Konflik Rusia-Ukraina Berpotensi Naikkan Harga Mi Instan, Anak Kosan Bersiaplah!

Konflik Rusia dan Ukraina bisa berpengaruh hampir di semua sektor

Invasi Rusia kepada Ukraina masih menjadi sorotan di berbagai belahan dunia. Negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin itu menyerang Ukraina dengan operasi militer sejak hari Kamis 24 Februari 2022.

Advertisement

Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina memang sangat memengaruhi hampir semua sektor di dunia. Mulai dari politik, ekonomi, industri film, sampai yang terbaru yakni sektor pangan.

Naiknya harga gandum

gandum

Photo by TymurKhakimov FollowMyPatreon from Pexels

Dilansir dari halaman Kompas.com, sejak panasnya ketegangan yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina, tercatat harga gandum yang mulai melesat tajam dan mencapai level tertinggi sejak tahun 2008. Kabarnya, harga gandum per gantang naik mencapai 10 USD.

Rusia dan Ukraina memang merupakan negara penghasil gandum terbesar di dunia yang menguasai 25 persen ekspor gandum dunia. Tidak heran jika kenaikan ini sangat berpengaruh terhadap harga-harga pangan yang berbahan baku gandum seperti mi instan.

Advertisement

Harga mi instan akan naik?

mi instan

Photo by Cats Coming from Pexels

Masih dikutip dari Kompas.com, Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI) yakni Adhi S. Lukman mengatakan bahwa saat ini produsen bahan pokok gandum masih terus mengikuti perkembangan harga ke depannya.

“Informasi masih minim. Karena sekarang produsen masih wait and see,” kata Adhi pada Jumat, 4 Maret 2022. Terkait dengan harga mi instan yang kabarnya akan naik, Adhi berujar bahwa pihaknya masih melakukan pembahasan dengan para pemangku kepentingan terkait. Perubahan harga juga tidak bisa diputuskan dengan mudah begitu saja.

Advertisement

“Industri produk jadi memang tidak bisa naik turun harga terlalu sering. Karena perubahan harga biasa harus runding dengan peritel,”  ujar Adhi.

Masih menurut Adhi, produsen juga sudah menyiapkan langkah untuk mencegah kenaikan harga mi instan. Naiknya harga merupakan pilihan terakhir bagi produsen.

“Baru setelah itu (berunding) berlaku harga baru,” ungkap Adhi.

Sobat mahasiswa bersedih jika harga mi instan naik

Kabar rencana kenaikan harga mi instan ini tentu membuat beberapa pihak cemas terutama bagi mahasiswa yang kesehariannya akrab dengan mi instan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa mi instan merupakan makanan yang menjadi favorit hampir semua kalangan terutama mahasiswa yang kebanyakan merantau dan jauh dari orang tua. Mi instan menjadi makanan alternatif yang lezat dan penyajiannya yang cepat.

Duh, semoga haga mi instan tidak jadi naik dan masih bisa kita nikmati dengan harga yang terjangkau, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE