Era Baru Memory Smartphone! Kira-Kira Memory 512GB Itu Beneran Kamu Butuhkan Nggak Sih?

Smartphone 512GB

Punya smartphone memang jadi salah satu kebutuhan primer di era sekarang. Ya gimana, berbagai aktivitas harian di era sekarang banyak yang membutuhkan smartphone sebagai mediumnya. Contoh sederhananya ya urusan komunikasi. Zaman sekarang, aplikasi seperti WhatsApp jadi komponen penting untuk berkomunikasi. Contoh lain ya di urusan kerjaan. Bagi konten kreator, smartphone itu penting karena bisa menunjang pekerjaan. Kayak pas harus take foto atau shoot video.

Advertisement

Sayangnya, kadang saking seringnya kita mengoperasikan smartphone, kita suka nggak sadar tiba-tiba storage atau ruang penyimpanan smartphone tiba-tiba udah penuh aja. Lantas jadi timbul pertanyaan, kira-kira di tahun 2019 serta 2 tahun nanti, seberapa besar sih sebenarnya storage smartphone yang kita butuhkan? Biar nggak cepet-cepet panik dan galau milihin mana file yang harus dihapus dan mana yang dipertahankan, gitu.

Tenang, baca dulu ulasan di bawah ini sebagai pertimbanganmu beli smartphone baru di tahun ini. Jaga-jaga juga, biar tetap bisa dipakai di tahun-tahun mendatang tanpa perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Kebutuhan dasar pengguna smartphone adalah untuk komunikasi. Tapi kalau storage-nya nggak lega, bisa-bisa malah bikin emosi

Buat chatting doang via www.istockphoto.com

Salah satu alasan dasar orang menggunakan smartphone di era sekarang ini ya paling kalau nggak untuk komunikasi, main medsos, ya foto-foto. Kalau kamu termasuk pengguna smartphone kayak gini, istilahnya kamu adalah pengguna smartphone casual. Kebutuhan ruang penyimpanan di smartphone-mu kebanyakan cuma untuk install aplikasi medsos, messenger dan foto-foto doang.

Advertisement

Tapi tetap, storage smartphone-mu harus kamu perhatikan. Kamu nggak mau kan tiba-tiba jadi nggak bisa foto-foto atau nerima file karena ruang penyimpananmu kepenuhan? 

Mengingat ukuran aplikasi di smartphone semakin lama semakin besar. Belum lagi kalau kamu pakai aplikasi messenger yang ngambil internal storage buat nyimpan file media. Kalau nggak rutin dihapus atau dipindah, storage-mu juga pasti bakal penuh dalam sekejap! Coba deh sekarang cek dulu storage media yang dipakai sama WhatsApp-mu, pasti lumayan gede kan? Sama coba deh cek folder kamera, sudah berapa GB tuh foto-foto yang ada di smartphone-mu?

Apalagi jika kamu penikmat mobile gaming. Storage kecil pasti bakal bikin kamu pusing!

Advertisement

Siapa nih yang hobi main mobile game? via www.istockphoto.com

Penikmat mobile gaming tentu butuh storage yang lebih besar dibanding pengguna smartphone casual. Pasalnya selain install aplikasi messenger untuk komunikasi, mereka juga butuh space untuk install dan main game dengan nyaman.

Game seperti PUBG Mobile butuh sekitar 2,89GB space untuk di-install. Sementara Fortnite butuh storage sekitar 2,43GB. Bagi kamu yang doyan main game, tentu nggak mungkin dong cuma install satu game doang. Karena itu kamu yang hobi banget mobile gaming butuh storage yang gede sekalian. Kan nggak seru juga kalau kamu pas pengen install game tapi nggak bisa karena storage-mu kepenuhan. Niat mau main game buat nyari hiburan, eh malah dibikin pusing karena harus milihin file mana yang harus dihapus.

Nah demi bikin konten terbaik, storage yang lega itu hukumnya wajib!

Jadi konten kreator! via www.istockphoto.com

Di era digital seperti sekarang, profesi konten kreator memang lagi digandrungi. Nah salah satu tools yang digunakan untuk bikin konten ya smartphone. Selain karena bisa dibawa ke mana-mana, smartphone juga punya fitur cukup lengkap buat bikin konten. Mulai dari take foto/video sampai urusan edit sekalian. Kalau kamu adalah konten kreator, storage 64GB doang sudah pasti nggak akan cukup untuk keperluanmu.

Kesel dong kalau pas ngerekam video tiba-tiba nggak bisa karena storage penuh!

Seiring kualitasnya yang semakin bagus, ukuran filenya juga pasti akan semakin besar. Apalagi kalau kamu butuh untuk ambil video dengan kualitas 4K, tentu storage yang kamu punya juga harus besar biar nggak perlu repot dan galau memilih file yang harus dihapus-hapusin. Kalau udah gitu ya sekalian aja beli yang 512GB gitu biar nggak perlu hapus file-file lama saat mau mindahin file ke smartphone baru.

Sejujurnya sih untuk tahun 2019 dan ke depannya lagi, smartphone dengan storage “nanggung” cuma bakal bikin kamu susah ke depannya. Mengingat ukuran aplikasi dan file yang juga semakin besar. Karena itu kalau misal kamu berencana beli smartphone baru di tahun ini, sekalian beli aja yang storage-nya lega. Nggak ada salahnya dong investasi storage gede dari sekarang untuk file-file pentingmu. 

Sekalian gitu beli yang storage-nya udah 512GB. Apapun kebutuhanmu pasti tercukupi dengan ruang penyimpanan segitu lega. Jika cuma pengguna casual, kamu jadi bisa memindahkan file lamamu ke smartphone baru tanpa perlu pusing dan galau memilih mana yang harus ditransfer/dihapus. Kamu juga tetap bisa nambah file baru tanpa khawatir storage cepat penuh. Sebagai gamers, kamu juga jadi gampang mau install game apapun. Tanpa khawatir storage penuh saat mau install aplikasi dan game baru. Apalagi kalau kamu konten kreator, kamu jadi bisa bikin konten dengan kualitas paling keren tanpa khawatir storage kepenuhan dan harus mindah-mindahin data. Jadi lebih efisien kan daripada beli smartphone baru tiap tahun? Hehehe

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE