Sejak tanggal 29 Januari lalu Yook Sung-Jae yang  memerankan Yoo Deok-Hwa di drama Goblin, bersama beberapa artis Korea lain sedang berada di Padang untuk syuting acara Law of The Jungle. Yook Sung-Jae yang sedang berada di puncak popularitas memang jadi pusat perhatian. Seperti umumnya kedatangan idola dari luar negeri, para penggemar pun sudah menanti. Tapi ada yang luput diberitakan daripada serunya proses syuting acara, yaitu perlakuan fans yang membuat geram.

Menyentuh idola tanpa sungkan dan lupa untuk sopan. Apakah kita akan diam kalau ada orang asing pegang-pegang tubuhmu sembarangan?

itu orang, bukan boneka. Masa diuyel-uyel mukanya?

Itu orang, bukan boneka. Masa diuyel-uyel mukanya? via www.instagram.com

Colak colek

Colak colek via pann-choa.blogspot.com

Foto diatas diambil saat kru Law Of The Jungle tiba di bandara. Banyak orang sudah menunggu, dan pengawal yang teledor membiarkan penggemar menyentuh bintang idol. Terbawa kebiasaan minta salaman saat bertemu orang terkenal, penggemar berlaku keterlaluan. Mulai lengan, pundak, kepala, hingga wajah dicolek semua. Bahkan ada yang menyentuh wajah Yook Sung-Jae dengan kasar. Itu nyentuh apa nampar?

Advertisement

Mungkin ada yang mengelak bahwa itu sudah risiko menjadi idola yang menjadi ‘milik’ semua orang. Tapi idola juga manusia ‘kan? Banyangkan bila ada orang asing yang mencolek-colek tubuhmu seperti itu. Apa nggak mengganggu?

Ada juga yang mengejar mobil idola dengan motor demi sekadar menyapa. Meski cinta, tapi jangan norak apalagi juga membahayakan diri

Saking cintanya sampai mengejar mobil yang berjalan

Saking cintanya sampai mengejar mobil yang berjalan via m.pann.nate.com

Ada juga video yang menggambarkan dua orang yang sepertinya fans berat, mengejar taksi yang ditumbangi Sung-Jae dan Peniel dengan motor. Saat sudah sejajar, mereka kompak berteriak “OPPAAAAA!”. Entah apa yang diharapkan. Mungkin mereka ingin sang bintang membuka jendela dan balas menyapa. Sebegitunya ingin bertemu idola, sampai mengabaikan keselamatan nyawa. Bukan keren, tapi justru norak luar biasa.

Orang berjubelan berebut untuk berjumpa dengan artis yang datang ke Indonesia. Entah memang fans berat atau sekadar ikut-ikutan

Penggemar berdesakan via IG @ggiitamelia

Penggemar berdesakan via IG @ggiitamelia via www.instagram.com

Kedatangan bintang idola memang nggak terjadi setiap hari. Beda dengan artis Indonesia yang bisa dilihat dengan mudah, idol Korea belum tentu setahun sekali datang ke tanah kita. Mungkin itu juga yang membuat banyak orang berdesak-desakan di depan pintu. Menghadang tim dan idola untuk sekadar bisa melihat dari jarak dekat. Tak jelas juga apakah mereka semua memang fans nomor satu yang rajin menyimak kehidupan yang bintang hallyu, atau baru pertama kali mendengar nama BTOB dan sekadar ikutan histeris karena ada artis Korea datang.

Karena perlakuan yang ‘kelewat ramah’ ini membuat kita jadi perbincangan di luar negeri. Malu rasanya mendengar komentar fans BTOB dari Korea ataupun internasional

Melodies, fans BtoB

Melodies, fans BtoB di Korea maupun negara lain sampai menghujat fans Indonesia via www.soompi.com

Advertisement

Sudah diakui dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara yang ramah. Tapi keramahan kali ini sungguh kelewat batas. Karena aksi pegang-pedang sembarangan itu, tak hanya membuat malu fans lain di indonesia, tapi juga membuat fans dari negara asal dan internasional geram. Dalam sebuah website dibahas perlakuan yang kurang menyenangkan ini, dan semuanya mengutuk perbuatan yang tidak sopan. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa seharusnya tindakan ‘lancang’ itu diganjar penjara. Melodies, sebutan untuk fans boyband BTOB, bahkan berharap mereka tidak lagi datang ke Indonesia.

Budaya latah di Indonesia terkadang memang memalukan. Tapi banyak yang tak peduli, asal bisa terlihat hits dan tak ketinggalan zaman

Sukanya ikut-ikutan

Sukanya ikut-ikutan via unsplash.com

Barangkali ini ada kaitannya dengan budaya latah yang sudah mendarah daging di kita. Asal ada yang hits dan disukai banyak orang, lalu kita harus dan wajib mengikutinya. Saat masa-masa pilkada tiba, semua orang merasa wajib untuk ngetwit soal politik. Mulai dari politisi, pedagang, hingga anak-anak yang masih SMA. Saat isu skandal porno artis dalam negeri terungkap, semua orang berlomba-lomba menyumbangkan setidaknya satu cuitan. Dan saat ada artis Korea datang, tentu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tak boleh disia-siakan, karena pasti keren kalau fotonya bisa dipajang di instagram.

Ya, semuanya sudah terjadi, lantas bisa apa? Mari kita berharap Yook Sung-Jae oppa dan Peniel oppa tak kapok berkunjung ke Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya