Udah Tahu Belum Kalau Godzilla Berstatus Warga Negara Jepang? Plus Jadi Duta Pariwisata Juga lo

Godzilla Jepang

Kalau suka menonton kartun Jepang, mungkin kamu sudah pernah melihat sosok Godzilla. Monster fiktif yang berbentuk seperti dinosaurus ini terkenal banget di Negeri Sakura. Sejak muncul pada 1954 dalam film buatan Ishiro Honda, Godzilla telah diadaptasi dalam berbagai karya lainnya. Mulai dari komik, kartun, hingga film Hollywood berjudul Godzilla (2014) dan Godzilla II: King of the Monsters (2019).

Advertisement

Sebetulnya, apa sih yang membuat orang-orang Jepang begitu menyukai Godzilla? Ternyata karena monster ini sangat kuat dan tangguh. Dengan tubuhnya yang besar dan kuat, Godzilla bisa bertarung melawan musuh yang paling kuat sekalipun. Bahkan dia bisa menyemburkan api dari mulutnya! Nggak heran kalau monster ini jadi idola banyak orang.

Saking populernya, Godzilla diangkat jadi warga negara Jepang pada 2015. Bahkan dibuatkan sertifikat resmi!

Sertifikat kependudukan untuk Godzilla via people.com

Dilansir dari BBC, pemerintah Kota Shinjuku menyatakan Godzilla sebagai warga negara Jepang. Keputusan ini diambil pada 2015, yaitu 61 tahun sejak tokoh Godzilla pertama kali dibuat. Pemerintah berterima kasih karena monster ini telah mengharumkan nama Jepang hingga ke berbagai negara. Maka, mereka membuatkan sertifikat kependudukan resmi seperti berikut ini.

Sertifikat Kependudukan Godzilla

– Nama: Godzilla
– Alamat: Shinjuku-ku, Kabuki-cho, 1-19-1
– Tanggal lahir: 9 April 1954
– Alasan diangkat menjadi penduduk: mempromosikan hiburan dan mengawasi warga di Kabuki-cho serta menarik wisatawan dari seluruh dunia
– Kunjungan sebelumnya ke Shinjuku Ward: 3 kali (dalam film); Godzilla (1984), Godzilla vs King Ghidorah (1991), Godzilla 2000 Millennium (1999)

Setelah diresmikan oleh Shinjuku City Office, sertifikat ini dicetak sebanyak 3.000 kali dan dibagikan ke para penggemar Godzilla. Jadi mereka bisa ikut merayakan diterimanya Godzilla sebagai warga Jepang secara resmi.

Selain itu, Godzilla ditunjuk menjadi duta pariwisata di Jepang. Monster ini bertugas mempromosikan budaya dan mengundang para turis

Godzilla saat diangkat menjadi duta pariwisata via time.com

Setelah diterima sebagai warga negara, Godzilla diberi tugas untuk mempromosikan Jepang. Dia bahkan diangkat menjadi duta pariwisata. Untuk menerima gelar barunya, Godzilla menghadiri upacara resmi dan mendapat pengalungan selempang dari Walikota Shinjuku, Kenichi Yoshizumi. Monster ini juga dipanggil dengan sebutan Godzilla-sama yang menunjukkan perasaan hormat.

Menarik ya, ternyata orang-orang Jepang begitu menghargai Godzilla. Sebab monster fiktif ini dianggap bisa mewakili semangat Jepang dengan baik dan telah puluhan tahun mengharumkan nama bangsa. Pemerintah pun membuat patung replika Godzilla di Toho Building yang terletak di Tokyo. Bisa menarik para turis untuk mengunjunginya nih!

Advertisement

Cara pemerintah Jepang yang unik bisa ditiru di Indonesia. Apalagi kita mempunyai berbagai makhluk mitologi yang nggak kalah keren seperti Garuda dan Lembuswana

Garuda dan Lembuswana via id.wikipedia.org

Nggak hanya Jepang yang mempunyai tokoh fiktif legendaris. Kalau kita perhatikan, sebetulnya ada banyak makhluk mitologi di Indonesia yang nggak kalah menarik dari Godzilla. Misalnya tokoh Garuda yang berbadan manusia tetapi mempunyai sayap seperti burung. Sosoknya digambarkan gagah dan perkasa serta bisa melindungi banyak orang. Bahkan dia mempunyai tubuh yang sangat besar sampai bisa menghalangi matahari!

Selain Garuda, ada pula makhluk mitologi yang disebut Lembuswana. Hewan suci ini adalah simbol Kerajaan Kutai dan menjadi kebanggaan di sana. Dia digambarkan memiliki kepala singa, sayap elang, belalai gajah, dan bersisik seperti ikan. Lembuswana dipercaya tinggal di dasar Sungai Mahakam dan melindungi masyarakat Kutai. Bahkan sosoknya dibuat menjadi patung yang gagah di Kalimantan.

Gimana, Lembuswana dan Garuda nggak kalah keren kan dari Godzilla? Yuk kita lestarikan makhluk-makhluk mitologi ini dengan mempelajari sejarah Tanah Air. Siapa tahu kita bisa mengembangkannya menjadi sosok penting yang mewakili Indonesia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE