Mengenal Lebih Dalam Hojicha, Teh Asli Jepang yang Katanya Bakal Menyalip Popularitas Matcha

Hojicha

Siapa sih yang sekarang nggak kenal atau tahu rasa matcha? Dari es krim, martabak, roti bakar bandung, dan segala snack kekinian hampir pasti punya varian rasa matcha. Bubuk teh hijau asli Jepang ini bisa dibilang sudah mendunia. Negara yang satu ini memang sangat terkenal dengan kultur minum dan produksi tehnya. Bukan cuma matcha aja, Jepang punya banyak banget jenis teh dengan rasa dan warna yang beragam. Salah satunya adalah hojicha. 

Advertisement

Nah, menurut laman Japan Times ini, hojicha bakal jadi ‘the next big thing‘ mengikuti popularitas matcha. Mungkin ada diantara kamu yang sudah pernah coba hojicha karena memang mulai banyak tuh dijual jadi varian rasa minuman boba atau latte. Walaupun warnanya tidak hijau seperti matcha, hojicha itu juga termasuk teh hijau lo! Penasaran soal teh yang diprediksi bakal meledak popularitasnya kayak matcha ini?! Baca deh sampai abis!

1. Sama-sama berasal dari tanaman yang sama, hojicha pada dasarnya adalah teh hijau yang disangrai hingga warnanya kecoklatan

Jenis-jenis teh hijau di Jepang, kalau matcha sih bentuknya bubuk via senbirdtea.com

2. Dulunya, orang Jepang membuat Hojicha dengan cara disangrai di dalam pot keramik di atas bara api. Dengan cara ini, teh bisa bertahan lebih lama

Hojicha bisa lebih lama bertahan dibanding teh hijau lainnya  via magazine.job-like.com

Advertisement

3. Karena proses pengolahannya tersebut, aroma hojicha lebih menenangkan dengan sensasi smoky. Berbeda dengan matcha atau teh hijau lain

Aromanya menenangkan via www.theswellelife.com

4. Hojicha juga memiliki kadar kafein yang lebih rendah dari matcha dan teh hijau lo! Sehingga lebih aman untuk penderita mag

Kadar kafein hojicha lebih rendah via itsmorethantea.wordpress.com

5. Mengkonsumsi teh hojicha juga mampu menjaga stamina tubuh karena mengandung vitamin C 5 kali lebih banyak daripada lemon

Advertisement

6. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, hojicha baiknya diseduh dengan suhu ideal 79-85 derajat selama 30-90 detik

Hojicha diseduh dengan suhu ideal via www.youtube.com

7. Selain diseduh, hojicha juga dapat diolah menjadi es krim dan minuman dingin

Olahan hojicha via jp.tp-tea.com

8. Hojicha juga nikmat dijadikan tambahan rasa pada dessert seperti pancake

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai  hojicha yang beraroma lembut yang tak kalah bermanfaat dengan matcha dan teh hijau. Bagaimana? Banyak banget kan manfaat yang ditawarkan minuman khas negeri sakura satu ini? Masih yakin nggak mau nyobain?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE