Penelitian Ungkap Daftar 10 Film Horor Paling Menakutkan. Berani Nonton?

Film horor paling seram

Takut merupakan perasaan yang seringkali nggak mengenakkan, tapi terkadang punya kenikmatan. Salah satunya bisa kamu buktikan saat nonton film horor. Ada sensasi yang sulit dijelaskan meski kita sadar setelahnya mungkin akan masih dihantui perasaan takut. Kamu pasti punya kandidat film horor yang menakutkan, kan?

Advertisement

Nah, dari sekian banyak film horor yang berhasil bikin penonton bergidik, sebuah penelitian yang dilakukan Broadbandchoices, platform tawaran layanan jaringan broadband, menemukan beberapa film horor paling menakutkan. Temuan ini didapat setelah melacak detak jantung 50 orang dari berbagai usia yang menonton lebih dari 100 jam film horor. Melansir dari laman Forbes, berikut rangkumannya.

Penelitian dilakukan untuk memudahkan orang-orang memilih film horor di antara ribuan judul yang tersedia

(Photo by Andrea Piacquadio from Pexels) via www.pexels.com

Lewat penelitian bertajuk “Science of Scare Project”, tim peneliti Broadbandchoices memilih 35 film horor paling menakutkan, yang dinilai berdasarkan rating tertinggi dari situs IMDb, Rotten Tomatoes, dan Reddit. Meski skala penelitian ini cukup kecil, yaitu hanya menggandeng 50 peserta, inisiator penelitian, Daniel Clifford mengatakan hasil penelitian ini setidaknya bisa membantu orang menemukan film paling menakutkan secara ilmiah dengan mudah, di antara ribuan judul film horor yang pernah dibuat.

Nah, cara kerja penelitian ini adalah dengan meminta setiap peserta yang dilengkapi monitor detak jantung untuk menonton film horor pilihan. Selanjutnya, monitor akan menampilkan seberapa banyak detak jantung sebagai indikator emosi dihasilkan peserta selama menonton. Semua data tersebut dikumpulkan untuk mendapatkan satu film yang paling menakutkan.

Advertisement

Secara keseluruhan Sinister terpilih jadi film horor paling menakutkan, sementara Insidious jadi film horor dengan jump-scare paling bikin kaget

Cuplikan trailer Sinister (2012) (Tangkapan layar/Youtube Movieclips Trailers) via www.youtube.com

Dari 35 film yang dilibatkan dalam penelitian, peniliaian yang didasarkan pada detak jantung peserta mendapuk film berjudul Sinister jadi yang paling memicu detak jantung, alias paling memengaruhi emosi. Film besutan Scott Derrickson ini berkisah tentang penulis kriminal yang menyelidiki serangkaian pembunuhan mengerikan sebuah keluarga. Saat nonton film Sinister (2012), monitor mencatat detak jantung rata-rata peserta meningkat sebanyak 32 persen dari detak jantung istirahat. Dari yang semula 65 BPM (detak per menit) meningkat jadi 86 BPM.

Nah, sementara untuk lompatan detak jantung terbesar yang dialami peserta, penelitian ini mencatat terjadi pada film Insidious (2010). Dalam satu momen mengejutkan film besutan James Wan ini, detak jantung peserta tercatat meningkat hingga 133 BPM. Penggemar jump-scare merapat.

Advertisement

Secara skor keseluruhan, penelitian “Science of Scare Project” mendaulat 10 judul sebagai film horor paling menakutkan. Di urutan pertama, Broadbandchoices mendapuk film Sinister (2012) di susul oleh Insidious (2010) di posisi kedua. Sementara di urutan ketiga dan selanjutnya ada The Conjuring (2013), Hereditary (2018), Paranormal Activity (2007), It Follows (2014) The Conjuring 2 (2016), The Badabook (2014), The Descent (2005), dan The Visit (2015).

Penelitian ini juga sekaligus menyatakan bahwa James Wan merupakan sutradara film horor terbaik. Setidaknya versi Broadbandchoices, karena tiga di antara 10 film tersebut disutradarai oleh James Wan, yaitu Insidious, The Conjuring, dan The Conjuring 2.

Nah, buat kamu penggemar film horor, 10 judul dalam daftar ini layak dijajal sekaligus membuktikan apakah klaim Broadbandchoices benar atau malah enggak sama sekali.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE