Lebih dari 14 Ribu Pengguna Zenius Berhasil Lulus SBMPTN 2020 dan Siap Melanjutkan Pendidikan di Kampus Pilihan

Zenius

Platform pendidikan daring atau edu tech belakangan banyak bermunculan di Indonesia. Sebagai salah satu solusi belajar yang menyenangkan karena nggak kaku dan interaktif, inovasi di bidang pendidikan ini segera jadi primadona bagi banyak pelajar. Dengan metode yang mirip streaming film favorit dengan tambahan latihan soal, para pelajar bisa mendapatkan ilmu untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya dengan cara yang asyik.

Advertisement

Semangat platform edu tech membantu pelajar mencapai tingkat pendidikan selanjutnya dengan gemilang bukan isapan jempol belaka. Zenius, sebagai salah satu pionir edu tech yang memiliki program persiapan ujian, melalui riset pasca pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 Agustus lalu, mendapati lebih dari 14 ribu penggunanya berhasil lulus di berbagai perguruan tinggi negeri.

Lebih dari 14 ribu pengguna Zenius yang lulus SBMPTN akan melanjutkan pendidikan di 85 PTN dan 8 politeknik negeri di seluruh Indonesia

Co-founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS (dok. Zenius.net) via www.zenius.net

Co-founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS, mengatakan hingga tanggal 3 September 2020, survei kelulusan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi para pengguna Zenius telah mencatat sebanyak 14,521 pengguna berhasil lulus SBMPTN. Jumlah tersebut didapat dari lebih 24 ribu pengguna Zenius yang memberikan responnya. Selain itu ia menambahkan, dari total 713,230 peserta yang terdaftar mengikuti SBMPTN, 189 ribu di antaranya merupakan pengguna Zenius.

“Kami sangat bangga atas pencapaian dan respons yang diberikan para pengguna Zenius. Dari 713.230 peserta yang terdaftar di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, data internal kami mencatat bahwa setidaknya 189 ribu adalah pengguna Zenius. Selain itu, sejak bulan April terjadi kenaikan jumlah pengguna jelang SBMPTN yang meningkat lebih dari 300% dibandingkan tahun lalu,” jelas Sabda dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima, Kamis (3/9/2020).

Lebih lanjut Sabda menjelaskan dari 14 ribu pengguna Zenius yang berhasil lulus SBMPTN, akan mendapatkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri, dan 8 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia berharap manfaat pengajaran yang diberikan Zenius nggak berhenti sampai gerbang perguruan tinggi negeri, melainkan bisa terus membentuk daya nalar dan dasar kemampuan berpikir kritis yang akan berguna bagi masa depan.

“Harapan kami, lewat pengajaran yang diterima dari Zenius dapat membentuk daya nalar dan dasar kemampuan berpikir kritis dan saintifik yang akan berguna bagi masa depan mereka. Tak lupa kami ucapkan selamat bagi yang telah berhasil masuk ke PTN pilihan mereka, dan bagi peserta yang belum lulus, agar tetap semangat dan pantang menyerah untuk mengejar impian ke kampus-kampus pilihan,” imbuhnya.

Cerita pengguna yang sempat nggak yakin akan lulus SBMPTN sebelum kenal Zenius

Advertisement

(dok. Zenius.net) via www.zenius.net

Di tahun 2020 ini, UTBK yang hanya terdiri dari tes potensi skolastik membuat para peserta harus mengatur strategi baru dalam mempersiapkan diri. Zenius mencatat bahwa para pengguna yang mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK rata-rata mengalokasikan waktu selama 3 jam untuk belajar menggunakan Zenius, dalam rentang seminggu sebelum ujian.

Sementara itu, Atirotul Jannah, siswi SMAN 5 Bekasi yang berhasil diterima di jurusan Psikologi UGM mengatakan memang mengalokasikan waktu lebih banyak untuk membuka Zenius, apalagi persiapan menjelang UTBK berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang membuatnya nggak bisa belajar bareng teman-teman. Ia yang sempat hampir menyerah dengan cita-cita lulus SBMPTN, mengaku mendapatkan lagi semangatnya karena materi-materi Zenius yang mudah dipahami.

“Sejak akhir semester 5, aku sadar nggak punya harapan buat SBMPTN. Maka dari itu, aku jadi rajin buka aplikasi Zenius. Pengajaran di Zenius itu seru banget-banget-banget. Sebagian besar materi UTBK aku dapetin dari Zenius, karena kebanyakan materi yang lebih mudah dipahami itu ada di Zenius,” kata Atirotul.

Zenius telah siapkan layanan untuk persiapan SBMPTN 2021

(dok. Zenius.net) via www.zenius.net

Selama proses persiapan menjelang UTBK 2020, Zenius mengatakan memang mengeluarkan berbagai layanan inovatif yang membantu para peserta untuk mempersiapkan diri. Mulai dari Grand Try Out Zenius yang dilakukan secara daring dan dirancang khusus agar menyerupai UTBK sesungguhnya, serta koleksi konten materi persiapan UTBK terlengkap. Selain itu, Zenius juga memiliki galeri konten pembelajaran berkualitas terbesar di Indonesia yang berisi lebih dari 80 ribu video pembelajaran dan ratusan ribu latihan soal yang dapat diakses secara gratis.

Menyambut SBMPTN tahun mendatang, Sabda mengatakan bahwa Zenius telah merancang layanan Zenius Ultima yang akan membantu persiapan para siswa menghadapi UTBK 2021. Layanan ini dilengkapi berbagai fitur-fitur inovatif seperti Simulasi Real UTBK, konseling jurusan dan kampus impian, evaluasi proses belajar rutin, serta 350 jam sesi belajar live interaktif dengan tutor-tutor senior Zenius.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE