Bantu Sesama, Salah Satu Cara untuk Wujudkan Niat Murni Versi Kamu di Kala Pandemi

Cara wujudkan niat murni

Nggak terasa ya kita udah dipertemukan lagi sama bulan Ramadan. Rasanya sih seneng banget dan bersyukur masih bisa merasakan puasa lagi, tapi di tahun ini agak berbeda karena kita nggak bisa melakukan ‘tradisi’ akibat imbauan untuk tetap #dirumahaja. Pasti kamu mikirnya nggak bisa lagi mewujudkan niat murni buat bagi-bagi takjil di jalan atau buka puasa bersama di panti asuhan.

Eits, jangan jadikan ini halangan buat mewujudkan niat murni kamu ya. Walaupun #dirumahaja, banyak kok cara mewujudkan niat murni ala kamu. Pandemi jangan bikin nyali kamu malah jadi ciut ya!

1. Wujudkan niat murni dari yang simpel dari dan untukmu sendiri, kayak niat nggak mageran dan rebahan terus. Bikin diri lebih produktif lagi deh~

Mulai wujudkan niat murni dari bikin diri sendiri lebih produktif. Dampaknya baik buat kamu dan orang sekitar (Foto: iStock)

Memulai untuk mewujudkan niat murni nggak perlu kebanyakan mikir dan pertimbangan. Coba lihat diri kamu, adakah hal yang harus kamu ubah biar jadi pribadi yang lebih baik? Pasti salah satunya adalah bikin diri lebih produktif lagi. Niat murni ini bisa mengantarkan kamu mendapatkan pengalaman baru loh. Tepis dulu keinginan untuk rebahan yang kadang bikin kamu lupa waktu. Biar produktif kamu bisa mulai dari hal yang simpel, misalnya gali hobi kamu jadi karya. Misalnya suka menulis, coba bikin cerpen terus upload di blog. Jangan lupa share ke medsos biar banyak yang terhibur dengan tulisanmu dan kamu bisa belajar nulis lebih baik lagi.

2. Momen #dirumahaja bareng keluarga dimanfaatkan dengan baik ya. Biasanya kan jarang ketemu keluarga karena kamu sibuk, coba bantu ibu masak atau belajar bareng adik

Bantu pekerjaan rumah ibu yuk. Misalnya rekomendasi menu takjil, terus masak bareng deh (Foto: iStock)

Niat murni identik dengan membantu sesama. Nggak perlu ke luar rumah kayak biasanya untuk membantu sesama. Dimulai dari membantu keluarga di rumah aja. Selama ini pasti komunikasi kamu sama keluarga cenderung minim karena masing-masing punya kesibukan. Apalagi kita yang lagi menikmati masa muda pengennya main terus sama temen. Nah kamu bisa bantu ibu masak-masak bikin takjil atau menu sahur. Pasti ibu senangnya luar biasa deh diperhatikan sama anaknya, kamu pun bisa belajar meracik bumbu-bumbu. Atau bantu juga adikmu yang lagi belajar online dengan cara yang fun. Membantu sesama nggak repot kan?

3. Menyambung silaturahmi lagi sama teman-teman. Walaupun nggak boleh kemana-mana dulu, tanyain kabar dan tukar cerita sama mereka via video call ya!

Jalin silaturahmi lagi sama teman-temanmu (Foto: iStock)

Sudah hampir sebulan nggak ketemu langsung sama teman-teman karena harus #dirumahaja. Kangen banget pasti ya? Sekarang saatnya kamu menyambung silaturahmi lagi sama mereka. Mulai dari teman masa kecil sampai temanmu sekarang. Nggak perlu nongkrong di kafe, bikin aja agenda video call bareng buat saling tanya kabar dan tukar cerita. Mungkin ada teman kamu yang merasa stres selama #dirumahaja dan curhat di media sosial. Kamu bisa bertanya “Kamu kenapa? Yuk cerita sama aku”. Kalimat itu bisa menjadi ‘obat’ yang melegakan loh buat mereka. Yuk, lebih perhatian dan sayangi sahabatmu.

4. Kolaborasi sama teman bikin karya yang bisa menghibur dan menenangkan hati banyak orang di tengah pandemi gini

Bikin tutorial main musik atau cover lagu bisa bermanfaat buat orang lain (Foto: iStock)

Berita yang seliweran di media sosial maupun televisi memang bikin banyak orang jadi deg-degan dan panik. Nah kita harus sama-sama bisa menepis rasa panik tersebut. Misalnya kamu dan teman-teman punya hobi yang sama, coba aja kolaborasi bareng bikin karya yang bisa menghibur dan bermanfaat. Kamu dan teman-teman bisa bikin vlog tutorial masak takjil yang simpel atau duet cover lagu kesukaan. Ada yang bikin idenya, terus eksekusi video, dan meng-edit-nya jadi video yang menarik. Di tengah pandemi begini, kita harus lawan stres bareng-bareng ya! Ini udah termasuk bantu sesama loh~

5. Dukung dan bantu pihak-pihak yang terdampak pandemi. Kamu bisa ikut program donasi yang diinisiasi Bear Brand dan kitabisa.com

Yuk, bantu pahlawan garda terdepan di kala pandemi ini (Foto: iStock)

Kamu mau mewujudkan niat murni untuk orang-orang yang membutuhkan? Tetap masih bisa kok dilakukan di kala pandemi begini. Tanpa harus keluar rumah, kamu bisa membantu para pahlawan garda terdepan yang masih harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan banyak orang. Yuk, ikut program donasi #NiatMurni yang diinisiasi oleh Bear Brand dan KitaBisa.com. Ada Ayudia dan Ditto yang punya #NiatMurni untuk membantu pekerja informal. Kemudian ada juga Arief Muhammad yang ingin mewujudkan #NiatMurni untuk membantu pengemudi online di kala pandemi. Terakhir, ada Isyana Sarasvati yang punya #NiatMurni untuk membantu tenaga medis.

Ini saat yang tepat buat membantu mereka. Ayo jalani #NiatMurni Ramadan-mu dengan mendukung dan meringankan beban mereka dalam menjalani #NiatMurni-nya di bulan Ramadan ini. Kalian bisa berdonasi di niatmurni.kitabisa.com. Info lebih lengkap klik di sini.

Walaupun #dirumahaja, kamu masih bisa bantu sesama.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.