6 Peristiwa Viral di Indonesia Tahun 2019 yang Menguras Emosi. Semoga Tahun Depan Nggak Ada Lagi!

Kasus viral Indonesia 2019

Tahun 2019 akan segera berakhir hanya dalam hitungan hari. Selama setahun ke belakang ini, kita telah disuguhi berbagai macam kabar dan pemberitaan yang menghiasi media massa, mulai dari kabar politik, sosial, figur publik, hingga kasus-kasus lain bahkan yang remeh temeh sekali pun. Kalau soal yang receh-receh biasanya banyak diunggah di media sosial. Jadi bisa dibilang kita ini nggak pernah kekurangan informasi, tentunya setelah internet merajai.

Advertisement

Namun di antara semua itu ada beberapa kejadian viral yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia, sampai-sampai sukses menguji kestabilan emosi kita saking kejam, buruk, miris, atau irrasionalnya. Saking viralnya meski 2019 sudah hampir “tutup buku”, kejadian itu masih membekas di hati kita semua. Kira-kira apa saja sih peristiwa itu? Yuk, nostalgia tipis-tipis bareng Hipwee!

1. Tahun ini dibuka dengan rentetan peristiwa politik menjelang pemilu 2019. Setiap buka media sosial isinya kedua kubu saling berdebat, walau pada akhirnya Jokowi menarik Prabowo buat jadi Menhan. Yaelah…

Prabowo akhirnya juga merapat menjadi orang penting pada pemerintahan Jokowi via beritagar.id

Kita semua tahu, pemilu di Indonesia tahun ini menjadi salah satu pesta demokrasi dengan persaingan yang begitu sengit. Saking sengitnya, dari kedua belah pihak baik antara Jokowi maupun Prabowo saling lempar argumen hingga caci maki. Bahkan, masing-masing kubu punya sebutan negatif untuk kubu rivalnya (re: ‘cebong’ dan ‘kampret’). Namun, setelah membuat heboh seluruh masyarakat Indonesia, rupanya pada akhirnya Jokowi dan Prabowo menjadi satu.

Selain heboh karena rivalitas antar pendukung dari masing-masing kubu, pesta demokrasi di tahun ini juga heboh lantaran para caleg yang maju mencalonkan dirinya banyak yang merupakan mantan koruptor. Nggak main-main, jumlahnya pun mencapai 81 pada tingkat DPRD dan DPD yang tersebar di berbagai kota dan provinsi di seluruh Indonesia. Sebanyak 81 caleg tersebut juga berasal dari berbagai partai politik. Please, tahun depan jangan ada begini lagi.

Pesta demokrasi Indonesia tahun 2019 via www.merdeka.com

Sebenarnya masih banyak sih peristiwa politik yang jadi highlight tahun ini. Kalau kalian penasaran daftarnya bisa cek di sini.

2. Tahun ini rupanya jadi tahun terberat bagi saudara-saudara kita yang ada di Kalimantan dan Sumatera. Berbulan-bulan lamanya mereka harus hidup di tengah kepungan asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan

Asap akibat kebakaran lahan gambut di Desa Pengayuan, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, September 2019 lalu via nasional.tempo.co

Udara buruk dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatera dan juga Kalimantan beberapa bulan terakhir. Mereka dipaksa bernafas dalam kepungan asap karena kebakaran yang melahap berhektar-hektar hutan dan lahan di sana. Bahkan di Sumatera sampai diberlakukan status darurat bencana. Mirisnya hal tersebut terjadi justru karena ulah segelintir manusia yang tak bertanggung jawab. Akibatnya, ribuan penduduk mengungsi dan hewan liar terpaksa kehilangan habitat mereka.

3. Nggak hanya Sumatera dan Kalimantan, Jakarta juga sempat jadi sorotan karena kualitas udaranya yang begitu buruk akibat polusi. Warganet di sana sampai banyak yang mengunggah potretnya yang berlangsung selama beberapa pekan itu

Salah satu potret buruknya udara di Jakarta via mediaindonesia.com

Viralnya foto-foto yang menunjukkan buruknya kualitas udara di Jakarta ini pertama kali tersebar luas karena banyaknya warganet yang turut serta membagikannya. Puncaknya, pada pertengahan tahun 2019 lalu Jakarta dinilai sebagai kota paling berpolusi ketiga sedunia via Airvisual. Kebayang kan, gimana rasanya jadi masyarakat metropolitan, harus bergelut dengan udara kotor berhari-hari lamanya. Padahal banyak dari mereka yang harus beraktivitas di luar.

Advertisement

4. Beralih ke kasus kekerasan, seorang siswa SMP di Gresik sempat menggegerkan media sosial karena menantang gurunya

Kasus viral siswa SMP tantang guru via news.detik.com

Kasus kenakalan remaja selalu menyita perhatian banyak orang. Tahun ini ada seorang siswa SMP di Gresik yang viral pada Februari lalu karena menantang gurunya untuk duel. Mirisnya, kejadian tersebut tersebar luas karena video yang diambil dengan sengaja oleh salah seorang teman dari siswa tersebut. Ini adalah contoh pentingnya pendidikan moral bagi para pelajar Indonesia.

5. Tak hanya kasus siswa aniaya gurunya, ada pula sekumpulan pelajar yang menganiaya petugas kebersihan sekolah mereka

Korban penganiayaan segerombolan pelajar via www.liputan6.com

Selain di Gresik, kasus kekerasan pelajar juga terjadi di Takalar, Sulawesi Selatan. Kali ini sekelompok pelajar berjumlah 4 orang tega melakukan tindakan kekerasan terhadap seorang petugas kebersihan sekolahnya. Korban mengalami luka yang cukup serius pada bagian muka setelah beberapa kali dihantam menggunakan gagang sapu. Namun, pada akhirnya kejadian ini berakhir dengan cara kekeluargaan.

6. Ingat nggak sih tentang kasus TKI yang tertipu muka pacarnya karena berpacaran jarak jauh? Besok lagi jangan sampai ada yang begini ya 🙁

Antara kasihan tapi juga konyol. Kok bisa sih ya? via www.suara.com

Kasus yang terjadi di bulan Agustus ini sempat heboh dan menjadi pemberitaan di berbagai media. Bagaimana tidak, pria bernama Yusuf yang bekerja sebagai TKI di Korea ini telah menjalin hubungan jarak jauh dengan seorang perempuan yang menjadi TKW di Thailand. Ia jatuh cinta dengan perempuan itu lantaran fotonya yang begitu cantik. Namun setelah bertemu dan mengetahui paras aslinya yang sangat berbeda, Yusuf akhirnya membatalkan pernikahan yang telah mereka rencanakan karena merasa tertipu.

Itulah segelintir peristiwa yang mewarnai Indonesia di tahun 2019 ini. Meski banyak yang berwarna “gelap” tapi setidaknya dari kejadian tersebut dapat diambil pelajaran yang berharga di masa depan. Pesannya, di tahun 2020 nanti, jangan sampai ada kejadian-kejadian serupa terulang kembali. Yuk, sama-sama belajar dari kesalahan!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An amateur writer.

CLOSE