Video Penampakan Dua Matahari di Langit Makassar Ternyata Ada Penjelasan Ilmiahnya. Ini Kata BMKG

Dua matahari di langit Makassar

Alam semesta selalu memiliki cara untuk membuat manusia yang tinggal di dalamnya terkesima dengan fenomena-fenomena yang terjadi. Sebagian ada yang bisa dijawab lewat penjelasan ilmiah, namun sebagian lagi ada yang masih bersifat misteri. Belum lama ini sebuah fenomena alam yang cukup langka terjadi di langit Makassar. Lewat video yang diabadikan seorang warga, tampak seperti ada dua matahari yang menyinari wilayah tersebut. Satu berada di sisi barat, satu lagi berseberangan, berada di sisi timur.

Advertisement

Tak sedikit orang terkejut dengan pemandangan tak biasa ini. Ada yang mengaitkannya dengan peristiwa mistis dan sejenisnya. Padahal fenomena alam tersebut bersifat alamiah dan ada penjelasannya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjawab rasa penasaran kita semua. Seperti apa fakta-faktanya? Yuk, simak dalam ulasan Hipwee News & Feature kali ini.

Fenomena alam di mana matahari terlihat seolah ada dua ini diunggah akun Instagram @makassar_iinfo. Dalam video tersebut memang kelihatannya ada dua cahaya matahari dari sisi berlawanan

Seorang warga mengabadikan fenomena alam langka di mana ada dua cahaya matahari yang terlihat dari sisi barat dan timur langit Makassar. Video yang kabarnya berlangsung di BTN Berua Mitra Perdana, Daya Makassar itu terjadi pada Minggu 19 Januari saat sore hari. Video tersebut sontak membuat warganet heboh karena peristiwa itu memang jarang sekali terjadi. Bahkan tak sedikit yang mengaitkan dengan hal-hal mistis dan merasa takut dengan adanya fenomena alam tersebut.

Tapi sebenarnya kejadian di atas termasuk fenomena alamiah yang bisa dijelaskan proses terbentuknya. Menurut BMKG, matahari yang terlihat ada dua itu merupakan fenomena optis yang menampakkan titik-titik terang di langit

Fenomena sun dog, matahari akan terlihat lebih dari 1 via www.viva.co.id

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Re’kun Matandung, menyebutkan kalau fenomena di atas merupakan fenomena optis yang memperlihatkan titik-titik terang di langit. Fenomena ini disebut sun dog. Umumnya sun dog tercipta dari kristal es piringan yang berbentuk segi enam pada awan cirrus yang tinggi dan dingin. Kristal-kristal tersebut berfungsi sebagai prisma yang membelokkan cahaya yang melewatinya dengan defleksi minimun 22 derajat. Jika kristal-kristal terorientasi secara acak, maka lingkarang di sekeliling matahari akan terlihat.

Advertisement

Namun jika kristal-kristal terbenam di udara dan tertata secara vertikal, maka cahaya matahari terbiaskan secara mendatar, dan terjadilah fenomena seperti di atas.

Sebelumnya, sun dog juga pernah terlihat di langit Riau. Bahkan jumlah matahari nggak cuma dua, melainkan ada empat!

Pernah terjadi di Riau via www.alagraph.com

Akhir 2018 lalu, fenomena yang sama terjadi di wilayah Kepulauan Riau. Saat itu matahari bahkan tampak seolah ada empat. Sun dog memang bisa membuat matahari terlihat ada lebih dari satu. Fenomena ini menurut BMKG memang termasuk fenomena alamiah. Tapi harus diakui kalau kejadiannya cukup jarang di Indonesia. Sedangkan untuk penamaannya sendiri menurut Rick Fienberg yang merupakan anggota Masyarakat Astronomi Amerika, sudah ada sejak tahun 1600 silam. Jadi nggak diketahui secara pasti kenapa peristiwa alam di atas dinamakan sun dog.

Itulah penjelasan atas fenomena matahari yang tampak ada dua. Nah, sekarang sudah paham kan gimana proses dan alasan terjadinya? Jangan dikaitkan sama hal-hal mistis lagi ya, karena meski kelihatannya ada dua, matahari tetap cuma satu kok, Guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE