Lengkapi Ekosistem Cashless DAMRI, DANA Hadir Sebagai Pilihan Metode Pembayaran Semua Jenis Perjalanan

Bayar tiket DAMRI menggunakan DANA

Budaya cashless atau bertransaksi tanpa menggunakan uang fisik sudah jamak diterapkan masyarakat Indonesia. Selain karena memang memudahkan, transformasi cara bertransaksi ini turut dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa orang untuk menghindari kontak fisik.

Advertisement

Untuk mendukung transformasi yang sejalan dengan agenda inklusi dan literasi keuangan digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terbaru, DAMRI sebagai moda transportasi di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggandeng DANA untuk melengkapi metode pembayaran perjalanan nontunai dan nonkartu.

Pembayaran tiket DAMRI menggunakan DANA bisa dilakukan secara online maupun offline

Direktur Utama DAMRI, Setia N Milatia Moemin mengatakan, melalui kerja sama ini masyarakat pengguna DAMRI semakin dipermudah untuk membeli tiket perjalanan antar kota, menuju bandara atau kawasan wisata secara online melalui situs web dan aplikasi DAMRI, dan secara offline di pool DAMRI melalui skema pindai QR Code Indonesian Standard (QRIS).

“Kerja sama ini memperluas jangkauan ekosistem pembayaran cashless untuk setiap pembelian tiket DAMRI. Langkah ini menambah pilihan metode pembayaran digital yang dapat diakses melalui situs tiket.damri.co.id, aplikasi DAMRI Apps, dan melalui agen resmi penjualan lainnya,” kata Setia dalam keterangan tertulis, Rabu (31/3/2021).

Advertisement

Cara menggunakan DANA untuk bayar tiket DAMRI

Untuk menggunakan DANA sebagai metode pembayaran tiket DAMRI secara offline, calon penumpang hanya perlu datang langsung ke loket DAMRI, memilih tujuan, jam keberangkatan dan tempat duduk, kemudian menunjukkan kartu identitas dan memindai QRIS melalui aplikasi DANA untuk pembayaran.

Sedangkan untuk transaksi online, calon penumpang perlu membuka situs atau aplikasi DAMRI yang dapat diunduh melalui PlayStore untuk memilih layanan dari DAMRI. Setelah itu dilanjutkan dengan memilih tujuan, jam keberangkatan dan tempat duduk, kemudian mengisi identitas diri. Setelah itu tinggal pilih DANA sebagai metode pembayaran, dan calon penumpang akan diarahkan ke DANA Cashier Page untuk konfirmasi pembayaran. Tiket elektronik didapat setelah pembayaran berhasil.

Advertisement

“Sinergi dengan DAMRI merupakan bagian dari upaya DANA untuk terus mendorong budaya cashless dan contactless sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi digital yang makin mudah, aman, dan nyaman,” kata CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara.

Nah, saat ini pembayaran tiket DAMRI yang menggunakan DANA telah tersedia di lebih dari 100 rute perjalanan seluruh Indonesia, termasuk untuk daerah Lampung, Malang, Surabaya, Bandung, Bogor, Makassar, Medan, dan Pontianak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE