Kamu mungkin sudah mendengar atau membaca berita di media-media bahwa posisi orang terkaya yang selama bertahun-tahun dipegang oleh Bill Gates, saat ini sudah bergeser. Posisi orang terkaya kini disabet oleh Jeff Bezos sebagai pemilik platform belanja online Amazon.com. Meski sudah tak lagi menyandang gelar orang terkaya di dunia, Bill Gates kembali dengan kabar yang membuat banyak orang tersentuh.

Bill & Miranda Gates Foundation, sebuah organisasi pendanaan yang didirikan oleh pemilik Microsoft tersebut kabarnya tengah membantu salah satu negara di Afrika, yaitu Nigeria untuk melunansi utang negaranya. Bukan karena Bill Gates berharap jadi presiden atau alih-alih pencitraan untuk dirinya sendiri lho. Ternyata dibalik pelunasan utang Nigeria, ada misi sosial yang ingin dilakukan Bill & Miranda Gates Foundation. Wah kok baik banget ya! Simak infonya di uraian Hipwee News & Feature berikut deh…

Orang terkaya kedua di dunia ini baru saja melunasi utang Nigeria sebesar 1,01 triliun

Bill Gates via www.bbc.com

Advertisement

Bill Gates yang mendirikan organisasi sosial bersama istrinya yaitu Bill & Miranda Gates Foundation kabarnya akan melunasi utang Nigeria pada Jepang. Dilansir melalui Quartz, besaran utang tersebut sejumlah 76 juta dollar Amerika atau setara lebih dari 1,01 triliun rupiah. Wow! Gates Foundation setuju melunasi utang Nigeria setelah yakin bahwa Nigeria memenuhi 80% persyaratan untuk dibantu. Utang ini dilakukan Nigeria terhadap pemerintah Jepang dan memasuki masa pelunasan dari 2017 hingga 20 ke depan.

Bukan demi alasan pencitraan, politik, bahkan promosi. Kucuran dana untuk Nigeria ini dilakukan Bill Gates demi pemberantasan penyakit polio

Vaksin polio Nigeria via qz.com

Pada 2012 lalu Nigeri bertarung mati-matian menghadapi penyakit polio yang melanda negaranya. Untuk itulah pemerintah Nigeria melakukan pinjaman kepada Jepang untuk kelengkapan pemberantasan polio. Benar saja, akhirnya pada pemerintah Nigeria konsisten dalam mengurangi angka penderita polio. Selama 2017 tidak ada catatan kasus baru akibat penyakit polio di Nigeria.

Pemberantasan polio adalah salah satu agenda besar dalam misi kemanusiaan Bill & Miranda Gates Foundation

Kunjungan Bill Gates ke Nigeria via buzznigeria.com

Organinasi yang digawangi Gates memang memiliki misi besar di bidang kemanusiaan, salah satunya adalah kesehatan. Polio adalah penyakit global yang sudah selama tiga dekade terakhir berusaha dibasmi. Dilansir melalui situs resmi Gates Foundation, mereka memang memiliki tujuan untuk membasmi polio di seluruh dunia. Sementara Nigeria tengah berjuang untuk kestabilan ekonomi negaranya di bidang lain, Nigeria bisa mempertahankan fasilitas kesehatannya tanpa perlu lagi memikirkan biaya pelunasan utang. Pelunasan yang dilakukan Gates Foundation hanya sebuah awal organisasi ini membasmi polio di seluruh dunia.

Bukan hanya misi kemanusiaan, Bill Gates memang termasuk kelompok orang terkaya yang berkomitmen membagikan semua kekayaannya demi menciptakan dunia yang lebih baik

Tidak merasa harus kaya sampai 7 turunan. via celebritywoods.com

Advertisement

Sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates memang dikenal sebagai orang yang hobi melakukan kegiatan fillantropi. Ia bahkan ingin menghabiskan sisa hidupnya untuk kegiatan kemanusiaan dan berbagi. Langkah awal yang ia lakukan adalah dengan mendirikan Bill & Miranda Gates Foundation dan berkomitmen melakukan banyak sekali kegiatan kemanusiaan untuk seluruh dunia. Nggak main-main, Bill Gates juga nggak ingin pekerjaannya di Microsoft bisa mengganggu kegiatan kemanusiaannya. Ia saat ini bekerja paruh waktu sebagai anggota dewan direksi.

Anak-anak Bill Gates pun kabarnya tidak keberatan dan malah bangga dengan komitmennya untuk membagi-bagikan hartanya demi kebaikan dunia. Meskipun tidak akan mewarisi semua hartanya, Bill Gates justru percaya anak-anaknya bisa mandiri dengan kekuatan mereka sendiri. Ya mungkin Bill Gates adalah salah satu orang yang merasa tidak harus kaya sampai tujuh turunan.

Konsep kekayaan itu memang mungkin berbeda-beda bagi tiap orang. Mungkin Bill Gates merasa lebih ‘kaya’ jika berbagi, sementara banyak juga orang kaya yang tidak pernah puas

Bill Gates saat kunjungan ke Nigeria via buzznigeria.com

Banyak orang di seluruh dunia ini yang menginginkan kekayaan dan harta berlimpah. Sejak hidup sebagai orang yang paling kaya di dunia, konsep kekayaan yang dimiliki Bill Gates bisa jadi berbeda dari orang kebanyakan. Dengan mendedikasikan seluruh hidupnya pada misi kemanusiaan dan berbagi sesama, kita juga bisa merasa lebih ‘kaya’ karena mampu membagi kebahagiaan. Tapi banyak juga orang yang sudah kaya namun tetap tidak pernah puas dengan kekayaannya. Merasa bahwa harta yang ia miliki selalu berkekurangan sehingga ia terus bersikeras mencarinya lagi dan lagi.

Hidup itu pilihan. Bill dan Miranda Gates memilih untuk ‘repot-repot’ mengurus problematika lain yang sebenarnya bukan sepenuhnya tanggung jawab mereka. Namun justru dengan cara inilah mereka bisa berbagi dan menyelamatkan banyak orangdi seluruh dunia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya