Kalau langit jadi gelap dan dipenuhi awan mendung, kita pasti bakal bersiap-siap bawa payung, jas hujan, atau menyalakan wiper mobil. Biar nggak kebasahan dari air hujan. Tapi tampaknya tidak ada yang bisa bersiap-siap dari hujan yang terjadi di Cina minggu lalu. Bukan hanya rintik-rintik air, hujan di kota pesisir Qingdao bagian timur Cina dipenuhi berbagai hewan laut seperti udang, cumi-cumi, dan bintang laut! Sebagaimana dilansir dari Bussiness Insider, bahkan banyak seafood ini akhirnya tersangkut di kaca mobil warga yang sedang melintas.

Peristiwa yang jelas sangat aneh ini langsung didokumentasikan warga setempat melalui berbagai platform media sosial dan jadi viral. Meski banyak yang tidak percaya, ‘hujan hewan’ sebenarnya bukan pertama kali terjadi. Pada tahun 2015 lalu, hujan laba-laba juga terjadi di Australia. Daripada hujan laba-laba, mending hujan seafood kali ya~Kok bisa ya terjadi hujan-hujan aneh semacam itu? Kira-kira apa penyebabnya? Yuk simak bareng ulasan Hipwee News & Feature kali ini!

Fenomena aneh ini terjadi ketika hujan lebat dan badai sedang menyerang kota Qingdao  . Tiba-tiba saja hewan-hewan laut ikut turun dari langit

Advertisement

Menurut postingan viral seperti @YM_Ghost, berbagai hewan laut seperti cumi-cumi, udang, kerang, dan bintang laut turun dari langit ketika hujan lebat dan angin kencang terjadi di kota Qingdao minggu lalu. Hewan-hewan ini tampak terbawa air hujan dan menyangkut di kaca mobil orang-orang. Meski ada juga yang meragukan keaslian foto-foto ini, seperti bagaimana Insider menyatakan bahwa gambar cumi yang terbang secara dramatis itu mungkin diambil dari stockphoto, ‘hujan hewan’ ini memang sudah beberapa kali terekam terjadi di berbagai belahan dunia. Alias bukan hoax dan benar-benar terjadi.

Tapi hingga saat ini meski masih kesulitan menjelaskan secara pasti kenapa bisa terjadi ‘hujan hewan’, para ahli punya beberapa teori.

Penjelasan pertama berhubungan dengan cuaca ekstrem seperti angin kencang atau puting beliung di laut yang menerbangkan hewan-hewan di perairan ke darat

Jelas tidak turun dari langit, tapi mungkin diterbangkan oleh angin kencang via www.ladbible.com

Advertisement

Hujan terjadi karena uap air dari permukaan bumi yang akhirnya mendingin dan mengembun lalu turun kembali menjadi air. Nah hewan apapun sebenarnya terlalu berat untuk terangkat ke langit dalam proses penguapan, jadi tidak mungkin ada hewan yang bisa turun dari langit layaknya air hujan. Namun sebagaimana dilansir dari National Geographic, para ahli berpendapat bahwa hewan-hewan itu mungkin saja diterbangkan oleh angin kencang atau fenomena ekstrem lain seperti tornado yang terjadi di dekat laut.

Ya meskipun belum ada bukti nyata seperti rekaman ketika hewan-hewan ini terangkat oleh angin dari laut, secara ilmiah, teori ini sangat mugkin. Apalagi di kota Qingdao memang sedang terjadi badai dengan angin kencang, sebagaimana dijelaskan teori ini. Bahkan ada yang bilang sebenarnya, seafood itu bertebangan dari pasar ikan di daerah sekitar. ‘Hujan laba-laba’ yang terjadi di kota Goulburn, Australia, pada tahun 2015 lalu juga sebenarnya bukanlah hujan tetapi jutaan bayi laba-laba berjalan di jaring tipis yang tidak terlihat.

Tampak seperti hujan laba-laba via thehookmag.com

Begitulah kira-kira fakta seputar hujan hewan laut yang baru saja menggegerkan dunia. Meskipun ada teori maupun penjelasan ilmiah yang mungkin, sampai sekarang belum ada bukti nyata atas teori-teori itu. Tapi terlepas dari itu semua, tetap saja fenomena aneh ini layak dipelajari lebih lanjut. Apalagi dengan semakin seringnya terjadi cuaca ekstrem di mana-mana, bisa jadi hujan-hujan aneh seperti ini juga akan semakin sering terulang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya