Yuk Intip Gaji Barista di Indonesia Part Time dan Full Time

Cek standar besarannya untuk barista part time dan full time, lalu pertimbangkan baik-baik!

Seiring menjamurnya cafe, coffee shop, dan berbagai tempat ngopi lainnya, maka semakin tinggi juga kebutuhan terhadap barista. Lantas, berapa gaji barista sebenarnya?

Advertisement

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, ada baiknya kamu cari tahu dulu gaji dan rincian pekerjaannya. Kalau tidak sesuai dengan ekspektasi yang kamu bayangkan, bisa malah repot, kan?

Apa Saja Pekerjaan Seorang Barista?

job desc barista

Credit: Unsplash

Ada sejumlah job desc yang perlu barista lakukan selama ada di tempat kerjanya, antara lain:

  • Menyiapkan dan menyajikan kopi, baik kopi yang diracik manual maupun dengan mesin.
  • Merawat berbagai alat atau mesin yang ia operasikan sehari-hari.
  • Menyapa dan melayani pengunjung/pelanggan dengan ramah dan memberi kenyamanan.
  • Menyajikan minuman lain selain kopi jika ada menu tambahan di luar kopi.
Advertisement

Namun, rincian pekerjaan di atas bersifat umum. Jadi, di masing-masing kedai, coffee shop,  atau kafe, sangat mungkin ada job tambahan.

Gaji Barista Full Time

Seorang barista full time bekerja on site di tempat kerjanya dengan jam kerja antara 40-50 jam per minggu. Mereka mendapat bayaran tetap setiap bulannya, sesuai kontrak yang menjadi kesepakatan.

Advertisement

Berdasarkan laporan Indeed, gaji berbeda-beda tergantung daerah. Berikut ini data gaji rata-rata di sejumlah kota besar di Indonesia.

  • Jakarta :  Rp3.977.761.
  • Surabaya : Rp4.724.645.
  • Bandung : Rp1.869.979.
  • Tangerang : Rp3.154.782.
  • Denpasar (Bali) : Rp2.752.467.

Selain mengacu pada perbedaan wilayah dan UMR, besaran gaji juga penentuannya bisa berasal dari tingkat kemahiran. Antara yang pemula dan senior, angkanya bisa berbeda.

Gaji Barista Part Time

Sebagian coffee shop juga membuka lowongan part time bagi golongan seperti mahasiswa. Tentu saja, secara nominal bulanan gajinya lebih kecil, karena dalam seminggu jam kerjanya hanya berkisar 20-35 jam. 

Perhitungan gajinya, biasanya berdasarkan jumlah jam masuk kerja. Salah satu tempat yang mempekerjakan part time worker adalah Starbucks. Starbucks memberikan gaji sebesar Rp150.000-200.000 untuk sembilan jam kerja per hari.

Jika dalam satu minggu, minimal kamu mendapat jatah 3 hari masuk, maka uang yang bisa kamu dapatkan mencapai Rp450.000-600.000 per minggu. Dengan kata lain, Rp1.800.000 sampai Rp2.400.000 per bulan.

Namun, di coffee shop dengan reputasi lebih kecil dari Starbucks, jumlahnya bisa jadi lebih kecil. Dengan kata lain, di bawah Rp100.000 per hari.

Meskipun gaji barista bisa kami katakan standar-standar saja, pekerjaan ini mungkin sangat menyenangkan bagi sebagian dari kamu. Jadi, tak ada salahnya untuk mulai memasukkan lamaran untuk pekerjaan ini sekarang!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE