Meski Duitnya Tumpah-tumpah, 8 Orang Kaya Dunia Ini Punya Kebiasaan Hemat. Patut Dicontoh, Nih!

Orang kaya tapi hemat

Setiap kali melihat selebriti kaya raya liburan ke luar negeri pakai jet pribadi, atau melihat artis Hollywood makan di restoran mewah, yang sekali makan aja bisa menghabiskan jutaan rupiah, rasanya itu bukan suatu hal yang aneh. Nggak heran karena memang mereka punya uang berlebih. Yang aneh tuh kalau melihat orang yang sebenarnya biasa-biasa aja tapi malah memaksakan gaya hidup mewah cuma demi terlihat keren, biar kayak orang-orang berduit gitu.

Advertisement

Tapi bicara soal orang-orang tajir nih, ternyata nggak semua dari mereka itu punya kebiasaan bermewah-mewahan lo. Ada juga miliarder dunia yang hidupnya malah jauh lebih hemat dari kita-kita ini. Mereka nggak malu pakai barang-barang yang kita pun bisa banget beli. Penasaran siapa aja? Simak daftarnya berikut ini deh!

1. Pendiri Microsoft, Bill Gates, pernah terlihat memakai jam tangan yang bahkan harganya nggak sampai Rp200.000!

Bill Gates via www.nbcnews.com

Di saat perusahaannya sudah dikenal hampir seluruh penduduk bumi, Bill Gates jarang banget menunjukkan gaya hidup mewahnya. Gates bahkan pernah terlihat memakai jam tangan seharga $10 aja, atau sekitar Rp140.000! Gaya berpakaiannya pun sederhana banget. Terus nih, seperti dikutip di situs Money, Gates masih suka mencuci piring keluarganya setelah makan malam lo. Padahal dia mah bisa aja beli alat pencuci piring elektrik!

2. Sebelas-duabelas sama Bill Gates, Mark Zuckerberg, pendiri Facebook juga punya kebiasaan hemat. Mobilnya aja cuma Rp400-an juta

Mark Zuckerberg via www.wsj.com

Meskipun kenyataannya mampu-mampu aja beli puluhan mobil Ferrari atau Lamborghini, tapi Zuckerberg lebih memilih mengendarai Volkswagen GTI dengan transmisi manual. Harganya juga nggak lebih dari Rp500 juta. Waktu lagi bulan madu ke Italia sama istrinya, Zuckerberg juga pernah terlihat makan di McDonald’s berdua lo.

3. Charlie Ergen, pemilik Dish Network –jaringan televisi raksasa di Amerika– lebih memilih membawa bekal sendiri setiap ke kantor

Charlie Ergen via variety.com

Alih-alih membeli makan di restoran mewah, Ergen masih setia membawa bekal murah dan simpel setiap kali pergi ke kantor. Ergen dan istrinya juga masih tinggal di rumah lama yang mereka beli 20 tahun lalu. Bahkan saat lagi dinas ke luar kota atau negeri, Ergen nggak segan buat sharing kamar sama pegawainya! Wah, salut~

4. Mewarisi kekayaan ayahnya sang pendiri Walmart, tidak lantas membuat Jim Walton hobi foya-foya. Ia lebih memilih mobil pickup sederhana ketimbang mobil sport

Jim Walton via profilbos.com

Ayah Jim Walton, Sam Walton, adalah pendiri jaringan supermarket terbesar di AS, Walmart. Terlahir dari keluarga kaya raya yang asetnya mencapai miliaran dolar, tidak membuat Jim hobi foya-foya. Jim pernah terlihat berkeliling kota menggunakan mobil pickup Dodge Dakota yang usianya sudah lebih dari 15 tahun.

5. Saat banyak orang bermimpi bisa kemana-mana diantar sopir, orang terkaya di Meksiko ini justru lebih suka menyetir sendiri

Carlos Slim Helu via buzznigeria.com

Walaupun bisa menggaji seorang sopir profesional, Carlos memilih untuk tidak memakai jasa sopir. Ia lebih suka berkeliling kota menggunakan mobil Mercedez-Benz tua yang ia kendarai sendiri. Ia juga masih tinggal di rumah lamanya sejak 40 tahun lalu.

Advertisement

6. Pria di balik brand pakaian Zara, masih suka makan siang bareng karyawannya di kantin karyawan lo. Benar-benar bos yang rendah hati!

Amancio Ortega via fortune.com

Amancio Ortega, pendiri Inditex fashion group –yang menaungi brand-brand ternama, salah satunya Zara– dikenal sebagai bos paling humble di dunia. Gimana nggak, setiap makan siang, Ortega masih sering makan bareng karyawan di kantin karyawan. Ia juga tinggal di apartemen terselubung sama istrinya.

7. Ilmuwan sekaligus profesor di Stanford University, David Cheriton, paling anti sama yang namanya buang-buang makanan

David Cheriton via www.forbes.com

Setiap makan di restoran mahal, Cheriton akan menyimpan setengahnya untuk dimakan keesokan hari. Tak hanya itu, ia juga kerap menggunakan kantong tehnya lebih dari sekali, jadi habis menyeduh teh nggak langsung dibuang gitu.

8. Terakhir ada John Caudwell, miliarder asal Inggris yang mendirikan perusahaan ponsel Phones4U. Di balik kekayaannya, ternyata Caudwell masih suka potong rambut sendiri lo

John Caudwell via caudwell.com

Caudwell si “raja” ponsel di Inggris ini dilaporkan memiliki kebiasaan hemat di kesehariannya. Ia masih lebih memilih memotong rambutnya sendiri daripada harus ke barbershop mahal.

Wah, nggak nyangka ya kalau ternyata ada miliarder dunia yang masih bertahan hidup sederhana, padahal duitnya pasti tumpah-tumpah. Jadi ingat perkataan seorang pemain catur, Charles A. Jaffe:

“Bukan gaji Anda yang membuat Anda kaya, melainkan kebiasaan belanja Anda.”

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

CLOSE