Mungkin udah ‘lagu lama’ kalau kita berkeluh kesah soal betapa semrawutnya lalu lintas ibukota Indonesia, Jakarta. Sembari setia menunggu solusi pemerintah yang tak kunjung datang, warga ibukota tampaknya sudah pasrah dan menerima kemacetan jadi bagian tak terpisahkan dari perjuangan hidup di Jakarta. Para pelancong dari luar negeri pun sepertinya telah mempersiapkan diri menghadapi kemacetan Jakarta karena paling tidak harus mengukur waktu ke atau dari bandara.

Baru-baru ini giliran salah satu Youtuber paling kondang di dunia, Casey Neistat yang mengalami langsung ‘ganas’-nya jalanan Jakarta. Casey yang sedang berkunjung ke Indonesia karena diundang sebagai pembicara utama dalam festival kreatif tahunan ‘Ideafast’ (5-6 Oktober 2017), entah untuk alasan apa, sepertinya bahkan sempat naik ojek online. Lewat akun resmi Twitter-nya, Casey mengungkapkan betapa mengerikan perjalannya membonceng abang-abang ojek online. 

Advertisement

Mungkin itu emang reaksi standar bule yang pertama kali lihat jalanan ibukota, tapi pernyataan ini cukup menghebohkan jika datang dari seorang Casey Neistat. Casey terkenal sebagai adrenaline junkie yang seringkali ‘nyaris mati’ gara-gara semangat petualangnya. Wah hebat juga ya jalanan Indonesia sampai bisa buat Casey Neistat ketakutan. Yuk simak kisah selengkapnya bareng Hipwee News & Feature!

Casey Neistat adalah salah satu Youtuber paling iconic di dunia. Banyak orang yang ketagihan dengan keberanian dan kenekatan bapak yang satu ini

Tanpa pengaman lho, Youtuber ini mungkin punya 9 nyawa via youtube.com

Youtuber yang mengantongi hampir 8 juta subscriber ini bisa dibilang merupakan salah satu Youtuber paling dihormati di dunia. Ciri khasnya yang berjiwa bebas dan suka melakukan tantangan ekstrem, membuat konten video Casey selalu menarik untuk dilihat. Bukan cuma kontennya saja yang menarik, Casey juga salah satu Youtuber paling produktif. Sebagaimana dilansir Kompas, Casey sudah mengantongi watch time atau jumlah akumulasi tayang videonya yang mencapai 80 juta menit, atau setara dengan 150 tahun 151 hari.

Banyak penonton yang rela menghabiskan waktu untuk mengikuti vlog Casey Neistat karena aksinya yang konyol dan kadang terlalu nekat. Diantaranya Casey pernah terjun dari pesawat, bermain snowboard di jalanan bersalju, hampir tewas dimakan hiu, hampir beku saat mendaki everest, hingga nekat naik motor di jalanan dan kecelakaan. Nggak heran kalau Casey dijuluki adrenaline junkie karena suka banget melakukan hal ekstrem.

Tapi Casey yang tersohor sebagai adrenaline junkie ini, justru ketakutan saat naik ojek online di Jakarta

Advertisement

“Saya baik, ini baik, semua baik-baik saja. Apakah mereka (orang-orang Jakarta) tidak punya peraturan lalu lintas disini?”

Lucunya, ketika berkunjung ke Jakarta dan dibonceng ojek online, Casey nampaknya sudah agak khawatir dirinya bakal kenapa-kenapa. Saking semrawutnya jalanan di ibu kota. Hal itu terlihat dari cuitan Casey yang nampak sedang menenangkan diri, “Im fine, this is fine everything is fjne.” Bahkan entah mengapa typo di cuitan Casey semakin menambah orang percaya jika dia menuliskannya tersebut sambil terburu-buru dan tidak tenang.

Bukannya apa-apa guys, kalau Casey saja agak gemetaran terjun ke jalanan ibu kota, kita yang sudah terbiasa berarti lebih hebat daripada si adrenaline junkie dong ya! 😀

Bukan cuma jalanannya aja yang macet, pengalaman Casey mungkin juga tambah ngeri karena dia berada langsung diantara pengendara motor yang hobi ‘nyelip’ di jalan maupun trotoar

Waduh trotoar buat pejalan kaki saja disabet via www.desisachiko.com

Ngebut ketika lampu kuning menyala, menyelip di sela-sela mobil saat macet, dan ugal-ugalan layaknya bawa ibu hamil yang mau melahirkan mungkin beberapa dari sekian banyak perilaku ngawur pengendara kita. Apa yang kita lakukan ini bahkan jarang di temui di negara dimana Casey tinggal yaitu di Amerika Serikat. Bisa jadi Casey mengira kota dimana ia tinggal yaitu di New York, sudah yang paling parah di seluruh Amerika. Ternyata dia menemukan yang lebih ‘mematikan’ di jalanan ibu kota Jakarta. Wah, sabar ya bang Casey.

Banyak netizen yang menanggapi sindiran Casey Neistat dengan mawas diri, tapi beberapa sampai merasa malu

Tanggapan netizen via twitter.com

Bukan rahasia lagi kalau keadaan lalu lintas kita memang kacau banget. Hipwee juga sering mengulas soal kemacetan, pelanggaran lalu lintas, sampai kelakuan gotong royong para pengendara motor menghindari tilangan. Kalau dipikir secara logika, perilaku orang di jalanan memang sudah nggak masuk akal lagi. Tapi saking ‘sibuk’nya kita, jarang yang sadar kalau tertib saat berkendara itu penting banget.

Untungnya banyak orang yang mawas diri begitu mengetahui sindiran si Youtuber. Beberapa orang membalas cuitan itu dengan ucapan selamat datang. Seolah menandakan kalau sudah menemui ruwetnya lalu lintas adalah sambutan bagi para wisatawan yang datang menyambangi Indonesia.

Dari sini, kita bisa mulai bercermin. Mungkin apa yang kita lakukan di jalanan yang bagi kita sudah biasa justru sangat berbahaya dalam konteks berlalu-lintas pada umumnya. Kalau Youtuber, dan influencer seperti Casey Neistat datang lagi, citra Indonesia di mata publik yang jadi taruhannya. Nggak ada salahnya perubahan dimulai dari diri sendiri, dari hal kecil, dan dari sekarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya