Yuk, Kenalan Lebih Jauh dengan Gen-Sy yang Saat ini Berumur 1 Tahun

Ini adalah generasi yang unik karena didefinisikan bukan berdasarkan kelompok usia

Ada banyak definisi yang melekat pada generasi sekarang. Satu yang cukup menarik adalah definisi dari Gen-Sy yang dicetuskan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). 

Disebut menarik karena Gen-Sy didefinisikan bukan berdasarkan kelompok usia sebagaimana Gen X, Millennial, atau Gen Z. Lantas berdasarkan apa?

Yuk, kita kenalan lebih jauh. 

1. Gen-Sy itu apa, sih?

| dok. Gen-Sy

Dicetuskan pertama kali oleh SVP Marketing Communication Group PT Bank Syariah Indonesia Ivan Ally, Gen-Sy atau Generasi Syariah adalah generasi baru yang didefinisikan melalui karakternya. 

Gen-Sy adalah generasi yang melihat pentingnya sebuah keseimbangan dalam hidup, khususnya antara duniawi dan rohani. Oleh karena itu, generasi ini bisa meliputi yang muda sampai yang tua. 

Singkatnya, Gen-Sy adalah mereka dengan sudut pandang yang lebih matang dan paham keseimbangan. Contohnya, sneakers gonta-ganti tapi nggak lupa investasi. Kerja keras cari nafkah tapi nggak lupa ibadah. 

2. Gen-Sy didirikan tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda

| dok. Gen-Sy

Sesuai dengan tujuannya menjadi wadah bagi anak muda dan siapa saja mencapai serta meningkatkan keseimbangan hidup, Gen-Sy diresmikan tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2021. 

Tujuan didirikannya Gen-Sy salah satunya didasari oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 yang mengungkap kalau generasi muda Indonesia hari ini mengalami berbagai kesulitan dalam menemukan keseimbangan hidup. 

3. Yang sudah dilakukan Gen-Sy selama setahun terakhir

Salah satu webinar tentang keseimbangan yang digelar Gen-Sy | dok. Hipwee

Nah, sejak awal berdiri hingga kini, Gen-Sy dengan menggunakan pendekatan yang beragam, telah menjalankan berbagai aktivasi untuk membantu generasi muda Indonesia yang kesulitan dalam menemukan keseimbangan hidup. 

Aktivasi tersebut dimulai dari akun Instagram @guegensy yang menyediakan berbagai informasi dengan kemasan menarik mengenai keseimbangan hidup, micro-site guegensy.com yang berisikan artikel-artikel bermanfaat, hingga webinar beragam topik yang relevan dengan kondisi generasi muda hari ini. 

Melalui berbagai aktivasi tersebut, Gen-Sy telah memotivasi dan menginspirasi lebih banyak generasi muda Indonesia untuk mencapai keseimbangan hidup, terlihat dari jumlah kunjungan pada artikel yang dipublikasi dan juga peserta webinar yang digelar. 

4. Sobat Gen-Sy yang dapat hadiah di momen “Gen-Sy 1st Anniversary”

| dok. @guegensy

Didirikan pada 28 Oktober 2021, praktis saat ini Gen-Sy sudah berumur lebih 1 tahun. Untuk merayakannya, Gen-Sy pun telah menggelar kompetisi #GenSyversary pada 31 Oktober – 9 Desember 2022 lalu. 

Lewat kompetisi ini Sobat Gen-Sy diajak bikin video ngucapin “SUMPAH GEN-SY” sekreatif mungkin dan mengunggahnya di Instagram Feed atau Reels, untuk memenangkan beragam hadiah fantastis mulai dari uang digital, smartphone hingga sepeda listrik. 

Nah, dari ratusan peserta yang ikutan, Sobat Gen-Sy dengan nama pengguna @inmas_abdillah terpilih sebagai pemenang sepeda listrik Exotic, disusul @ranggadev yang memenangkan smartphone Redmi 10C dan @dillarstr untuk hadiah smartphone Poco C40.

Selain tiga nama di atas, ada lima orang juara pendukung yang berhasil memenangkan saldo uang digital senilai Rp150.000. Mereka adalah Sobat Gen-Sy dengan nama pengguna @senengnal, @kakrizki, @rizkikaananda06, @ai_miss_tri dan @jeje.moment.

Nggak hanya dalam momen “Gen-Sy 1st Anniversary”, Gen-Sy cukup sering menggelar kuis trivia dengan hadiah-hadiah menarik dan juga aktivasi kebaikan di Instagram seperti program donasi Peduli Cianjur. Melalui program ini, Sobat Gen-Sy hanya perlu follow dan ajak lebih banyak orang untuk follow @guegensy untuk berdonasi, loh.

Yup, setiap 1 follow yang masuk akan dikonversi oleh Gen-Sy menjadi donasi senilai Rp5.000. Hasil donasi yang terkumpul nantinya akan langsung disumbangkan melalui “Jadi Berkah” dan “BSI Maslahat”. Nah, program donasi ini dibuka sampai tanggal 31 Desember 2022.  So, buat kamu yang ingin berdonasi, yuk langsung follow Instagram @guegensy. 

Selain berkesempatan memenangkan hadiah menarik, di akun Instagram @guegensy yang jelas kamu bisa dapetin banyak informasi menarik untuk membantu mencapai dan meningkatkan keseimbangan hidup. 

Keseimbangan dalam berbagai lini kehidupan adalah hal penting yang harus senantiasa diupayakan, agar kita sebagai individu nggak hanya berfokus pada diri sendiri tapi juga orang lain, dan tidak hanya berfokus pada masa kini tetapi juga masa nanti.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor