Putaran Ketiga Generasi Mindful Roadshow 2023, Hipwee & Meatless Monday Indonesia Kunjungi Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Generasi Mindful Roadshow 2023, kolaborasi keren antara Hipwee dan Meatless Monday Indonesia, akhirnya memasuki putaran ketiga. Setelah sukses melaksanakan rangkaian pertama dan kedua di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Amikomroadshow ini melanjutkan kunjungan ke kampus ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Sabtu, 1 Juli 2023 kemarin.

Acara yang diselenggarakan di ruang seminar Fakultas Psikologi UAD ini berlangsung dengan meriah dan penuh keseruan. Mahasiswa dan mahasiswi UAD dari berbagai angkatan datang memenuhi ruang seminar dan bersemangat mengikuti acara hingga akhir. Mereka terlihat sangat antusias mendengarkan materi, berdiskusi, dan juga mengunggah pengalaman seru ini di media sosial.

Seperti rangkaian kegiatan Generasi Mindful Roadshow 2023 sebelumnya, ada banyak pembicara atau narasumber keren yang memberikan materi seputar mindfulness, gerakan Meatless Monday Indonesia, dan content creation.  Ada Chief Executive Officer (CEO) Hipwee – Nendra Primonik Rengganis, Project Officer Meatless Monday Indonesia – Andi Reski Aprianti, dan Community Executive Hipwee – Hairum Fellayati yang bergantian mengisi materi di hari itu.

Tak kenal maka tak sayang, CEO Hipwee membuka acara dengan memperkenalkan Hipwee dan konsep generasi mindful

CEO Hipwee – Nendra Primonik Rengganis | dok. Hipwee

Nendra Primonik Rengganis atau yang akrab disapa Monik membuka acara dengan memperkenalkan kepada peserta latar belakang dari Hipwee. Hipwee merupakan sebuah platform digital yang berdampak untuk menyelesaikan permasalahan khas anak muda Indonesia melalui konten-konten positif yang mereka produksi. Secara garis besar para peserta sudah mengenal platform ini dan konsisten mengunjungi website untuk membaca berbagai artikel.

Sebagai CEO, Monik mengaku bahwa platform yang dibangunnya dapat menjembatani anak muda Indonesia untuk terus berkreasi dan berkembang. Hipwee menjadi salah satu media yang banyak digemari audiens karena mudah ditemukan dengan menggunakan berbagai platform, konten yang dibuat sangat relatable dan memiliki tingkat shareabillity yang tinggi. Rata-rata pengunjung  sebesar 1.500.000 per bulannya.

Monik juga menjelaskan latar belakang program kolaborasi dari Hipwee dan Meatless Monday Indonesia yaitu Generasi Mindful Roadshow 2023. Rangkaian roadshow ini cocok untuk peserta yang ingin belajar dengan penuh kesadaran atau disebut juga mindful. Mereka yang percaya bahwa perubahan besar selalu dimulai dari hal sederhana dan berkomitmen untuk mengikuti bootcamp selama 3 hari untuk menjadi agen perubahan di lingkungan masing-masing dapat mengikuti program ini dari awal.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan benefits berupa akses fully funded bootcamp bersama mentor dan experts, kesempatan belajar personal branding, mendapat campaign kit, akses ke jejaring Meatless Monday Indonesia dan sertifikat serta surat rekomendasi.

Lalu Project Officer Meatless Monday Indonesia menjelaskan asal mula, konsep utama, dan tujuan gerakan Meatless Monday Indonesia

Penyampaian materi dari Project Officer Meatless Monday Indonesia | dok. Hipwee

Project Officer Meatless Monday Indonesia – Andi Reski Aprianti yang biasa disapa Ekki bergabung secara virtual untuk memberikan materi seputar asal mula, konsep utama, dan tujuan dari gerakan Meatless Monday Indonesia.

Sebagai bagian dari gerakan global Meatless Monday yang diprakarsai John Hopkins Center for A Liveable Future (CLF) pada tahun 2003, Meatless Monday Indonesia didirikan pada tahun 2021. Gerakan ini mendedikasikan satu hari tiap minggunya yaitu hari Senin untuk kesehatan tubuh dan keberlangsungan planet bumi, yaitu dengan sepenuhnya mengganti protein hewani dengan protein nabati atau meatless. 

Ekki kemudian menjelaskan mengapa harus hari Senin dan mengapa harus dengan mempraktikkan meatless. Senin seringkali diasosiasikan sebagai hari yang tepat untuk memulai kegiatan, perubahan, dan kebiasaan baru, termasuk gaya hidup yang lebih sehat. Memulai minggu dengan pola makan sehat akan membuat tubuh lebih bugar dan menjaga pikiran untuk terus positif serta kreatif di hari-hari selanjutnya.

Penyampaian materi dari Project Officer Meatless Monday Indonesia | dok. Hipwee

Lalu, Ekki juga menjelaskan mengapa kebaikan untuk tubuh dan planet itu dilakukan dengan cara menjalankan meatless tiap Senin. Substitusi daging dengan 100% pangan nabati seperti sayur, buah-buahan, polong, dan kacang-kacangan seminggu sekali bisa jadi kesempatan untuk memperbaiki keseimbangan asupan nutrisi. Gerakan ini juga diharapkan bisa jadi langkah kecil untuk memerangi perubahan iklim karena tingginya jejak karbon dan penggunaan sumber daya air, tanah, dan energi dari produksi protein hewani.

Gerakan Meatless Monday pun sebenarnya berbeda dengan vegetarian atau vegan karena tidak sepenuhnya melarang konsumsi daging atau turunannya.

Tim Hipwee kemudian memberikan materi seputar bagaiman membuat konten yang mindful dan impactful, termasuk konten tentang gerakan Meatless Monday Indonesia

Partisipasi peserta dalam Generasi Mindful Roadshow 2023 | dok. Hipwee

Sama halnya dengan roadshow-roadshow sebelumnya, narasumber memberikan materi yang berkaitan tentang pembuatan konten positif serta campaign Meatless Monday melalui feeds serta reels Instagram Hipwee. Penyampaian materi ini memunculkan beberapa pertanyaan dari peserta seperti mengapa daging memiliki pengaruh yang berdampak buruk bagi lingkungan, bagaimana pola makan anak kos yang sebulan sekali saja belum pasti konsumsi daging, tips menyampaikan campaign ini kepada orang tua, tips bagaimana cara kita membangun kepercayaan diri dalam membuat konten dan bagaimana caranya agar kita bisa membiasakan diri untuk rutin dalam kebiasaan meatless monday.

Seluruh pertanyaan dijawab oleh narasumber dari Hipwee serta Meatless Monday Indonesia. Pola makan yang sehat adalah dengan memperhatikan nilai gizi asupan kita agar seimbang. Konsumsi daging secukupnya tidak berlebihan dapat membantu menjaga bumi kita dari perubahan iklim yang ekstrem.

Penyampaian pesan kebiasaan Meatless Monday harus dimulai dari diri sendiri untuk menjadi contoh bagi orang lain. Dalam penyebaran pesan harus diperlukan keberanian dan niat yang kuat. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh generasi muda saja, namun semua orang dapat ikut serta menerapkan kebiasaan sehat.

Selain pemaparan materi dan sesi tanya jawab, para peserta diajak untuk mengumpulkan ide kreatifnya dengan cara submit proposal untuk ikut berkampanye menyebarkan kebiasaan sehat dan berdampak positif. Orang-orang terpilih dapat melanjutkan kegiatannya pada saat bootcamp untuk belajar tentang personal branding yang sejalan dengan pertanyaan peserta bagaimana agar percaya diri saat memulai membuat konten.

Generasi Mindful Roadshow 2023 masih akan melanjutkan kunjungannya di kampus-kampus seputaran Yogyakarta lainnya. Supaya tidak ketinggalan informasinya, ikuti terus Instagram @meatlessmondayindonesia dan @hipwee. Kalau kalian juga ingin mencari informasi terkait Meatless Monday Indonesia bisa langsung berkunjung saja ke laman meatlessmondayindonesia.com .

Yuk ikutan jadi bagian dari generasi mindful yang peduli dengan kesehatan tubuh dan keberlangsungan planet bumi ini bersama Meatless Monday Indonesia dan Hipwee. Jangan menunda aksi kamu untuk ikut jadi bagian dari perubahan positif di Indonesia~

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day