Kampanye Akbar Prabowo di GBK Meriah dan Diklaim Datangkan 1 Juta Orang. Benarkah Klaim Tersebut?

Kampanye Akbar Prabowo-Sandi

Kampanye akbar Calon Presiden No 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berlangsung meriah pada hari ini, 7 April 2019 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Ribuan orang memadati tribun sampai memenuhi lapangan. Kampanye ini sendiri dimulai sejak dini hari dan diadakan sholat Subuh berjamaah di sana. Suasana gegap gempita menghinggapi kampanye akbar Capres No urut 2 ini.

Advertisement

Tak cuma Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, tokoh-tokoh partai koalisi pengusung pun hadir, kecuali SBY dan AHY dari Demokrat. Suasana riuh hadir di kampanye akbar kali ini. Mau tau seperti apa keseruan kampanye akbar dengan jargon #PutihkanGBK ini, yuk simak ulasan Hipwee News and Feature kali ini.

Kampanye akbar Prabowo punya jargon #PutihkanJakarta dan berlangsung begitu meriah sedari dini hari tadi di Stadion GBK, Senayan

kampanye akbar prabowo sandi via news.detik.com

“Saya sudah siapkan pidato yang tercatat, tapi nampaknya lebih baik saya bicara tanpa catatan. Saudara-saudara sekalian, tadi dilaporkan kepada saya oleh sekjen-sekjen koalisi Indonesia Adil Makmur, mereka orang-orang yang berpengalaman di bidang politik. Mereka mengatakan ini adalah rapat akbar politik terbesar dalam sejarah Republik Indonesia,” kata Prabowo di GBK, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Kampanye akbar pasangan nomer urut 2, Prabowo Sandi tampak meriah dan meramaikan linimasa media sosial satu hari ini. Peserta kampanye kompak datang dengan baju putih dan memenuhi stadion utama Gelora Bung Karno sejak dini hari. Dimulai dengan sholat Subuh berjamaah, kampanye akbar dipimpin langsung oleh Prabowo. Ia sendiri yang membuka kampanyenya dan berorasi diiringi gegap gempita para pendukungnya.

Advertisement

Prabowo klaim kampanye akbar kali ini dihadiri 1 juta simpatisan Prabowo-Sandi. Benarkah klaim tersebut?

kampanye akbar prabowo via twitter.com

“Panitia, berapa yang sudah dihitung hadir di sekitar Senayan? Berapa? Satu juta lebih,” seru Prabowo dalam kampanye akbar pagi tadi.

Tak bisa dipungkiri, jumlah massa yang hadir ke GBK sangatlah banyak hingga stadion tersebut tampak putih di setiap sudutnya. Simpatisan Prabowo memenuhi tribun dan juga lapangan rumput GBK. Sebuah jumlah massa yang cukup spektakuler. Apalagi di luarnya juga ada ribuan peserta yang tidak kedapatan tempat di dalam stadion.

Advertisement

Berdasarkan penjelasan Direktur Utama GBK Winarto bicara soal daya tampung Stadion Utama GBK, stadion ini punya 78.000 kursi. Lapangan rumputnya dan juga trek atletik seluas 13.000 meter persegi. Ringroad di luar stadion itu luasnya 5.000 meter persegi. Soal daya tampung, ia tak mau berasumsi.

Oke mari kita berhitung, anggap saja 1 meter persegi ditempati 3 orang sebagai batas nyaman orang berdiri, jumlah peserta kampanye Prabowo Sandi adalah sebagai berikut.

Oke, perhitungannya begini : 78 ribu kursi/orang + (13.000 meter persegi rumput dan trek atletik x 3 orang) + (5.000 meter persegi ringroad x 3 orang) = 132.000 orang. Kalau dipaksa untuk 4 orang per meter persegi jumlahnya tepat 150.000 orang.

Klaim satu juta massa yang hadir di GBK tentu tidaklah akurat melihat daya tampung GBK. Meski hal itu tidak mengurangi kemegahan dan kemeriahan kampanye Prabowo Sandi

stadion GBK via twitter.com

Bukan berarti mendiskreditkan kampanye akbar tersebut, namun klaim 1 juta orang bisa jadi agak berlebihan. Memang peserta yang datang juga banyak dari luar kota dan memadati kawasan GBK, namun tetap saja daya tampung stadion ini terbatas. Angka 130-150 ribuan terasa lebih realistis. Toh jumlah tersebut sudah cukup jadi konsentrasi massa yang cukup besar. Tanpa perlu dibesarkan hingga jutaan sekalipun, jumlah itu sudah luar biasa kok.

Satu catatan khusus, meski jumlahnya ratusan ribu, namun suasana tetap tertib dan kondusif. Semoga kampanye kedua pasangan calon makin damai ya di sisa hari kampanye. Selamat memilih teman-teman!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE