Gerakan #IndonesiaPastiBisa Bersama SiCepat Pinjamkan 1.500 Oxygen Concentrator untuk Bantu Penanganan Covid-19

Pinjaman Oxygen Concentrator

Covid-19 masih menjadi masalah bagi kita semua. Apalagi belakangan serangan dan gejala Covid-19 semakin beragam. Jika dulu sebagian besar pasien Covid-19 mengalami anosmia, kini tidak semua mengalami hal itu. Tingkat serangannya pun berbeda-beda. Ada yang seperti kena batuk pilek biasa, tetapi ada juga yang mengalami serangan berat hingga mengalami sesak napas karena kekurangan oksigen.

Advertisement

Pada situasi seperti ini, tabung oksigen sangat dibutuhkan sebagai penanganan gejala Covid-19 tingkat berat. Berangkat dari kondisi tersebut, Gerakan #IndonesiaPastiBisa bersama SiCepat menyediakan Oxygen Concentrator untuk dipinjamkan kepada puskesmas maupun rumah sakit untuk penanganan Covid-19. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu oxygen concetrator?

Oxygen Concentrator atau OC merupakan alat medis yang mampu mengirimkan oksigen langsung kepada pasien untuk dihirup dengan selang, tanpa menggunakan tabung. Seperti yang kita tahu, pada udara di sekitar kita terdapat berbagai gas, yaitu nitrogen, oksigen, dan karbondioksida. Nah, OC bekerja “memurnikan” udara di sekitar kita dengan meningkatkan kadar oksigen pada udara bebas yang hanya 21% hingga menjadi 90-95%.

OC biasanya digunakan untuk terapi pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan seperti asma, radang paru-paru, dan lain sebagainya. Berbeda dengan tabung oksigen murni seperti yang di rumah sakit, OC ini berbentuk seperti koper persegi yang bisa dibawa ke mana-mana.

Advertisement

Sebanyak 1.500 unit OC siap dipinjamkan untuk faskes yang membutuhkan

#IndonesiaPastiBisa, sebuah gerakan kebersamaan dari orang-orang yang mau berbagi dalam upaya membuat perubahan positif bagi seluruh masyarakat dalam bentuk nyata melalui sistem informasi maupun saluran bantuan khususnya bagi yang terdampak Covid-19, bekerja sama dengan ekspedisi andalan SiCepat, menyediakan OC yang dapat dipinjamkan bagi Puskesmas dan Rumah Sakit yang membutuhkan.

Total ada 1.500 unit Oxygen Concentrator Philips Everflo yang telah disiapkan. OC ini mampu menyuplai oksigen sebanyak 5 liter per menit. Jadi, pastinya akan sangat bermanfaat sebagai pertolongan pertama bagi pasien Covid-19 yang saturasi oksigennya rendah dan membutuhkan asupan oksigen. Unit OC dapat dipinjam oleh puskesmas ataupun rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 dengan memberikan jumlah Ketersediaan Tempat Tidur (TT) bagi pasien Covid-19. Masing-masing unit dapat dipinjamkan dengan durasi 6 bulan dengan opsi perpanjangan.

Advertisement

Peminjaman unit OC ini tidak hanya berlaku di Jakarta, melainkan di berbagai kota lainnya di seluruh Indonesia. Nantinya unit yang dipinjamkan akan dikirimkan dari Jakarta ke faskes tujuan melalui ekspedisi SiCepat, tanpa pungutan biaya, alias gratis.

“Kami harap dengan program peminjaman oxygen concentrator dari gerakan indonesia pasti bisa dapat membantu faskes dalam penanganan pasien covid-19, dan dapat menjadi solusi bagi faskes yang kekurangan tabung oksigen khususnya bagi faskes kelas D dan C,” terang Rangga Andriana, Head of Corporate Communication Indonesia Pasti Bisa, saat Hipwee hubungi melalui pesan teks, Kamis (26/8).

Semoga dengan bantuan OC ini, semakin banyak pasien Covid-19 yang tertangani dengan baik, ya. Yuk, kita sebarkan info bermanfaat ini. Bagi faskes yang membutuhkan atau untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi email support@indonesiapastibisa.org atau WhatsApp ke nomor  0812-8528-0006.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE