Alam selalu punya cara tersendiri untuk membuat kita sebagai manusia merasa takjub. Entah dari kekuatannya, atau malah keindahannya. Banyak lo fenomena alam di dunia ini yang karena kecantikannya sampai bisa jadi destinasi wisata turis-turis mancanegara. Tapi ternyata, nggak sedikit juga yang justru menyimpan bahaya di dalamnya. Seperti fenomena gelombang persegi di laut ini. Gelombang unik ini katanya sih sering terlihat di Perancis.

Dari foto-fotonya sih memang keren banget ya, tapi siapa sangka kalau gelombang persegi ini ternyata berbahaya! Buat kamu yang penasaran, yuk, cari tahu lebih jauh bareng Hipwee News & Feature!

1. Gelombang persegi nan cantik ini sering terlihat di pulau Isle of Rhe di Perancis. Keindahannya kerap menarik perhatian para turis. Biasanya mereka datang buat mengabadikannya langsung

Gelombang persegi di Perancis via www.upsocl.com

Advertisement

Pulau Isle of Rhe di Perancis sering jadi tujuan wisata turis karena keindahan yang ditawarkan. Selain pulaunya yang memang cantik, ada satu spot yang ternyata juga mampu mencuri perhatian wisatawan, yaitu gelombang persegi. Gelombang kotak-kotak ini dikabarkan sering muncul di permukaan lautnya. Nggak sedikit lo orang yang sengaja datang ke Isle of Rhe cuma buat mengabadikan fenomena unik ini. Soalnya memang bagus banget sih, apalagi kalau difoto dari atas mercusuar di pulau itu.

2. Gelombang ini terjadi ketika ada 2 arus laut berbeda bertemu. Dari permukaan sih kelihatan bagus, tapi jauh di dalamnya terjadi perpotongan gelombang yang sebenarnya berbahaya

Terjadi ketika dua laut bertemu via www.providr.com

Seperti dikutip dari Zeptha, gelombang persegi ini ternyata terjadi karena ada dua laut yang saling bertemu dan berpotongan satu sama lain. Kedua laut ini berpapasan karena pola cuaca yang berbeda. Perbedaan inilah yang kemudian menciptakan pola-pola persegi di atas permukaan laut. Perlu diketahui kalau Isle of Rhe ini memang terletak di antara dua laut berbeda. Makanya gelombang persegi sering terlihat di sana.

Fenomena yang juga disebut ‘lintas laut‘ ini memang rada susah disaksikan dari daratan atau tepi pantai. Jadi kita memang harus naik ke tempat lebih tinggi, supaya pemandangan itu bisa terlihat jelas.

3. Katanya kalau sudah terjebak di tengah gelombang persegi itu, sulit buat keluar lo. Gelombang ini jadi tantangan tersendiri buat kapal-kapal yang melintas di atasnya

Bahaya buat kapal-kapal yang melintas di atasnya via www.rh.gatech.edu

Advertisement

Nah, di balik keindahannya, ternyata gelombang persegi ini menyimpan bahaya besar lo. Soalnya ia bisa menciptakan arus kuat hasil pertemuan dua pola cuaca berbeda di bawah laut. Dikutip dari Life Aspire, sudah banyak kecelakaan kapal terjadi karena gelombang ini lo. Mereka terjebak di tengahnya, membuat kapal sulit dikendalikan akibat adanya arus kuat di bawahnya. Saking bahayanya, otoritas setempat sampai melarang kapal apapun melintas setiap kali gelombang ini terlihat.

Untungnya gelombang ini nggak setiap hari terjadi. Ada waktu-waktu tertentu dimana ia nggak terlihat.

4. Bahkan katanya gelombang ini lebih berbahaya dari arus kuat apapun! Jadi jangan coba-coba berenang saat ada gelombang persegi di laut kayak gini ya!

Jangan coba-coba berenang! via www.elitereaders.com

Persilangan antar dua laut berbeda ini menghasilkan arus yang disinyalir jauh lebih kuat dibanding arus atau ombak manapun yang kita kenal lo. Bayangin aja, tergulung ombak di pantai aja rasanya udah nggak enak banget, apalagi terjebak di antara gelombang persegi ini ya… Mungkin rasanya kayak ada yang menarik dari dalam gitu? Mengingat bahayanya yang begitu besar, sampai kapal aja dilarang melintas di atas gelombang ini, mending jangan coba-coba buat berenang di laut saat fenomena ini terjadi deh!

Tapi perlu diakui kalau fenomena ini memang cukup langka karena nggak terjadi di semua tempat di dunia ini. Mungkin kalau kalian nggak sengaja menemuinya, cukup diabadikan pakai kamera aja ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya