Gerakan mengurangi plastik memang sudah seharusnya jadi prioritas utama orang di seluruh dunia. Dunia ini nyatanya sedang ‘tenggelam’ di lautan sampah yang tak bisa terurai sampai ratusan tahun ke depan. Padahal tiap harinya, kita terus memakai berbagai bentuk plastik sekali pakai demi apa yang mungkin bisa disebut ‘kenyamanan modern‘. Plastik mungkin adalah pilihan termurah dan paling praktis, tapi jelas pilihan terburuk bagi lingkungan. Pilihan yang tidak bisa lagi kita pilih….

Bumi ‘tenggelam’ dalam sampah plastik. via globalnews.ca

Korban pun makin sering berjatuhan, dari paus-paus yang mati dan terdampar karena terlalu banyak makan sampah plastik di lautan sampai isu-isu TPA yang berulang kali overcapacity. Apalagi Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia, kita sebenarnya punya tanggung jawab lebih untuk mengurangi pemakaian plastik di negeri ini.

Advertisement

Solusi-solusi kreatif dan out of the box untuk menggantikan sampah sangat diperlukan. Seperti contoh dari sebuah supermarket di Chiang Mai, Thailand ini.

Lihat deh betapa cantiknya pembungkus sayuran di Rimping Supermarket di Chiang Mai Thailand ini. Tapi yang lebih penting selain cantik, semua ini plastic-free 

Selama ini pakai plastic wrap via www.boredpanda.com

Foto-foto bungkus sayuran di rak sayur mayur Rimping Supermarket ini pertama kali di-share oleh akun Facebook @perfecthomes. Sang pengupload awalnya mengaku hanya terkesan dengan inisiatif supermarket menggantikan semua bungkus plastik wrap untuk sayuran dengan daun pisang. Ia tak mengira postingan itu langsung jadi viral, telah dilihat 3,5 juta kali dan dibagikan 17 ribu kali.

Rimping Supermarket sendiri menjelaskan bahwa menjalankan inisiatif ini tidaklah mudah, sangat sulit bahkan. Pasalnya, hingga saat ini plastik memang masih merupakan pilihan paling murah dan mudah. Apalagi bagi pelaku bisnis. Tapi mereka berani berkomitmen untuk mengambil langkah kecil pertama. Langkah yang seharusnya juga mulai diambil semua orang.

Pasti lebih usaha sih pakai daun pisang kayak gini, tapi mungkin worth it untuk masa depan via www.facebook.com

Tak perlu pakai plastik, alternatif lain yang lebih ramah lingkungan sebenarnya banyak via www.facebook.com

Tolak lah plastik, kalau memang bisa ditolak via www.facebook.com

Di banyak tempat lain, konsep supermarket no plastic atau zero waste mulai banyak bermunculan. Indonesia juga nggak boleh kalah nih

Memang butuh usaha dan nggak bakalan murah via www.timeout.com

Advertisement

Bukan cuma Chiang Mai, inisiatif seperti ini untungnya mulai banyak terdengar dari berbagai tempat. Pastinya tidak mudah dan mungkin juga lebih mahal, tapi untuk kebaikan bersama — planet bumi dan segala isinya — upaya-upaya semacam supermarket no plastic atau zero waste harus terus digalakkan. Indonesia juga nggak boleh kalah nih…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya