Hadirkan Berbagai Pembaruan dan Teknologi Tinggi, OPPO A54 Akan Meluncur 1 April 2021

OPPO A54

OPPO Indonesia memastikan perangkat A54 meluncur di tanah air pada tanggal 1 April 2021. Suksesor perangkat A53 ini disebut sebagai wajah baru lini seri A di tahun 2021, karena mengusung berbagai pembaruan dari segi desain maupun teknologi.

Advertisement

Adapun inovasi yang dibawa perangkat A54 seperti layar punch-hole dan sertifikasi IPX4 untuk ketahanan terhadap cipratan air, berikut desain modern dengan pilihan warna yang fashionable. Inovasi tersebut didasarkan pada umpan balik konsumen muda sebagai pengguna terbesar lini seri A OPPO.

“OPPO A54 hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A di tahun 2021 […] sebuah perangkat dengan berbagai pembaruan yang coba didefenisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia,” kata PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto melalui keterangan tertulis, Senin (29/3/2021).

Wajah baru lini seri A OPPO

Pembaruan pada perangkat A54 salah satunya terlihat pada modul kamera yang ditempatkan dalam bingkai persegi di sudut kiri atas body bersalut teknologi electroplating, dan sensor sidik jari di bagian samping. OPPO juga mengusung rangka tengah setebal 0,2mm yang dipadu dengan bingkai aluminium, dan pelat logam tipis pada bagian penutup depan agar lebih solid.

Advertisement

Untuk kameranya sendiri, perangkat A54 membawa konfigurasi tiga kamera utama dengan susunan, 13MP kamera utama, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera bokeh dengan berbagai fitur kecerdasan buatan, seperti Dazzle Color, AI Scene Recognition, Ultra Night Mode, dan AI Beautification 2.0.

Pada bagian depan, OPPO menawarkan layar yang biasa digunakan pada perangkat kelas menengah ke atas, yakni single punch-hole berukuran 6.51″. Di sana tersemat kamera berukuran 16MP. Layar tersebut juga membawa berbagai teknologi tinggi yang sebelumnya diperkenalkan pada perangkat OPPO Reno5 F, seperti fitur Eye Comfort, Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan AI Smart Backlight.

Advertisement

“Kehadiran layar bertipe single punch-hole 6.51 inci menjadi pembeda perangkat ini. Kompetitor lain menawarkan solusi layar waterdrop pada harga yang setara,” imbuh Aryo.

Sementara pada dapur pacu, perangkat A54 menggunakan prosesor Mediatek Helio P35 untuk dapat memenuhi komputasi kecerdasan buatan yang diusung. Prosesor ngebut dengan pengaturan sumber daya yang baik ini dipasangkan bersama RAM 4GB tipe LPDDR4X dan memori internal sebesar 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB menggunakan MicroSD.

Aryo menjelaskan kalau performa perangkat juga ditingkatkan melalui teknologi Oswap, kombinasi Z-RAM dan landwsap speeding technologies, yang memanfaatkan ketersediaan ruang penyimpanan untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4GB dapat bekerja layaknya RAM 6GB.

Sedangkan untuk daya tahan, perangkat ini membawa baterasi berkapasitas 5000 mAh 18W Fast Charge, dan dilengkapi perlindungan dari overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek, proteksi arus berlebih dan tinta tahan api untuk memproteksi dari kebakaran level V-0.

Usung teknologi tinggi agar dapat diandalkan pengguna

Teknologi tinggi lainnya yang dibawa perangkat A54 adalah penempatan lima sensor suhu untuk dapat mendeteksi sumber panas, dan penerapan multi-layer heat dissipation untuk melakukan optimalisasi suhu perangkat. Selain itu, untuk pertama kalinya OPPO memboyong sertifikasi IP Rating IPX4 pada lini seri A.

Dibanding sertifikasi IPX2, OPPO menambahkan lapisan penahan air yang dapat memberi perlindungan pada penggunaan sehari-hari. Perangkat A54 juga dilengkapi lima lapisan perlindungan lain yang telah lulus uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal.

“Perangkat ini juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental,” terang Aryo.

Dilengkapi dengan ColorOS 7.2 berbasis Android 10, perangkat A54 membawa berbagai fitur unggulan seperti HyperBoost, yakni mesin pendorong kinerja eksklusif OPPO yang terdiri dari tiga kemampuan inti, yaitu scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization.

Di samping itu ada dua fitur unggulan lainnya, yakni Black Screen Mode yang memungkinkan aplikasi seperti YouTube tetap berjalan sekalipun layar dimatikan, dan Photo Translator yang dapat mengenali teks saat pengambilan foto untuk diterjemahkan melalui Google Translate.

Tersedia dalam dua varian warna Crystal Black dan Starry Blue, perangkat A54 akan dijual mulai 1 April secara online maupun offline dengan harga resmi Rp2.699 juta.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE