CEO BotxCoin Indra Kesuma Bicara Serba-Serbi Investasi dalam Webinar Literasi Digital Kemkominfo

Webinar Literasi Digital Kemkominfo

Untuk dapat bertahan di tengah kondisi pandemi maha sulit ini, orang-orang dipaksa putar otak mencari cara mengelola keuangan. Salah satu yang kemudian populer adalah dengan berinvestasi. Di sisi lain, investasi bagi sebagian besar orang di Indonesia masih merupakan sesuatu hal yang baru. Ditambah lagi dewasa ini mulai dikenal yang namanya investasi digital.

Advertisement

Maka untuk memberi pengetahuan mengenai pengelolaan uang di zaman kemajuan teknologi seperti saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan GNLD Siberkreasi pun menggelar webinar bertemakan “Aman dan Nyaman Berinvestasi Digital” bersama CEO BotxCoin Indra Kesuma pada Kamis (15/7) lalu.

Dalam webinar yang diikuti oleh 2.200 partisipan dari berbagai latar belakang dan daerah di Indonesia ini, Indra berbicara tentang serba-serbi investasi, dimulai dari hal mendasar terkait ekonomi hingga prinsip investasi. Nah, buat yang ketinggalan webinarnya, berikut rangkumannya.

Prinsip investasi dari CEO BotxCoin Indra Kesuma

Webinar “Aman dan Nyaman Berinvestasi Digital” berjalan selama dua jam. Indra Kesuma membuka sesinya dengan menjabarkan hal mendasar dan penting terkait ekonomi, seperti apa itu uang dan sejarahnya, mengapa kita harus mengelola keuangan serta prinsip-prinsip dasar dalam mengatur keuangan.

Advertisement

Tak lupa, Indra menyampaikan salah satu cara mencapai kebebasan finansial adalah melalui investasi. Kebebasan finansial bisa diibaratkan dengan kemampuan untuk melakukan atau membeli apapun tanpa memusingkan pendapatan. Untuk itu, Indra juga menjelaskan beberapa prinsip dasar dan jenis investasi, kiat-kiat praktis, hingga pengetahuan mengenai cryptocurrency.

“Prinsip investasi adalah bagaimana uang bekerja untuk kita guna menghasilkan passive income, karena kemampuan tubuh memiliki batas dan tidak mungkin terus bekerja hingga tua. Untuk mencapai financial freedom, kita harus menguasai cara mengelola keuangan yang benar dan cara berinvestasi yang aman,” kata Indra.

Lebih lanjut ia mengatakan kalau investasi digital juga bisa dilakukan melalui media sosial. Dalam hal ini Indra menjelaskan bahwa followers atau pengikut yang kita miliki di media sosial merupakan aset, yang bisa jadi sumber pendapatan apabila dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Persis seperti pesan Nicholas Saputra dalam webinar Kemkominfo tempo hari.

Advertisement

Pesan untuk yang mau mulai mengelola keuangan lewat investasi

Webinar “Aman dan Nyaman Berinvestasi Digital” bersama CEO BotxCoin Indra Kesuma Kamis, (15/7) (dok. Kemkominfo/Siberkreasi)

Menjelang akhir, Indra berpesan kepada seluruh partisipan agar memiliki anggaran yang ditetapkan untuk kebutuhan tertentu. Tujuan punya anggaran adalah agar kamu bisa mencapai tujuan finansial yang diharapkan, sekaligus dapat membantu diri sendiri dalam memprioritaskan pengeluaran.

Lebih lanjut dalam hal investasi, Indra berpesan kepada kita semua untuk selalu melakukan riset dan memiliki pemahaman risiko yang baik sebelum melakukan investasi. Ia juga menegaskan untuk jangan mudah termakan oleh tawaran investasi nggak masuk akal, yang mana cukup banyak dewasa ini.

Itu dia rangkuman webinar seru dan bermanfaat bersama CEO BotxCoin. Kamu yang ketinggalan buat ikutan nggak perlu berkecil hati. Masih banyak kegiatan menarik mengenai dunia digital dari Kemenkominfo dan Siberkreasi di masa PPKM ini. Untuk mengikuti kegiatan literasi digital bermanfaat lainnya, kamu bisa ikuti akun sosial media @siberkreasi atau mengakses info.siberkreasi.id.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE