprotan disinfektan untuk seluruh armada DAMRI, pengecekan suhu badan, menekankan pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer, mewajibkan penggunaan sarung tangan dan masker, mengurangi interaksi langsung antara sesama baik karyawan maupun penumpang, serta tindakan preventif lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE