Dua Perangkat dengan Harga Terjangkau OPPO A74 5G dan OPPO A74 Dipastikan Hadir di Indonesia

OPPO A74 5G

Menyambut perkembangan isu 5G yang makin mantap di Tanah Air, OPPO Indonesia kembali meluncurkan perangkat anyar yang mendukung koneksi jaringan super ngebut tersebut. Kabar terakhir mengenai 5G adalah tiga operator seluler telah memenangkan lelang ulang frekuensi 2,3GhZ, dan pemerintah Indonesia telah menetapkan 13 kota pertama penikmat 5G.

Advertisement

Nah, jika terakhir dukungan 5G disematkan OPPO pada perangkat di lini seri Reno, kali ini OPPO bersama Qualcomm memboyong teknologi mutakhir tersebut ke dalam lini seri A, untuk perangkat OPPO A74 5G. Perangkat anyar ini diklaim sebagai smartphone dengan harga terjangkau pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor Snapdragon 480 5G.

“OPPO bersama Qualcomm berupaya mendorong percepatan pengaplikasian teknologi 5G dengan menyediakan perangkat yang terjangkau,” kata PR Manager OPPO Indonesia for OPPO Reno & A Series, Aryo Meidianto A., dalam acara OPPO 5G Academy Volume 3, Rabu (21/4/2021).

Smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor Snapdragon 480 5G

PR Manager OPPO Indonesia for OPPO Reno & A Series, Aryo Meidianto A. dalam acara OPPO 5G Academy Volume 3, Rabu (21/4/2021) (dok. OPPO Indonesia) via www.hipwee.com

Aryo menerangkan, prosesor Snapdragon 480 5G memungkinkan OPPO untuk menyematkan berbagai fitur dan teknologi mutakhir ke dalam perangkat A74 5G. Ia bahkan mengatakan, performa yang dihasilkan prosesor seri 4 dari Qualcomm ini nggak kalah dengan yang bisa ditawarkan oleh Snapdragon seri 6 atau bahkan seri 7.

Advertisement

“Kalau saya bilang, seri Snapdragon 480 5G ini nggak seperti prosesor seri 4 dari Qualcomm (pada umumnya). Saya merasa menggunakan ponsel dengan prosesor seri 6 atau bahkan 7,” lanjutnya.

Senior Manager & Business Development Qualcomm, Dominikus Susanto pun membenarkan pernyatan Aryo. Ia menjelaskan kalau prosesor terbaru dari seri 4 ini selain membawa pembaruan juga membawa teknologi terbaik yang sudah ada pada prosesor Snapdragon seri terdahulu, seperti Qualcomm FastConnect 6200 System, teknologi 8nm, dan mendukung penggunaan layar sampai 120fps FHD+ Display, Triple ISP, 64MP Snapshot dan banyak lainnya.

“Jika dibandingkan dengan Snapdragon 460, Snapdragon 480 5G mengalami peningkatan hingga 100% di CPU dan GPU. Performa AI juga meningkat 70%. Ini namanya chipset mid-range killer,” jelas Susanto.

Mengintip spesifikasi perangkat OPPO A74 5G yang masuk daftar ponsel 5G termurah di Indonesia

OPPO A74 5G varian Space Silver (dok. OPPO Indonesia) via www.hipwee.com

Dapur pacu perangkat A74 5G dibekali RAM 6GB LPDDR4X yang dipasangkan dengan ROM 128GB berjenis UFS 2.1 yang dapat diperluas hingga 256GB menggunakan kartu micro SD. Untuk mendukung performa, pada perangkat yang berjalan dengan ColorOS 11.1 ini disematkan pula teknologi Multi-Cooling System untuk mengoptimalkan distribusi panas dengan pengaplikasian grafit.

Dalam hal daya tahan, perangkat A74 5G menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh dengan pengisian cepat 18W, dan dilengkapi beberapa fitur ciamik seperti Battery Guard yang dapat mencegah pengisian daya berlebih pada malam hari, fitur Super Power Saving Mode, dan fitur Super Nighttime Standby.

Pada aspek layar, perangkat ini menggunakan 90Hz Hyper Color Screen berukuran 6,49 inci FHD+ dengan tipe layar LCD Punch-Hole beresolusi 2400×1080, PPI 405. Layar yang cukup besar tersebut membawa beberapa fitur yang sebelumnya sudah diperkenalkan OPPO, seperti High Refresh Rate dan All-day Eye Comfort.

Pada layar tersebut tersemat pula satu kamera depan berukuran 16MP dengan bukaan F/2.0. Sedangkan untuk kamera belakang, perangkat A74 5G memboyong 48MP AI Quad Camera dengan pengaturan 48MP kamera utama, 8MP kamera sudut lebar, 2MP kamera hitam putih, dan 2MP kamera makro.

Untuk segi desain, Aryo mengatakan perangkat A74 5G membawa ciri khas lini seri A yakni stylish sekaligus premium. Ia menjelaskan perangkat ini cukup enteng dan ergonomis di genggaman, dengan ketebalan 8,42mm dan bobot hanya 190 gram. Sensor sidik jari diletakkan di bagian samping pada bingkai beraksen logam. Konektivitas yang dibawa perangkat ini adalah 3.5mm audio jack, Bluetooth dan NFC.

Perangkat OPPO A74 5G akan hadir di Indonesia dalam dua varian warna Fluid Black dan Space Silver mulai tanggal 23 April 2021, dan hanya akan dijual secara online melalui Shopee dengan harga Rp3.699.000. Keputusan ini, kata Aryo, dilakukan karena unit yang tersedia sangat terbatas.

“Jumlah perangkat ini sangat terbatas. makanya dijual online biar orang dari semua daerah bisa beli. Perkiraan kami dua minggu selesai (habis), karena perangkat ini sangat memenuhi kebutuhan orang saat ini,” terang Aryo.

OPPO juga luncurkan perangkat A74 untuk pengguna yang masih bersetia dengan jaringan 4G

OPPO A74 varian Prism Black (dok. OPPO Indonesia) via www.hipwee.com

Nggak menutup mata terhadap pengguna yang masih bersetia dengan jaringan 4G, OPPO pada kesempatan ini turut meluncurkan perangkat A74. Perbedaan yang signifikan antara kedua perangkat ini terletak pada prosesor, layar dan jumlah kamera.

Perangkat A74 dibekali oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 662 dengan modem X11 LTE alias hanya mendukung jaringan 4G, dengan konfigurasi RAM 6GB LDDR4X dan ROM 128GB UFS 2.1. Sama dengan A745G, perangkat ini berjalan pada ColorOS 11.1 dan mengusung tagline “Gaming for Everyone”.

Daya tahan perangkat A74 digantungkan pada baterai berkapasitas 5000mAh yang dilengkapi pengisian cepat 33W, yang kata Aryo merupakan teknologi pengisian cepat paling ngebut di lini seri A. Untuk mengisi penuh daya perangkat A74 hanya dibutuhkan waktu 72 menit.

Untuk mendukung daya tahan penggunaan, perangkat A74 mengusung teknologi kontrol panas saat pengisian ulang. Teknologi ini bekerja dengan cara mengurangi frekuensi CPU saat pengisian daya, sehingga memungkinkan perangkat tetap adem

Fitur umum lain yang dimiliki perangkat A74 adalah Super Power Saving Mode, Super Nighttime Standby, AI Night Charge. Sesuai tagline-nya, perangkat ini punya beragam fitur untuk para gamers, di antaranya Game Space, Game Assistant, Game Focus Mode, Bullet Notifications and Game Floating Window, dan Hyper Boost.

Spesifikasi lengkap perangkat OPPO A74 5G dan OPPO A74 (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Pada aspek layar, perangkat A74 menggunakan panel Amoled FHD+ Punch-Hole Display berukuran 6,43 inci dengan refresh rate 60Hz. Pada layar tersebut tersemat satu kamera berukuran 16MP, sensor sidik jari, dan teknologi lainnya yang kurang lebih sama dengan perangkat A74 5G.

Sementara untuk kamera belakang, perangkat A74 hanya dibekali tiga kamera dengan pengaturan 48 kamera utama, 2MP kamera bokeh, dan 2MP kamera makro dengan fitur seperti AI Enhancement dan AI Beautification.

Desain yang diusung perangkat A74 nggak jauh berbeda dengan perangkat A74 5G, yakni menggunakan bodi kurva 3D. Bobot perangkat ini hanya 175 gram dengan ketebalan 7,95 mm. Perangkat A74 akan hadir dalam dua varian warna, Prism Black dan Midnight Blue dengan banderol harga Rp3.499.000.

Untuk ketersediaan, Aryo mengakatan perangkat A74 sedang dalam tahap distribusi dan diusahakan akan tersedia secara offline bersamaan dengan perangkat A74 5G pada tanggal 23 April 2021.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE