4 Fakta Teror Ular Kobra yang Menghantui Wilayah-Wilayah di Indonesia. Sudah Mulai Masuk Pertokoan!

Fakta teror ular kobra

Cerita ular yang masuk ke dalam rumah sebenarnya bukan sesuatu yang baru lagi. Sering kita melihat atau membaca berita soal kemunculan binatang melata itu di kamar mandi, dapur, atau ruangan lain dalam rumah. Karena dikenal sebagai binatang buas yang beberapa di antaranya punya bisa beracun, warga pun bergidik ketika rumah mereka disambangi ular.

Advertisement

Kali ini, rupanya ketakutan masyarakat akan binatang ular justru bertambah. Ini karena di sejumlah wilayah, banyak ular kobra dilaporkan muncul sampai-sampai kerap membuyarkan aktivitas warga. Lokasi kemunculannya pun beragam, nggak cuma di kamar mandi atau rumah-rumah, melainkan sampai pertokoan! Teror ular kobra ini sungguh meresahkan warga. Kali ini Hipwee sudah merangkum sederet faktanya. Yuk, cek, siapa tahu daerahmu termasuk target teror ular kobra…?

1. Kemunculan ular kobra ini sudah terjadi sejak sekitar akhir November. Ada yang muncul di saluran air, di dalam rumah, bahkan di dalam lubang AC! Ngeri nggak sih?!

Muncul di tempat yang tak diduga-duga via www.indozone.id

Sudah sekitar 3 mingguan ini warga di sejumlah kota di Indonesia diteror ular kobra. Di Jember, puluhan ular kobra dilaporkan masuk ke beberapa rumah warga, tepatnya di Perumahan Tegalbesar Permai. Ada yang menemukan kobra di kamar mandi, kamar tidur, hingga dapur. Kejadian yang sama juga terjadi di Depok. Ada warga yang melapor ke satpam kalau rumahnya dimasuki ular kobra. Ternyata saat dicek ular itu sudah ada di lubang pembuangan AC.

Advertisement

Jember dan Depok tidak sendiri. Kota lain yang juga jadi “mangsa” ular kobra adalah Bogor, Klaten, dan Yogyakarta. Di Jember, teror masih berlangsung hingga kini. Sabtu (14/12) kemarin malah ada laporan kalau ular kobra sudah mulai masuk pertokoan! Di Depok malah ada pedagang sayur yang dipatok kaki kanannya saat sedang duduk menunggu pembeli. Duh, kasihan ya!

2. Di perumahan Villa Citayam Bogor, warga bahkan menemukan belasan telur ular kobra terkubur di tanah pekarangan! Sebelumnya di sana juga telah ditemukan 3 ekor anak kobra

Ditemukan telur-telur kobra via news.detik.com

Warga Perumahan Villa Citayam Bogor, tak sengaja menemukan 12 telur ular kobra di tanah pinggir selokan. Penemuan itu terjadi secara tak sengaja. Waktu itu warga sedang melakukan kerja bakti. Saat sedang menguruk tanah untuk membuat lubang sampah, ternyata di dalamnya ada belasan telur kobra. Penemuan telur itu jelas membuat warga panik. Mereka menganggap jika ada telurnya, sudah pasti ada induknya. Dan induknya belum ketemu sampai sekarang.

3. Ada sejumlah penyebab yang diyakini jadi faktor pendorong banyak ular kobra meneror warga, salah satunya karena bertepatan dengan musim kawin

Advertisement

Ada beberapa dugaan penyebab via www.beritasatu.com

Penemuan ular kobra di Perumahan Villa Citayam Bogor bukan kali pertama terjadi. Menurut Ketua Paguyuban Perumahan Villa Citayam, Edi, tahun 2018 lalu perumahannya juga pernah disambangi ular kobra, namun harus diakui, kalau dulu penemuan ular nggak seramai sekarang.

Sejumlah faktor diduga jadi penyebab maraknya teror ular kobra ini. Pertama, bertepatan dengan musim kawin ular. Kedua karena perubahan cuaca dari kemarau ke hujan. Ketiga, karena ular mungkin sudah banyak kehilangan habitat aslinya yang mulai banyak disulap jadi hunian baru. Keempat, bisa jadi karena predator alaminya punah alias hewan yang seharusnya memangsanya telah habis.

4. Bila wilayahmu termasuk daerah darurat teror ular kobra, sebaiknya lakukan sejumlah tips di bawah ini untuk mencegah hewan tersebut masuk ke dalam rumah

Ada tips yang bisa dipraktikkan via www.liputan6.com

Jika kamu termasuk warga kota-kota yang rawan teror kobra, sebaiknya kamu mulai dengan menjaga kebersihan rumah dan pekarangan. Hindari menumpuk barang nggak penting. Lantai rumah harus rajin dipel dan diberi pewangi. Sebisa mungkin jangan sampai rumahmu kemasukan tikus karena bisa jadi mangsa si ular kobra.

Bila kamu menemukan ular di rumah, coba untuk tetap tenang dan jangan panik. Segera panggil petugas Damkar atau komunitas pecinta ular atau reptil untuk mengeluarkannya dari rumahmu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE