Dari Kesehatan Mental Sampai Finansial, Cara Mempersiapkan Diri untuk Jadi TELADAN

TELADAN Youth Summit

Setiap 28 Oktober rakyat Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda, tanggal di mana pada 93 tahun lalu salah satu tonggak utama sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia didirikan. Apa yang menjadi ikrar Sumpah Pemuda merupakan kristalisasi semangat yang menegaskan cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Nah, dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, ada banyak cara yang bisa kita kaum muda kiwari lakukan. Salah satunya adalah dengan terus mengasah pola pikir dan keterampilan untuk dapat menjadi pemimpin di masa depan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hal ini lah yang akan diwadahi Tanoto Foundation melalui gelaran TELADAN Youth Summit 2021 tanggal 30 Oktober nanti.

TELADAN Youth Summit 2021 adalah gelaran pertama dari Tanoto Foundation yang dibuka untuk umum

| dok. Tanoto Foundation

Diselenggarakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 sekaligus ulang tahun Tanoto Foundation ke-40 yang jatuh pada bulan September lalu, TELADAN Youth Summit 2021 adalah gelaran pertama dari Tanoto Foundation yang dibuka untuk umum, khususnya kaum muda berusia 16-25 tahun.

Nah, TELADAN Youth Summit 2021 adalah puncak dari rangkaian kegiatan Tanoto Foundation di tahun ini yang berfokus pada kaum muda. Sebelumnya pada awal September 2021 telah digelar acara utama Tanoto Scholars Gathering (TSG) yang mengusung tema umum “LEARN AND LEAD”.

Tema umum yang juga merupakan semangat TSG tersebut masih akan diusung dalam TELADAN Youth Summit 2021. Melalui tema tersebut, kaum muda Indonesia akan diajak untuk mengambil kesempatan mempelajari berbagai topik yang relevan dengan pengembangan diri. Tujuannya, seperti telah disampaikan, agar kaum muda kiwari dapat memimpin diri dan orang lain dalam perjalanan menjadi pemimpin bangsa.

Adapun topik yang akan dibawakan TELADAN Youth Summit 2021 meliputi pengertian ganda “TELADAN”, yang mana salah satunya berarti panutan, “Dari Pemuda” yang mengacu pada peran sentral pemuda, dan “Untuk Indonesia” yang mengacu pada seruan tindakan bagi pemuda untuk maju, mengembangkan pola pikir serta keterampilan untuk berkontribusi pada bangsa.

TELADAN Youth Summit 2021 akan menghadirkan serangkaian webinar dan talkshow

Dalam pelaksanaannya nanti, TELADAN Youth Summit 2021 akan menghadirkan serangkaian webinar dan talkshow, yang diawali dengan webinar bertajuk “Indonesian Youth for Global Goals” bersama Bapak Bayu Krisnamurthi, Advisory Board SDG Academy dan para pemenang Tanoto Student Research Award National Competition 2021, untuk bicara tentang inovasi dan aksi nyata generasi muda yang berkontribusi pada SDGs.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan talkshow yang berpusat pada topik pengembangan diri pemuda, yakni kesehatan mental dan literasi keuangan bersama pembicara yang kompeten di bidangnya, mulai dari clinical psychologist Inez Kristanti dan founder Into The Light Benny Prawira Siauw pada topik kesehatan mental, independent financial planner Prita Ghozie dan growth consultant Jonathan End pada topik literasi keuangan.

Setelah itu akan ada talkshow bertajuk “Brand New You(th) for Indonesia” bersama Alffy Rev dan Blindman Jack. Talkshow ini akan menggarisbawahi pentingnya mengelola sumber daya manusia termasuk kesehatan fisik dan mental, kemampuan intelektual, kecerdasan emosional hingga sumber daya finansial, dan menggunakan apa yang kita miliki untuk membangun negeri.

Nggak hanya webinar dan talkshow, TELADAN Youth Summit 2021 juga akan menghadirkan sesi hiburan berupa live virtual music performance yang akan menampilkan musisi-musisi kenamaan Tanah Air.

TELADAN Youth Summit 2021 ingin memupuk keterlibatan dan kontribusi kaum muda untuk Indonesia lewat semangat Hari Sumpah Pemuda dan perayaan 40 tahun Tanoto Foundation

Nah, melalui rangkaian kegiatan virtual tanggal 30 Oktober nanti, TELADAN Youth Summit 2021 ingin memupuk keterlibatan dan kontribusi kaum muda untuk Indonesia lewat semangat Hari Sumpah Pemuda dan perayaan 40 tahun Tanoto Foundation. TELADAN Youth Summit juga ingin memperkenalkan beberapa kompetensi TELADAN yakni Grit, Caring, Leadership, Execution dan Global Citizenship kepada kaum muda, dan membangun pengembangan pribadi para peserta untuk berkontribusi aktif dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Adapun hasil yang diharapkan gelaran TELADAN Youth Summit 2021 adalah berkembangnya kesadaran diri, kepedulian terhadap orang lain, rasa kepemimpinan dan kewarganegaraan global pada masing-masing peserta. Diharapkan pula dengan kegiatan ini peserta terinspirasi untuk menerapkan nilai-nilai dan kompetensi yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, dan memulai kontribusi kepada masyarakat.

| dok. Hipwee

Menarik, ya, rangkaian kegiatan yang akan hadir dalam TELADAN Youth Summit 2021 ini. Nah, kalau kamu tertarik mengetahui lebih lanjut terkait acara menarik ini, hari Jumat tanggal 22 Oktober clinical psychologist Inez Kristanti, growth consultant Jonathan End dan Debora, penerima Beasiswa Regional Champion Tanoto Foundation tahun 2017-2018 yang juga aktif sebagai anggota bidang sosial dan lingkungan Tanoto Scholar Association IPB periode 2017-2019, akan ngasih bocoran topik pembahasan mereka di TELADAN Youth Summit 2021 melalui Instagram Live di @hipwee nih!

So, jangan sampai ketinggalan sesi Instagram Live-nya, apalagi acara TELADAN Youth Summit 2021 tanggal 30 Oktober nanti, ya. Kamu juga bisa pantengin Instagram Tanoto Foundation di @tanotoeducation untuk info lebih lanjut mengenai acara inspiratif ini.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor