Misteri soal negara paling terisolasi sedunia, Korea Utara, selalu berhasil bikin orang-orang penasaran. Dengan zaman yang serba canggih bersama kemajuan teknologi yang tak terbatas, Korea Utara masih nyaman pada tempatnya. Meski kini teknologi internet sudah masuk Korea Utara, tapi nampaknya pemerintah tetap membatasi penggunaanya. Nggak kebayang kalau Indonesia yang menerapkan sistem ini, mungkin ‘kids zaman now‘ bakalan mulai demo di depan gedung DPR.

Pemuda dan generasi Z di Korea Utara mungkin nggak merasakan kemudahan seperti layaknya kita yang hidup di negara bebas. Dilansir melalui North Korea Tech, Korea Utara memiliki 6 kategori website dan masing-masing berisi beberapa laman yang bisa diakses di publik. Kaya apa sih penampakan websitenya? Bahkan ada situs pertemanan juga lho. Yuk cus simak uraian Hipwee News and Feature berikut!

Website khusus perusahaan dan bisnis di Korea Utara, seharusnya ini jadi ajang mengiklankan bisnis, tapi rasanya kurang atraktif

Tampilan website perusahaan asuransi Korut via knic.com.kp

Advertisement

Website perusahaan asuransi diatas menampilkan laporan dan informasi seputar asuransi. Peusahaan asuransi ini merupakan perusahaan resmi yang dipercaya Korea Utara untuk memberikan asuransi terkait perencanaan nuklir. Bener juga, kalau mereka yang bekerja jadi teknisi nuklir pasti sangat membutuhkan jaminan. Beberapa website lain yang terdapat dalam sektor bisnis Korea Utara ini diantaranya perusahaan asuransi, kenotariatan, perusahaan farmasi, perusahaan mobil, perusahaan telekomunikasi, dan bank.

Bisa lihat video dan gambar seputar Korea Utara via knic.com.kp

Website kebudayaan di Korea Utara, ada website soal masakan, buku, film dan kesenian di Korea Utara

Website yang brisi poster propaganda Korea Utara via www.koreanposters.com

Selain soal seni rupa, ada juga website soal memasak yang menampilkan resep-resep dan makanan khas Korea Utara. Ada pula website seputar film, buku, dan kesenian lainnya. Berikut ini adalah website yang bisa diakses berkaitan dengan budaya di Korea Utara. Bahkan kalau kamu melihat-lihat posternya, banyak banget ‘ajakan’ buat memerangi dan membunuh Amerika.

Advertisement

Website pemerintah dan non pemerintah. Bahkan ada website mirip media sosial yang khusus dirancang oleh pemerintah

Website yang dikelola pemerintah ini kebanyakan berisi pemahaman soal Korea Utara. Tujuannya untuk menunjukan pada dunia bahwa Korea Utara adalah negara yang paling unik dan memiliki banyak kearifan. Tapi website untuk menjadlin pertemanan tampak boring banget. Yakin deh kamu pasti akan pilih buka Facebook atau Instagram.

Website pertemanan di Korea Utara via friend.com.kp

Website yang dikelompokkan dalam sektor ini ada yang menampilkan lembaga pemerintahan, ada pula yang sifatnya non pemerintah. Namun tujuan dibuat website ini sebenarnya sama saja, untuk memperlihatkan Korea Utara di mata dunia bahwa mereka merupakan negara yang bisa diperhitungkan. Terbukti dengan hampir di setiap laman, mereka menampilkan pilihan bahasa yaitu Inggris dan Korea. Adapun beberapa website pemerintah dan non pemerintahnya adalah:

Website seputar berita dan media. Banyak berita seputar propaganda pemerintah Korea disini

Kim Jong Un idola! via www.kcna.kp

Di beberapa website berita dan media Korea Utara bahkan menyediakan lebih banyak pilihan bahasa. Conohnya pada Korean Central News Agency yang menyediakan bahasa Inggris, Spanyol, Jepang, Rusia, Cina, dan Korea. Ini nih daftar website berita Korea Utara kalau kamu kepo banget sama framing pemberitaan disana.

Korea Utara juga peduli dengan sektor pariwisatanya lho. Ada beberapa web khusus buat memamerkan pariwisata mereka

Siapa yang minta liburan ke Korut nih guys? via tourismdprk.gov.kp

Sayangnya memang nggak semua website yang mereka sediakan masih beroperasi sepenuhnya. Ada beberapa web yang nampaknya memang jarang sekali di-update dan bahkan ditutup. Tapi kalau kamu mau tahu lebih jauh soal liburan ala Korea Utara, coba deh buka website ini.

Terakhir, yang nggak boleh terlewatkan adalah bidang pendidikan di Korea Utara. Cuma ada 3 website soal pendidikan di sana

Universitas Kim Il Sung via www.ryongnamsan.edu.kp

Ketiga website ini berisi informasi soal pendidikan di Korea Utara. Kira-kira kamu pengen nggak menimba ilmu di Universitas Korea Utara? Siapa tau Kim Jong Un buka beasiswa. Wah! 😀

Gimana, udah jalan-jalan ke website-website khusus Korea Utara belum? Gimana nih tanggapanmu soal dunia maya-nya Korea Utara? Mengasyikan nggak tuh? Sayang banget ya kita nggak bisa punya sahabat pena dari Korea Utara yang bisa kita kenal lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Kalau ada pasti bakal seru tuh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya