7 Fitur Baru WhatsApp yang Bikin Chatting Makin Asyik. Ada yang Udah Rilis, Ada yang Masih Dikembangin

Fitur baru Whatsapp

Di zaman serba digital seperti hari ini, kita telah terbiasa berkomunikasi dengan cara berkirim pesan lewat aplikasi chatting. Ada banyak sekali aplikasi chatting yang bisa kita pilih. Menariknya setiap negara punya aplikasi chatting populernya masing-masing. Sebut saja LINE yang populer digunakan orang Jepang. Atau aplikasi Kakaotalk yang jadi aplikasi komunikasi utama orang Korea Selatan.

Advertisement

Nah, di Indonesia sendiri aplikasi chat paling populer yang digunakan masyarakat adalah WhatsApp. Aplikasi ini banyak digemari karena penggunaanya yang instan dengan fitur yang mudah. Cukup mendaftar dengan nomor telepon, kita bisa menggunakan WhatsApp dan berkirim pesan dengan teman, keluarga bahkan gebetan. Nah, tahun 2020 ini, setidaknya ada 7 fitur baru WhatsApp yang bisa memudahkan kita sebagai pengguna. Tapi nggak semua fitur ini sudah bisa gunakan. Ada beberapa fitur yang masih dikembangkan dan akan bisa dinikmati di waktu mendatang. Penasaran dengan 7 fitur baru WhatsApp ini? Yuk, langsung simak ulasannya!

1. WhatsApp akan membuat fitur last seen untuk kontak-kontak terpilih. Bisa dibilang fitur ini mirip dengan fitur close friend di Instagram

Biasanya last seen disembunyikan pengguna via surabaya.tribunnews.com

Fitur pertama adalah fitur last seen untuk kontak-kontak terpilih. Sebenarnya fitur last seen ini sudah ada sejak dulu. Namun kali ini WhatsApp mengembangkannya. Nantinya kita bisa memilih orang-orang yang bisa melihat last seen kita. Ya, sistem fitur ini mirip dengan close friend yang ada di Instagram. Kamu bisa menyembunyikan last seen dari orang lain, namun beberapa orang bisa melihat kapan terakhir kali kamu membuka WhatsApp.

2. Kali ini WhatsApp memiliki fitur penghancur pesan bernama self destructing messages. Kamu juga bisa mengatur lama waktu pesan yang akan kamu hapus

menghapus pesan via gadgets.ndtv.com

Salah satu kelemahan pada aplikasi WhatsApp adalah nggak tersedianya fitur menghapus pesan. Selama ini kita hanya disediakan fitur menarik pesan yang kurang efektif. Untuk menjawab hal tersebut, sejak bulan Oktober silam, WhatsApp sedang mengembangkan fitur menghapus pesan yang bernama self destruct messages. Fitur ini dapat menghapus pesan secara langsung, atau mengatur waktu penghapusan pesan dari mulai satu jam sampai satu tahun. Menarik banget kan?

Advertisement

3. Untuk mempermudah membuka media video dari platform lain, WhatsApp kini memiliki fitur pemutar video sendiri yang bernama ShareChat

Pemutar Video via wabetainfo.com

Pernah nggak kalian membuka video di WhatsApp dan sering buffering? Hal ini sudah jadi masalah sejak dahulu. WhatsApp menyadari hal tersebut dan sedang mengembangkan fitur bernama ShareChat. Fitur ini adalah pemutar video bawaan yang akan terinstall secara otomatis di WhatsApp kalian. Jadi saat ada orang yang mengirim link video dari Instagram, Twitter atau Youtube kalian akan bisa membukanya langsung dari WhasApp tanpa harus membuka aplikasi terkait. Efektif banget kan?

4. Setelah kemarin merilis fitur dark mode, kini WhasApp menambahkan warna-warna baru untuk bubble chat yang akan membuat pengguna lebih nyaman

Dark Mode via m.tribunnews.com

Beberapa waktu lalu, WhatsApp merilis fitur dark mode. Fitur ini langsung disambut antusias oleh para penggunanya. Nah untuk menambah kenyamanan pengguna, WhatsApp akan menghadirkan fitur baru berupa warna bubble pesan dalam chat saat kamu menggunakan dark Mode. Warna-warna bubble pesan ini akan membuat mata pengguna lebih nyaman saat membuka WhatsApp di tempat yang minim cahaya.

5. Karena hoax sering beredar di aplikasi ini, WhatsApp telah menambahkan fitur pencarian gambar dan pesan di web jika ada seseorang yang mengirim foto dan pesan mencurigakan

Fitur pencarian gambar via www.digitalinformationworld.com

Sudah bukan rahasia lagi, WhatsApp adalah salah satu tempat dimana hoax menyebar dengan cepat. Nggak sedikit orang yang termakan hoax yang disebarkan lewat WhatsApp grup. Menyadari hal ini, WhatsApp membuat fitur baru berupa pencarian pesan dan foto lewat web. Fitur ini sedang dikembangkan untuk pengguna iOS. Bahkan fitur ini telah diuji coba pada pengguna Android. Nantinya di setiap pesan yang telah diteruskan sebanyak 4x akan mendapatkan tanda search on web. Singkatnya kita akan bisa memastikan kebenaran tulisan atau foto yang disebarkan.

Advertisement

6. Sebelumnya, WhatsApp nggak menyediakan desain large files dalam fitur storage usage-nya. Kali ini WhatsApp sedang mengembangkan desain large files yang memungkinkan kamu mengirim dan menyimpan file berukuran besar

Large Files via inet.detik.com

Selanjutnya ada desain baru dalam fitur storage usage. Desain ini adalah large files. Sebelumnya para pengguna WhatsApp nggak bisa menyimpan file yang terlalu besar. Dengan adanya desain large files kita akan dimungkinkan menyimpan file besar. Selain itu ada desain forwarded files yang berguna menyimpan file-file yang diteruskan. Desain ini berguna untuk memudahkan pengguna membersihkan tempat penyimpanan file. Lalu ada opsi sort yang bisa mengurutkan foto yang diterima dari kontak tertentu. Semua fitur ini sedang dalam tahap uji coba untuk pengguna Android. Namun nggak menutup kemungkinan fitur penting ini juga tersedia bagi mereka yang menggunakan iPhone.

7. Terakhir ada fitur baru yakni pencarian chat sesuai tanggal diterima dan dikirim

Tanggal via gadgets.ndtv.com

Jika sebelumnya kita hanya bisa mencari pesan yang dikirim sesuai dengan isi pesan yang dimaksud, kini WhatsApp akan menghadirkan pencarian pesan sesuai dengan tanggal kirim dan terima. Nah untuk pengguna iOS, akan tersedia pilihan search by date berupa ikon kalender di bagian atas keyboard. Kini fitur pencarian pesan lewat tanggal ini sedang dalam tahap alpha yang masih terus dikembangkan dan disempurnakan.

Nah itu dia 7 fitur baru yang akan hadir di aplikasi WhatsApp nantinya. Ada beberapa fitur yang telah bisa kita gunakan dan ada juga yang masih dalam tahap pengembangan. Gimana menurut kalian? Apakah fitur-fitur baru ini bermanfaat?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

An amateur writer.

CLOSE