5 Alasan Kenapa Antrean Toilet Cewek Seringkali Lebih Panjang Dibanding Toilet Cowok. Ada Risetnya!

Kenapa antrean toilet cewek panjang

Kalau kamu sering menggunakan toilet umum, apalagi di tempat yang ramai pengunjung seperti mal atau festival, pasti pernah menemui antrean yang panjang. Hampir semua orang benci banget sama situasi tersebut, terlebih kalau kondisinya udah kebelet sampai nggak bisa ditahan. Sambil ngantri dan berbete-bete ria, kadang kamu jadi merhatiin sekitar. Eh, kok antrean di toilet cewek nyaris lebih panjang dari antrean cowok, ya?

Advertisement

Situasi kayak gitu seringkali dikaitkan dengan asumsi kalau cewek emang senang berlama-lama dalam segala urusan. Namun ternyata, alasan itu cuma stereotip dan nggak relevan lo. Soalnya menurut penelitian, ada beberapa alasan logis kenapa antrean toilet cewek nyaris selalu lebih panjang dari cowok. Salah satunya karena cewek lebih mengedepankan kebersihan daripada cowok yang terkesan cuek. Dilansir dari The Conversation, berikut Hipwee Feature rangkum 5 alasannya. Simak!

1. Alasan kebersihan dan biologis seperti menstruasi membuat cewek kadang harus lebih lama di toilet daripada cowok. Iya, ganti pembalut, dan lain-lain itu ribet! Apalagi kalau ternyata “tembus”

Cewek punya alasan biologis pada saat tertentu dan mengharuskan sedikit lebih lama di toilet via theconversation.com

Studi mengatakan cewek lebih mungkin mencuci tangan dan menggunakan pengering tangan di toilet dibandingkan cowok. Dan penelitian juga menyebutkan kalau cowok ternyata menghabiskan waktu hanya sekitar 60 detik (untuk buang air kecil) di toilet. Sementara cewek menghabiskan sekitar 50% lebih lama yakni 90 detik. Selain karena cewek harus lebih memerhatikan kebersihan organ intim ketimbang cowok, fakta kalau setengah dari populasi cewek di dunia berada dalam usia menstruasi membuat mereka membutuhkan waktu lebih di toilet. Misalnya untuk ganti pembalut.

2. Belum lagi kadang, pakaian cewek jauh lebih kompleks dan berbeda dengan pakaian cowok. Cowok mah tinggal melorotin doang beres ya. Hehe..

Pakaian cewek yang cenderunh lebih ribet juga memakan waktu sedikit lebih lama via www.dailymail.co.uk

Gaya berpakaian cewek nyatanya sangat dinamis. Meski banyak juga cewek yang memilih bergaya kasual layaknya cowok dengan jins dan kemejanya, tapi secara umum cara berpakaian cewek masih tetap lebih kompleks dan ribet dibanding cowok. Seperti contoh, cewek kadang harus menggunakan lebih dari dua lapis bawahan untuk alasan kenyamanan atau sekadar gaya. Dan mereka butuh waktu lebih lama untuk membuka pakaian tersebut karena harus jongkok atau duduk saat buang air. Beda dengan cowok yang lebih praktis.

Advertisement

3. Desain toilet cowok lebih sederhana dengan penempatan sejumlah urinoir selain bilik toilet

Desain toilet cowok bisa menampung lebih banyak orang sekaligus via www.google.com

Lagi-lagi soal kepraktisan. Kalau diperhatikan, ukuran bangunan toilet umum cewek dan cowok itu nyaris sama lo. Tapi yang membedakan keduanya adalah desain. Desain toilet cowok dibikin lebih praktis dengan menempatkan beberapa urinoir di dinding, selain tentunya bilik toilet yang diutamakan untuk buang air besar. Hal ini jelas membuat toilet cowok bisa menampung lebih banyak orang dalam satu waktu. Sederhananya, kalau toilet cewek punya lima bilik dan beberapa cermin plus wastafel, maka toilet cowok punya lima bilik, tujuh urinoir dan satu cermin plus wastafel. Lebih banyak, kan~

4. Cowok lebih fleksibel untuk buang air kecil. Jadi daripada antre lama mereka bisa milih buang air di mana saja

Cowok dalam kondisi terpaksa dan aman bisa buang air di mana saja via www.discovermagazine.com

Sejatinya, cewek punya lebih banyak alasan untuk ke toilet, nggak cuma urusan buang air kecil atau besar aja. Nggak sedikit cewek yang ke toilet buat ganti pembalut, ganti pakaian, benerin bra, atau sekadar touch up. Beda dengan tujuan cowok ke toilet, mayoritas memang ke WC karena kebelet aja. Selain nggak makan waktu lama di dalam toilet, cowok yang sudah kebelet banget juga punya pilihan lain selain ikut mengular dalam antrean, yaitu buang air kecil di tempat lain, di balik mobil, semak-semak, atau mana aja asal aman.

5. Besar kemungkinan seorang ibu untuk membawa anaknya ke toilet, atau cewek yang ke toilet barengan sama temannya

Advertisement

Cewek kadang harus ajak anak ketika bepergian dan nggak jarang ke toilet bareng teman via www.thesun.co.uk

Karena menjaga anak bagi sebagian besar orang masih dianggap tugas cewek semata, maka nggak heran kalau besar kemungkinannya seorang ibu membawa serta anaknya ke toilet ketimbang seorang ayah. Hal ini jelas menambah durasi waktu yang ia habiskan ketimbang sendirian ke toilet. Selain itu ada pula kemungkinkan cewek yang datang ke toilet barengan dengan temannya, karena menurut studi, hal ini dilakukan cewek atas alasan keselamatan dan rasa aman.

Ternyata masalah antrean toilet cewek yang selalu lebih panjang dari antrean cowok ini udah jadi perhatian pemerintah di Hong Kong lo. Seperti dilansir South China Morning Post, ada peraturan pembangunan yang secara spesifik mengharuskan tersedianya toilet cewek lebih banyak dari toilet cowok, yakni sekitar 1,6 toilet cewek untuk setiap satu toilet cowok. Wah, implementasi pembangunan yang adil dan layak tiru nih. Nggak hanya setara, tapi bersikap adil dalam memenuhi kebutuhan cewek biar antreannya nyaman kayak cowok. Mantap jiwa!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

lebih menyukai titik. ketimbang koma,

Editor

An amateur writer.

CLOSE