4 Fitur Pintar Smartphone yang Harus Dimaksimalkan karena Bisa Dukung Aktivitas Jadi Dinamis

Fitur pintar di smartphone

Tersedianya berbagai fitur pintar yang memudahkan pada smartphone menjadi alasan kenapa perangkat telekomunikasi tersebut digandrungi banyak orang. Hal itu pula yang bikin eksistensi feature phone tersingkir karena cuma bisa telepon dan SMS saja.

Advertisement

Tapi meski begitu, masih banyak loh pengguna yang nggak tahu keberadaan beberapa fitur pintar di smartphone. Ketidaktahuan tersebut membuat teknologi yang ada jadi nggak berjalan maksimal, padahal kegunaannya bisa memudahkan aktivitas. Nah biar teknologi di smartphone-mu nggak sia-sia, berikut 4 fitur pintar yang umumnya dimiliki semua gawai pintar, dan bisa dimaksimalkan penggunaannya.

1. Memudahkan membuka aplikasi dengan bantuan Smart Assistant

Smart Assistant (Foto: dok. OPPO) via www.oppo.com

Semua smartphone berbasis Android kekinian pasti sudah menyematkan asisten cerdas di setiap perangkat. Tugas asisten cerdas atau smart assistant adalah memudahkanmu saat ingin membuka sebuah aplikasi dengan cepat. Fitur ini bekerja menggabungkan informasi seperti cuaca, catatan acara, bahkan kontak favorit. Jadi nggak perlu repot buka daftar kontak untuk menghubungi seseorang. Kamu juga bisa mengatur aplikasi apa saja yang diperlukan ke dalam asisten cerdas ini. Kalau pada perangkat OPPO A12, kamu bisa membuka asisten cerdas hanya dengan menggeser layar home screen ke arah kanan.

2. Smart Sidebar yang bisa dukung multitasking

Smart Sidebar (Foto: dok. OPPO) via www.oppo.com

Kalau kamu punya mobilitas yang tinggi saat menggunakan smartphone, maka diperlukan fitur bernama Smart Sidebar agar bisa multitasking dengan lancar. Fitur yang cukup sederhana ini bisa mempercepat pencarian file, membuka aplikasi kamera, album foto, screenshot, hingga aplikasi media sosial. Untuk membuka fitur Smart Sidebar pada perangkat OPPO cukup dengan menggeser ikon garis putih yang ada di sisi kanan layar ke arah kiri. Kalau fitur tersebut belum aktif di perangkatmu, tinggal buka [Settings] > [Smart & Convenient] > [Smart Sidebar] > lalu aktifkan.

Advertisement

3. Fitur Smart Driving yang membantu berkendara dengan aman

Smart Driving – Foto via gadgetren.com via gadgetren.com

Selain bisa menampilkan peta digital biar kamu nggak nyasar, smartphone juga bisa membantumu berkendara dengan aman lewat fitur sederhana bernama Smart Driving. Dengan mengaktifkan fitur tersebut selama berkendara, smartphone akan memblokir setiap notifikasi dan pesan. Jika ingin menjawab panggilan telpon bisa dilakukan dengan kontrol suara. Dengan itu kamu bisa tetap fokus ke jalanan dan menghindari bahaya kecelakaan. Untuk mengaktifkan fitur tersebut cukup masuk ke menu [Settings] > [Smart & Convenient] > [Smart Driving] lalu mengetuk [Turn On Smart Driving]. Di bagian pojok kanan atas layar akan tampil ikon yang menandakan fitur aktif. Nah, buat yang pengendara motor, ada juga fitur Riding Mode yang fungsinya mirip Smart Driving.

4. Fitur Game Assistant buat para gamers

Game Assistant – Foto via urbandigital.id via urbandigital.id

Untuk para gamers, fitur yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Fitur Game Assistant bisa kamu maksimalkan kalau mau lebih fokus saat bermain. Lewat fitur ini smartphone kamu bakal membatasi notifikasi, panggilan telpon atau pop-up pesan yang biasanya muncul di layar. Untuk mengaktifkannya kamu hanya perlu membuka menu [Settings] > [Game Space] > lalu ketuk aktifkan ikon [Game Assistant].

Nah, itu dia 4 fitur pintar yang umumnya ada di setiap smartphone, dan bisa dimaksimalkan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE