Fenomena Shipping Idola, Perjodohan Seleb ala Fans yang Bapernya sampai ke Dunia Nyata

fenomena shipping idola

“Pokoknya mereka tuh cocok banget jadi pasangan. 😍”

Please, pasangin mereka berdua!”

Pernah nggak sih kamu mendengar ungkapan seperti di atas? Ketika dua orang figur publik dijodohkan oleh penggemarnya lantaran chemistry tajam yang diciptakan ketika mereka sama-sama berkarya di industri hiburan. Hal ini bisa terjadi karena mereka berperan dalam satu judul film, drama, atau bahkan video musik yang menyebabkan terciptanya imajinasi di kepala penggemarnya.

Fenomena yang disebut shipping ini agaknya bukan hal yang istimewa di jagat dunia maya. Nggak cuma di Indonesia, menuntut idola untuk menjadi pasangan nyatanya juga terjadi di industri hiburan K-Pop hingga Hollywood.  Lantas, mengapa fenomena ini bisa terjadi? Apa dampaknya bagi pelaku industri hiburan?

Penggunaan istilah ship baru dimulai pada 1995, jauh sebelumnya perilaku menjodohkan pasangan fiksi memang sudah kerap terjadi

Shipping selebriti | Credit: Max Harlynking on Unsplash

Di media sosial, shipping sering juga diungkap dengan istilah bercandaan seperti  ‘kapal gue’ nih dari arti kata ship. Namun, menurut publikasi dari The Atlantic, istilah tersebut ternyata berasal dari kata ‘Relationshipping.’ Hal ini tercantum dalam sebuah penelitian akademisi Christine Scodari dan Jenna L. Feder pada 2000, berjudul ” Creating A Pocket Universe: ‘Shippers’ Fan Fiction and The X-Files Online”.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini