Apa yang paling penting dan dibutuhkan manusia dalam menjalani kehidupan sosial adalah komunikasi. Kita mengungkapkan apa yang kita ingin sampaikan kepada lawan bicara dengan bahasa. Masalahnya bahasa yang ada di dunia ini bermacam-macam. Untungnya ada kamus dan piranti lunak translator seperti Google Translate. Namun, apa iya kita kemana-mana harus nenteng kamus atau menatap layar smartphone dengan cermat supaya bisa ngobrol sama bule?

Baru-baru ini sebuah perusahaan bernama Bragi meluncurkan sebuah produk berbentuk perangkat alat bantu dengar earbud. Uniknya produk yang diberi nama Bragi Dash Pro tersebut dilengkapi fitur yang memudahkan kita untuk menerjemahkan 40 bahasa di dunia. Dilansir dari Futurism, yuk simak bareng-bareng laporannya bareng Hipwee News & Feature.

1. Bragi Dash Pro, earbud translator ini dibekali mikropon untuk input suara yang akan dialih-bahasakan

Advertisement

Earbud (earphone) umumnya hanya bisa lakukan hal yang sederhana, sebut saja seperti mendengarkan musik lewat gawai. Lain halnya dengan Dash Pro ini. Kalian bisa me-translate berbagai bahasa. Tentunya alat ini dengan dilengkapi mikrofon yang bisa merekam apapun yang ingin kalian terjemahkan. Bahasa input nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk suara atau teks dari bahasa asing yang diinginkan.

2. Nggak hanya menerjemahkan 40 bahasa dengan cepat, earbud canggih ini semakin cerdas berbekal teknologi AI di dalamnya

Earbud keren ini juga dilengkapi dengan teknologi terkini yaitu AI, sebuah teknologi kecerdasan buatan yang menghebohkan dunia dengan kecanggihannya. Fungsinya di perangkat ini menjadikan earbud Dash Pro lebih sensitif mengamati kegiatan pengunanya. Earbud ini bisa tahu kalau kalian lagi berjalan, naik sepeda bahkan berenang.

3. Cara kerjanya pun cukup mudah, berkat AI kalian akan dipermudah dengan fitur handsfree

Cara kerjanya pun cukup mudah, earbud ini bahkan nggak membutuhkan piranti lain untuk digunakan. Kalian hanya tinggal menekan tombol earbud sebelah kiri untuk merekam dan tekan lagi untuk mengakhiri rekaman. Setelah itu mikrofon akan memproses hanya dalam waktu kurang dari 5 detik, kata-kata yang kamu ucapkan bakal ter-translate. Jika kalian ingin penggunaan yang lebih maskimal maka gunakan piranti lunak lainnya seperti The Dash yang dihubungkan ke iTranslate. Dengan AI kalian juga dapat mengontrol beberapa perintah hanya dengan menggeleng dan mengangguk saja lho.

4. Nggak perlu koneksi internet kenceng, bahkan ada juga yang bisa fitur terjemahkan offline lho…

Advertisement

Penggunaan baterainya pun irit lho, cuma butuh sekali charge untuk 5 jam penggunaan. Jangan kahwatir soal sinyal yang lemah, earbud ini tergolong ringan dan tak banyak membutuhkan sinyal elektrik. Kalian yang ingin fitur terjemahan offline baiknya gunakan piranti The Dash dan iTranslate PRO deh, jadi lebih praktis kan kalo mau kemana-mana.

5. Sayangnya, kalau mau translate bahasa Indonesia masih perlu piranti tambahan

Nah dengan iTranslate yang terhubung dengan The Dash kalian bisa mentranslate lebih dari 40 bahasa,termasuk Bahasa Indonesia. Selain itu kalian juga bisa mengatur output bahasanya dalam bentuk teks atau audio.

6. Harganya 5 jutaan, earbud ini juga bisa buat dengerin musik dan punya kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Harganya lumayan tinggi untuk sebuah earbud, tapi jelas harga yang pas untuk sebuah piranti praktis penerjemah bahasa. Earbud ini juga memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 4GB yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan lagu dan lainnya. Earbud ini bisa kamu hubungkan ke perangkat Android, Apple dan Windows, yang pasti fungsinya pun bertambah.

Wah ternyata harganya lumayan mahal nih, tapi terserah kalian deh, mahal atau tidaknya tergantung kebutuhan. Kalian traveller mungkin membutuhkan ini, apalagi kalo kalian suka travelling ke luar negeri. Daripada ketipu atau nyasar di tempat asing ya mending nentng kamus atau bawa yang piranti macam Bragi Dash Pro ini deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya