Forbes Rilis Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2021, Jeff Bezos Masih Bertengger di Puncak

Daftar orang terkaya Forbes 2021

Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat, Forbes, baru-baru ini mengeluarkan kembali daftar orang terkaya di dunia yang menjadi salah satu acara rutin yang mereka lakukan setiap tahunnya. Ternyata daftar yang dikeluarkan oleh majalah Forbes ini masih diisi oleh muka-muka lama miliarder dunia.

Advertisement

Meskipun pandemi sedang melanda dunia, sepertinya hal tersebut nggak membuat banyak perbedaan signifikan di posisi atas orang terkaya dunia versi Forbes ini. Tetapi, berkebalikan dengan tahun kemarin, di mana banyak miliarder yang hilang di awal pandemi, setelah 1 tahun pandemi berjalan malah ada kenaikan miliarder dari tahun sebelumnya lho!

Jeff Bezos tetap puncaki daftar orang terjaya di dunia, tetapi Elon Musk Jadi yang paling beruntung selama pandemi

Bezos, Musk dan Bernald, 3 orang paling kaya di dunia menurut daftar majalah Forbes | Credit: Steve Jurvetson via commons.wikimedia.org

Jeff Bezos ternyata masih menjadi orang terkaya di dunia. Dia memegang posisi ini dalam daftar Forbes selama empat tahun berturut-turut. Sepertinya pandemi nggak memengaruhi nilai kekayaannya. Dilansir dari Forbes, nilai kekayaan Jeff Bezos saat ini mencapai 177 miliar dollar AS, meningkat 64 miliar dollar AS dibandingkan tahun lalu. Hal ini ternyata adalah dampak dari melonjaknya harga saham Amazon.

Sedangkan Elon Musk menjadi miliarder paling beruntung di tengah pandemi ini. Nilai kekayaannya meroket 126,4 mliar dollar AS menjadi 151 miliar dollar AS dalam waktu setahun. Salah satu faktor melonjaknya kekayaan Elon Musk adalah harga saham Tesla yang meroket hingga 705 persen di tengah pandemi. Bahkan Elon dan Bezos sempat beberapa kali berganti posisi sebagai orang terkaya di dunia sepanjang tahun lalu.

Advertisement

Sementara di tempat ketiga ada konglomerat barang mewah asal Perancis, Bernald Arnault, bertahan di posisi nomor tiga. Meskipun ada di nomor 3, tetapi nilai kekayaannya melonjak dua kali lipat menjadi 150 milyar dollar AS. Seperti Bezos dan Musk, kekayaan Bernald juga bertambah berkat naiknya saham perusahaan LVMH miliknya. LVHM adalah induk dari merek Louis Vuitton dan Christian Dior .

Budi Hartono dan Michael Hartono masih menempati posisi teratas orang terkaya di Indonesia

Untuk daftar orang terkaya di Indonesia, posisi pertama masih ditempati oleh Budi dan Michael Hartono, jika digabungkan kekayaan mereka mencapai 36,3 miliar dollar AS. Dalam daftar yang dikeluarkan oleh Forbes, mereka menempati posisi ke 86 dan 89 pada daftar orang terkaya di dunia itu.

Kekayaan ini berasal dari investasi mereka di Bank Central Asia (BCA). Keluarga Hartono membeli saham BCA, setelah  keluarga Salim kehilangan kendali atas bank tersebut selama krisis ekonomi yang melanda Asia tahun 1997-1998. Bukan cuma itu aja, bisnis tembakau mereka yang terkenal dengan merek Djarum juga masih menjadi salah satu penyumbang kekayaan mereka selain saham di perusahaan Polytron, aset real estate di Jakarta dan saham di perusahaan game Razer.

Hilang di awal, sekarang jumlah miliarder malah meningkat pesat selama pandemi berlangsung

Selain saham, naiknya nilai cryptocurrency juga menjadi faktor tambahan yang menciptakan miliarder-miliarder baru | Credit: Nick Chong via unsplash.com

Setahun pandemi Covid-19 melanda dunia ternyata nggak membuat daftar orang terkaya yang sudah mencapai edisi ke-35 ini menyusut. Nyatanya dari data yang dikeluarkan oleh Forbes sendiri, malah terjadi kenaikan miliarder yang cukup pesat. Untuk tahun 2021 tercatat ada 2.755 orang, dengan gabungan kekayaan mencapai 13,1 triliun dollar AS. Naik dari tahun sebelumnya yang berjumlah 8 triliun dollar AS.

Daftar tahun ini juga memiliki rekor penambahan miliarder baru terbanyak, tercatat ada 493 pendatang baru dalam daftar ini. Jika diandaikan, ada satu miliarder baru setiap 17 jam sekali. Selain itu banyak juga miliarder lama yang mulai kembali ke daftar ini. Secara keseluruhan 86% miliarder yang ada di daftar ini asetnya bertambah dibandingkan dengan tahun lalu.

Jika dilihat secara garis besar, ada beberapa faktor yang memengaruhi harta para miliarder yang masuk dalam  daftar ini selama pandemi. Beberapa contoh di antaranya adalah banyaknya harga saham perusahaan yang meroket secara tajam selama pandemi, selain itu munculnya tren baru soal cryptocurrency juga memengaruhi pendapatan beberapa orang yang ada dalam daftar ini.

Nah SoHip, itulah beberapa rangkuman dari daftar orang-orang terkaya di dunia yang biasa dikeluarkan oleh majalah Forbes setiap tahunnya. Semoga, suatu hari nanti kamu bisa ada di daftar itu ya SoHip!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE