Menikmati indahnya lautan memang selalu mengesankan. Namun di tengah-tengah rasa syukur dan kebahagiaan, nyatanya kita nggak boleh sedikit pun lengah tanpa berhati-hati bermain di laut. Apalagi kalau aktivitas yang kita sukai berkaitan dengan snorkling hingga diving di lepas pantai yang biru nan memukau. Tentunya kita akan bertemu berbagai jenis mahluk laut yang indah dan mengagumkan. Namun di balik wajah mereka yang imut dan cantik, nggak disangka banyak juga yang ternyata punya sengatan yang mematikan bagi manusia lho.

Baru-baru ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin tersengat ikan pari manta ketika tengah berlibur di kepulauan Derawan. Sengatan ikan pari konon sangat menyakitkan dan menyebabkan banyak sel di tubuh mati. Kalau tak cepat ditangani, bahkan bisa berujung kematian. Beruntung setelah dibawa ke puskesmas Derawan dan dirujuk ke Berau, kondisi Menteri Lukman berangsur membaik. Maka itu kehati-hatian memang sangat diperlukan. Berikut Hipwee News & Feature sudah melampirkan hewan-hewan laut yang perlu kamu waspadai karena sengatnya yang sangat mematikan.

Meski sering dijadiin pecel, tapi ada lho ikan lele yang hidup di laut. Sengatan lele laut ternyata nggak main-main guys

Lihat siripnya yang super tajam itu, ngeri nggak? via www.theonlinefisherman.com

Advertisement

Spesies terbanyak dari hewan laut penyengat adalah lele laut. Lele laut ini memiliki sirip-sirip tajam di bagian tulang belakangnya. Sirip ini bahkan bisa dengan mudah menembus sepatu yang kamu gunakan dan menusuk kakimu secara langsung. Tapi kebanyakan kasus disengat lele laut adalah ketika kamu tidak sengaja menginjak ikan ini atau ketika kamu berusaha melepas mulutnya dari kait pancingan.

Sengatan lele laut ini menimbulkan rasa terbakar. Racun dari sengatan lele laut bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan alergi, jantung berdebar hingga hilangnya kesadaran. Namun kebanyakan infeksi luka yang dihasilkan dari sengatan lele laut justru lebih berbahaya daripada sengatannya sendiri.

Sengatan ikan pari bahkan pernah bikin salah satu penakluk binatang terkenal, Steve Irwin, meninggal dunia

Punya tubuh lebar dan wajah yang lucu, ikan pari bukan sama sekali nggak berbahaya. Sengatan ikan pari bahkan bisa mematikan lho, itulah mengapa dalam bahasa inggris ikan pari disebut dengan stingray yang berarti sesuatu yag menyengat. Menurut World Fishing Network, dalam setahun tercatat 1500 kasus sengatan ikan pari yang melukai manusia. Seringkali ikan pari menyengat karena manusia tidak sengaja menginjak ekornya, atau bisa juga karena ikan ini terbawa oleh pancing ikan nelayan.

Advertisement

Racun sengatan ikan pari bisa menyebar dan menyerang sel, rasa sakitnya bahkan membuat korbannya berteriak. Kebanyakan kasus sengatan ikan pari berpotensi menimbulkan infeksi dan mau tak mau korban harus dirawat intensif hingga benar-benar sembuh.

Siapa sangka dibalik cantiknya hewan laut ini, ikan lepu atau lionfish punya sengatan yang berbahaya

Tersengat ikan lepu, duh! via www.youtube.com

Ikan lepu seringkali ditampilkan sebagai biota laut yang cantik dan memukau. Namun jangan tanya, 18 sirip yang ada di tubuhnya bisa menyengat dan menyebarkan racun pada korbannya lho. Meski sengatan yang dihasilkan ikan lepu nggak selalu membunuh korbannya, tapi mereka memiliki 18 sirip beracun yang bisa menembus kulit manusia. Rasa sakit yang ditimbulkan bahkan bergantung dari seberapa dalam dan seberapa banyak sirip ikan lepu menembus kulit. Seberapa parah akibat racun yang ditimbulkan juga bergantung pada masing-masing kekuatan tubuh seseorang.

Scorpionfish yang berpenampilan mirip dengan ikan lepu namun punya lebih sedikit sirip tapi menyebarkan lebih banyak racun

Bayi scropion fish via www.angling-ireland.com

Scorpionfish memang seringkali jadi buruan pemancing yang penasaran. Namun kalau nggak hari-hati, sengatan dari sirip ikan ini bisa sangat menyakitkan. Scorpionfish memang terkenal dengan sengatannya yang menimbulkan efek sakit luar biasa ketika racunnya berhasil menyebar.Meski punya jumlah sirip yang lebih sedikit dibanding ikan lepu, namun racun yang ditimbulkan dari sengatannya justru makin banyak dan makin menyakitkan.

Kali ini, bentuk ikannya memang agak mengerikan bahkan menyerupai terumbu karang dasar laut. Tapi sengatannya jangan ditanya

Ikan batu via regional.kompas.com

Sengatan dari ikan batu bisa sangat mematikan lho. Seringkali terlihat di dasar laut bersama terumbu karang, ikan ini memang punya tubuh yang menyerupai batu-batu laut. Sehingga banyak penyelam yang kemudian tidak sengaja menginjak ikan ini dan tersengat. Rasa sakit yang ditimbulkan dari sengatan ikan batu diproduksi ketika molekul crystalline bereaksi terhadap racun yang menyerang saraf rasa sakit. Akibatnya bengkak, berdenyut, rasa seperti terbakar, hingga demam akan dirasakan mereka yang tersengat.

Seringnya kita bertemu dengan hewan-hewan di darat, membuat kita kadang lalai untuk berhati-hati saat di lautan. Layaknya spesies darat, kebanyakan ikan penyengat menggunakan senjatanya untuk melindungi diri dari musuh atau sebagai reaksi pertahanan diri. Makanya jangan sengaja bermain-main dengan binatang tersebut apalagi bermaksud mengganggu habitatnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya