Ikuti Protokol Physical Distancing, Amazon Luncurkan Troli Pintar Agar Pembeli Nggak Perlu Antri

Amazon Dash Cart

Kemajuan peradaban manusia selalu ditandai dengan munculnya teknologi baru. Mungkin hari ini kita belum merasakan kemajuan teknologi secara langsung, namun tanpa kita sadari manusia berhasil beradaptasi dan mengubah dunia secara perlahan.

Advertisement

Seperti kita tahu, hari ini peradaban manusia sedang melawan virus corona. Banyak kebiasaan hidup kita berubah dibuatnya. Salah satu hal yang paling mencolok adalah penggunaan masker dan menerapkan protokol jaga jarak atau biasa disebut physical distancing. Untuk mendukung kebiasaan baru tersebut perusahaan e-commerce ternama Amazon meluncurkan sebuah teknologi baru bernama Amazon Dash Cart.

Untuk maksimalkan protokol jaga jarak, perusahaan Amazon meluncurkan troli pintar bernana Amazon Dash Cart yang akan ditempatkan di toko mereka

Troli pintar Amazon bernama Amazon Dash Cart via properti.kompas.com

Di masa pandemi yang mengharuskan kita menjaga jarak, perusahaan e-commerce Amazon meluncurkan teknologi baru berupa troli pintar yang bernama Amazon Dash Cart. Troli berwarna hijau hitam ini akan memungkinkan orang yang berbelanja nggak perlu mengantri dan membayar langsung lewat kasir. Dengan menghilangkan proses antri ini, kini kita bisa maksimal melakukan protokol jaga jarak atau physical distancing.

Troli pintar yang dikembangkan Amazon ini dilengkapi dengan kamera yang dapat mengidentifikasi barang ketika ditempatkan di dalam troli. Kendati begitu Amazon Dash Cart ini nggak bisa menampung jumlah belanjaan yang besar. Kamu hanya bisa menyimpan belanjaan kecil dengan jumlah yang nggak banyak sekitar 1 atau 2 kantong saja. Menurut pihak Amazon, troli pintar ini akan tersedia di toko Amazon offline di Woodland Hills, California. Meski begitu belum ada informasi lanjutan soal kapan tepatnya Amazon Dash Cart mulai dioperasikan, seperti dilansir dari Kompas.

Terus, gimana cara kita berbelanja dengan menggunakan Amazon Dash Cart?

Troli otomatis dilengkapi kamera dan layar harga otomatis via www.deccanherald.com

Hal pertama yang harus kamu punya adalah akun Amazon. Setelah itu mereka harus memindai kode khusus yang tersedia di aplikasi Amazon tersebut. Dengan kamera yang telah dijelaskan di atas, nantinya troli ini akan secara otomatis mengidentifikasi barang yang dibeli dan memasukan harganya.

Nah kalau membeli produk segar seperti daging dan sayuran, nantinya pembeli harus mengetikan sebuah kode 4 digit dan kuantitas barang yang mencatat berat dan harga barang. Menariknya lagi, troli ini juga secara otomatis menyediakan kupon diskon dan memberikan potongan bagi barang-barang yang didiskon. Setelah selesai belanja, pembeli tinggal memindai kode QR yang ada di troli untuk mengetahui total harga. Setelah itu kwitansi pembayaran akan dikirim secara otomatis melalui e-mail dan pembeli tinggal membayar secara online dengan akun Amazon masing-masing. Dengan begitu pembeli nggak perlu antri dan lebih aman berbelanja saat pandemi corona.

Wah keren banget ya teknologi baru dari Amazon ini. Semoga saja nanti troli belanja ini bisa dikembangkan dan diproduksi secara massal. Kebayang nggak sih di Indomaret atau Alfamart ada troli otomatis kaya gini?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE