Ini Kata Ahli Soal Cara Membaca Mata Seseorang, Ternyata Memang Ada Rumusnya

Cara membaca mata orang

Ketika bertemu orang baru untuk pertama kali, kita ingin meninggalkan kesan positif. Ya, first impression memang penting, terlebih dalam dunia kerja. Maka dari itu selain berusaha meninggalkan kesan yang baik, kita pun harus tahu cara membaca dan mengetahui karakter seseorang dari penampilannya.

Advertisement

Nggak melulu dari padu-padan pakaian yang dikenakan, menilai kepribadian juga dapat dilakukan lewat arah mata dan perilaku seseorang kepada lawan bicara. Menurut ahli psikologi yang dilansir dari laman Psychology Today, memang ada cara-cara tertentu untuk membaca tatapan mata seseorang. Dengan begitu, kita bisa tahu apa yang sedang dirasakan dan hal apa yang sedang dialaminya. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Ajak ngobrol hal-hal umum yang nggak bisa bikin mereka berbohong. Misalnya tentang cuaca atau kemacetan jalanan

Dengan mengajak ngobrol mengenai hal-hal umum seperti kondisi cuaca atau kemacetan jalanan padanya, kamu dapat melihat raut wajah dan gestur tubuh dia yang sebenarnya. Karena hal-hal umum merupakan pertanyaan sederhana yang dijawab jujur tanpa harus berbohong.

2. Kalau orang tersebut menutupi mata dengan tangan, itu berarti dia nggak nyaman dengan apa yang dia lihat

tutup mata sebelah via image.freepik.com

Gestur ini bisa dilakukan karena sedang merasa nggak nyaman dan terancam oleh sesuatu atau jijik dengan apa yang dilihat. Nah, pernah mendapati lawan bicara yang lakukan gestur ini? Coba ingat-ingat!

Advertisement

3. Pupil mata akan terlihat membesar ketika mendapati suatu hal yang menyenangkan atau berita yang mengherankan

pupil mata membesar via www.funcurve.com

4. Menyipitkan mata pertanda kalau orang tersebut nggak setuju atau tidak suka dengan apa yang kamu ucapkan. Pernah mengalami?

ketidaksukaan via www.dramabeans.com

5. Mengangkat alis adalah tanda sebuah pengertian dan adanya keinginan dirinya ingin berinteraksi denganmu lebih jauh

mengangkat alis via www.pep.ph

Advertisement

6. Tatapan mata yang mendalam menyiratkan ketidaksetujuan atau suatu keseriusan. Nah, coba perhatikan lagi reaksi ini pernahkah kamu dapatkan?

tatapan mata yang mendalam via www.freepik.com

7. Pandangan ke samping menunjukkan lawan bicara masih ingin dapat informasi lebih lanjut. Jika melirik dan alisnya berkerut, bisa jadi dia sedang curiga. Sementara pandangan ke samping dengan alis ke atas, umumnya menunjukkan kedekatan

pandangan ke samping via www.fluentu.com

8. Di sisi lain, lawan bicara yang arah matanya ke mana-mana pertanda kalau dia sedang panik dan bingung lo

menurutmu? via www.forbes.com

9. Buat kamu yang pengen mendeteksi kebohongan, kemungkinan sih seseorang yang melihat ke atas dan ke kanan itu berarti sedang berbohong. Lalu, kalau arah matanya melihat ke atas dan ke kiri, mereka sedang mengingat sesuatu

bisa saja dia berbohong via news.unair.ac.id

Menebak-nebak arti dari gestur lawan bicara memang nggak gampang. Banyak gerakan yang memiliki makna di luar ekspektasi kita. Semoga kalau sudah tahu, kamu jadi bisa lebih mengantisipasi sikap orang tersebut ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE