Kabar gembira buat kamu yang sedang mengincar beasiswa di perguruan tinggi swasta (PTS). Karena mulai 30 Agustus 2018 kemarin, pendaftaran beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) 2018 telah resmi dibuka. Sebanyak 360 kuota beasiswa senilai Rp30 miliar dari 18 perguruan tinggi swasta (PTS) favorit di Jawa hingga Sulawesi siap diperebutkan.

Program beasiswa OSC sudah memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya. Minat PTS untuk memberikan beasiswa melalui program ini pun terus meningkat setiap tahunnya. Jadi, sayang banget kalau kamu nggak ikutan. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Beasiswa OSC tiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah PTS yang bergabung dan pelamar. Biaya pendidikan akan ditanggung oleh kampus seperti uang gedung dan biaya kuliah dari awal sampai selesai

Press Conference OSC 2018

Advertisement

“Kami sadar bahwa seluruh anak muda pasti punya mimpi untuk masa depan yang lebih baik. Untuk itu kami ingin turut serta dalam mempermudah anak muda Indonesia mewujudkan mimpi-mimpinya,” – ujar Direktur Utama Medcom.id, Mirdal Akib, pada Kamis (30/8/2018) di Jakarta.

Antusiasme yang mengikuti beasiswa OSC tiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada 2015 misalnya, jumlah PTS pemberi beasiswa hanya lima kampus di sekitar Jakarta dan Bandung. Kemudian jumlahnya meningkat dua kali lipat pada 2016, yakni menjadi 10 PTS yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Lalu pada 2017, program kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia ini bekerja sama dengan 12 PTS. Dan kini ada 18 PTS yang bergabung.

Beasiswa OSC ternyata disambut baik oleh pelajar di Indonesia yang ditunjukkan dengan antusiasme pendaftar yang sangat tinggi. Pada 2017 lalu misalnya, jumlah siswa yang mendaftar dan memperebutkan 240 kuota beasiswa di 12 PTS mencapai 42.000 siswa pendaftar. Dari 18 PTS, masing-masing akan memberikan 20 beasiswa hampir di seluruh program studi yang ada di kampus tersebut. Biaya pendidikan akan ditanggung oleh universitas, mulai dari uang gedung hingga biaya kuliah dari awal sampai selesai (S1).

Dengan beasiswa OSC, pelamar nggak perlu repot bola-balik ke kampus untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes karena semua dilakukan via online

semua dilakukan via online

Advertisement

“Saya harap Beasiswa OSC bisa ekspansi lebih luas lagi ke luar Jawa, agar siswa di luar jawa juga dapat menikmati kesempatan beasiswa ini,” – ungkap Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Purwadi Sutanto, pada Kamis (30/8/2018) di Jakarta.

FYI, OSC adalah kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh portal berita dan video Medcom.id. Beasiswa OSC ini hadir untuk memudahkan generasi penerus agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1 dengan beasiswa yang diberikan PTS yang bekerja sama dengan OSC.

Melalui beasiswa OSC, peserta nggak perlu datang lagi ke kampus untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung. Dengan sistem online, OSC mempersingkat dan mempermudah keseluruhan proses, mulai dari pendaftaran, hingga tes tahap awal dilakukan melalui sistem online.

ada 18 PTS yang bergabung

Berikut ke-18 PTS pemberi beasiswa di program Beasiswa OSC 2018:

1. Universitas Fajar (Unifa) Makassar
2. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)
3. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka)
4. Unika Atma Jaya Jakarta
5. President University
6. Universitas 17 Agustus 1945
7. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
8. Universitas Islam Malang (Unisma)
9. Universitas Gajayana
10. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
11. Universitas Maranatha
12. Telkom University
13. Institut Teknologi Nasional (Itenas)
14. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
15. Universitas Trisakti
16. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)
17. Universitas Mercu Buana
18. Universitas Gunadarma

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya