5 HP Android Lawas Ini Pernah Ngetren di Indonesia Pada Zamannya. Kamu Sempat Pakai yang Mana?

HP android lawas

Nggak dimungkiri lagi bahwa saat ini HP berbasis Android memang menjadi salah satu kemajuan teknologi yang banyak digunakan oleh publik. Pilihan merek dan fitur yang bermacam-macam menjadi keunggulan tersendiri dalam bidangnya masing-masing. Tapi kamu inget nggak sih, zaman di mana HP Android baru awal-awal muncul dan dipasarkan di Indonesia? Tentunya nggak banyak pilihaan dan selengkap seperti saat ini.

Advertisement

Meski begitu, ada beberapa merek dan jenis HP Android yang dulu sempat ngetren di kalangan pengguna Indonesia. Bisa dibilang, gadget-gadget itu menjadi barang legend bagi anak gaul beberapa tahun silam. Kamu pun mungkin menjadi salah satu sejarah paling berharga itu. Coba diputar lagi memorinya, kamu pernah pakai yang mana dari HP Android lawas di bawah ini?

1. Sebagai sobat gaul lawas yang melek dunia gadget, kamu pasti pernah melihat atau malah memiliki Samsung Galaxy Y

Samsung Galaxy Y via www.youtube.com

Gadget keluaran tahun 2011 ini memang menjadi HP berbasis Android yang beken banget pada masanya. Saat pertama kali dirilis di pasaran Indonesia, produk Samsung yang satu ini benar-benar booming dan laris banget. Apalagi mengingat harga yang dibanderol pun cukup murah, yaitu cuma sekitar satu jutaan aja. Meski layarnya memang kecil dan masih jauh banget dengan spek Android sekarang, Galaxy Y ini cukup menjadi pesaing berat Blackberry pada masa itu.

2. Di urutan kedua, yang nggak kalah booming pada masa itu adalah Samsung Galaxy Mini

Samsung Galaxy Mini via www.androidcentral.com

Masih berasal dari satu merek yang sama, rupanya dari dulu Samsung memang menjadi pelopor HP berbasis Android. Tipe pendahulu Galaxy yang satu ini juga nggak kalah booming dari saudaranya, Galaxy Young alias Galaxy Y. Diluncurkan dalam tahun yang sama dengan Galaxy Y, tipe Galaxy ini mengusung Android tingkat 2.2 Froyo. Dengan dukungan kamera 3 MP, HP ini dulu memiliki banyak penggemarnya sendiri. Harganya pun juga cukup murah untuk Android pada kelasnya.

Advertisement

3. Setahun kemudian, muncul produk Android dari merek lain. Ya, dialah Smartfren Andromax E860

Smartfren Andromax via fjb.kaskus.co.id

Pada tahun 2012, muncul Android dari merek lainnya, yaitu Smartfren Andromax tipe E860. Meski nggak se-booming dengan produk Android dari Samsung, tapi gadget ini lumayan banyak juga lo peminatnya. Asal kamu tahu, HP ini adalah jenis HP berbasis Android pertama yang dikeluarkan oleh Smartfren. Harganya pun berada jauh dari Samsung Galaxy Y dan juga Galaxy Mini, yaitu hanya di bawah satu jutaan. Kekurangannya, dulu HP ini cuma bisa menggunakan kartu Smartfren aja.

4. Kembali lagi ke produk Samsung, pada tahun 2012 kita dihebohkan dengan muculnya Samsung Galaxy S3. Langsung auto laris di pasaran!

Samsung Galaxy S via www.youtube.com

Sejak awal kemunculannya hingga seri terbarunya saat ini, Samsung dengan tipe S memang selalu sukses dan laris di berbagai pasar teknologi. Pada tahun 2012 lalu, Samsung meluncurkan seri S pendahulunya yaitu Samsung S3. Memiliki spesifikasi yang melompat tinggi, gadget ini sempat merajai dan mengalahkan HP berbasis Android dari merek-merek lainnya. Dulu sih kalau udah punya ini rasanya keren banget.

5. Beberapa waktu kemudian, jejak Android akhirnya pun juga diikuti oleh merek lainnya. Pada tahun 2014 Asus merilis Zenfone 4

Advertisement

Asus Zenfone 4 via www.jakartanotebook.com

Mau bagaimanapun idealisme suatu merek, rupanya perkembangan teknologi nggak bisa ditinggalkan begitu saja. Nggak lama setelah kesuksesan Samsung dalam meluncurkan produk Android, jejak itu akhirnya diikuti oleh merek lainnya, salah satunya adalah Asus. Pada tahun 2014 untuk pertama kalinya Asus merilis produk Android dengan tipe Zenfone 4. Meski cuma memiliki daya kapasitas baterai sebesar 1.600 mAh, gadget satu ini juga nggak kalah laris di pasaran.

Berikut tadi adalah lima HP Android lawas yang pernah booming dan banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia pada zamannya. Meski sekarang udah mengalami banyak perubahan, kenangan dengan gadget-gadget tersebut rasanya beda banget nggak sih? Namanya juga baru pertama kalinya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE