Bagi kebanyakan dari kita, mungkin penjara jadi tempat paling terisolasi di dunia. Sekalinya masuk ke sana, akan sulit sekali untuk keluar atau kabur karena penjagaannya yang super ketat. Apalagi ada penjara yang memang dibangun di tengah laut, agar kemungkinan napi bisa kabur semakin kecil.

Tapi nyatanya, persepsi di atas nggak berlaku bagi sejumlah narapidana dunia yang mencoba melakukan cara-cara gila untuk bisa kabur dari hukuman penjara. Sebagian ada yang gagal, sebagian lagi ada yang berhasil bahkan keberadaannya nggak terdeteksi hingga belasan atau puluhan tahun kemudian. Kali ini Hipwee News & Feature sudah merangkum 6 napi dunia yang kabur dari penjara dengan cara ekstrem, bahkan kocak. Simak deh~

1. Baru-baru ini ada napi lelaki yang berusaha kabur dengan menyamar jadi anak perempuannya. Ia memakai topeng silikon, wig, dan tentu saja baju perempuan

Penyamaran Silva via metro.co.uk

Advertisement

Clauvino da Silva, ketua geng kriminal Brasil yang ditahan di penjara Gericino, mencoba kabur pada Sabtu 3 Agustus 2019 lalu dengan cara menyamar jadi anak perempuannya yang berusia 19 tahun. Silva mengenakan baju perempuan, wig rambut panjang, dan topeng silikon wajah perempuan. Tapi sayang, penyamarannya itu gagal karena petugas penjara melihat gerak-gerik Silva yang aneh.

Atas percobaannya untuk lolos itu, Silva dipindahkan ke unit terpisah dengan penjagaan ekstra ketat. Namun pada Selasa 6 Agustus 2019, Silva ditemukan tewas gantung diri di dalam selnya.

2. Steven Jay Russel, menggunakan 4 cara berbeda untuk bisa lolos dari penjara demi menyusul kekasih gay-nya yang dibebaskan lebih dulu dari penjara

Steven Jay Russel via www.npr.org

Russel, napi yang ditahan karena kasus korupsi, memutuskan untuk kabur dari penjara setelah kekasih gay-nya, Philip Morris dibebaskan lebih dulu. Dilansir dari Grunge, Russel menggunakan cara gila dengan pura-pura menderita AIDS. Ia sampai rela diet ketat demi mendukung penampilannya jadi pasien AIDS. Anehnya, ia nggak pernah benar-benar diperiksa karena petugas penjara sangat percaya Russel beneran sakit.

Advertisement

Cara itu berhasil membawanya kabur dari penjara lewat rumah sakit tempatnya dirawat. Ia sempat kembali ke pelukan kekasih sebelum akhirnya kembali ditangkap dan dijatuhi hukuman 144 tahun penjara. Kisah Russel ini sampai dibikin film berjudul “I Love You, Philip Morris”, lo!

3. Penjara Alcatraz yang digadang-gadang jadi penjara paling ketat penjagaannya, ternyata juga pernah “kecolongan”. Padahal lokasinya udah di tengah laut yang airnya dingin banget lo

Dia dianggap hebat banget gara-gara bisa lolos dari Alcatraz via medium.com

Pada tahun 1962, Frank Morris, memutuskan kabur dari penjara Alcatraz setelah 2 tahun masa tahanannya. Selama 2 tahun itu pula ia mempelajari tata letak penjara itu mulai dari tembok, lautan, sampai penjaganya. Ia bersama teman napinya, Allen West dan Anglin brothers, mencoba kabur lewat ventilasi udara. Setelah berhasil keluar, mereka menyeberangi lautan menggunakan rakit yang dibuat dari jas hujan hasil donasi. Sampai saat ini, nggak ada yang tahu keberadaan Morris.

4. Ada juga kasus pelarian yang dilakukan Richard Lee McNair dari penjara. Dari 3 percobaannya melarikan diri, yang terakhir yang paling sederhana, tapi juga brilian

Richard Lee McNair via allthatsinteresting.com

Antara tahun 1988 sampai 2006, McNair terhitung mencoba kabur dari penjara 3 kali. Tapi cuma yang terakhir yang banyak jadi perbincangan. Waktu itu, ia mendapat tugas untuk memperbaiki tas surat kanvas yang rusak. Dalam waktu singkat, dia bersembunyi di tumpukan kantung surat, yang kemudian dibungkus dengan kain, diletakkan di atas palet, dan dikirim ke gudang yang tidak dijaga. Ia pun berhasil kabur sebelum akhirnya berhasil ditangkap kembali.

5. Lain lagi sama cara yang dipakai terpidana Pascal Payet buat kabur dari penjara. Nggak tanggung-tanggung, Payet kabur setelah dijemput teman-temannya pakai helikopter!

Payet yang kabur pakai helikopter via alchetron.com

Tahun 2007, terpidana Pascal Payet memutuskan buat kabur dari penjara pakai helikopter! Di suatu malam, helikopter tampak mendarat di atas atas penjara tempatnya ditahan. Dalam helikopter itu sudah ada 4 temannya lengkap dengan masker gelap. Mereka menggunakan alat berat untuk mendobrak pintu logam berat yang memisahkannya dengan Payet. Nggak sampai 10 menit, Payet berhasil keluar dan dengan menggunakan helikopter, ia meninggalkan penjara.

Wah, kok berani ya mereka, padahal kalau tertangkap hukumannya bisa diperpanjang..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya