Setelah Menunggu 30 Tahun, Liverpool Akhirnya Juarai Liga Diiringi Beberapa Rekor Hebat. Selamat!

Liverpool juara liga

Kabar gembira untuk para penggemar Liverpool. Klub sepak bola asal kota Merseyside itu akhirnya menjuarai Liga Premier Inggris 2019-2020. Kepastian itu didapat setelah Manchester City gagal memenangkan pertandingan tandang melawan Chelsea. Jarak poin Manchester City sudah nggak mungkin menyalip Liverpool di puncak klasmen dengan sisa pertandingan yang ada.

Advertisement

Meski sudah terprediksi jauh-jauh hari, keberhasilan pasukan The Kops ini sungguh melegakan. Pasalnya, Si Merah sudah puasa gelar Liga Inggris hampir 30 tahun lamanya. Kemenangan ini juga sebuah pencapaian luar biasa bagi pelatih JĂĽrgen Klopp setelah tahun lalu mereka berhasil menyabet gelar Liga Champions.

Kegagalan Manchester City meraih kemenangan melawan Chelsea menghantarkan Liverpool juarai Liga Inggris

Manchester City kalah via www.bola.net

Liga Inggris masih menyisakan 7 pertandingan lagi, namun raihan 86 poin Liverpool nggak mungkin lagi terkejar Manchester City yang menempel di posisi kedua klasmen. Kepastian itu didapat dari kegagalan tim kota Manchester meraih kemenangan di kandang Chelsea. Tim besutan Pep Guardiola itu kalah 2-1 pada pertandingan semalam (26/6).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stamford Bridge itu, Manchester City tertinggal lebih dulu lewat gol Christian Pulisic di menit ke-36. Manchester biru berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Kevin De Bruyne di menit ke-55. Petaka tiba di menit ke-77, Fernandinho mendapatkan kartu merah dan menghadiahi Chelsea tendangan 12 pas. Willian Borges sukses mengonversikannya menjadi gol dan mengunci pertandingan dengan kemenangan.

Advertisement

Pencapaian Liverpool ini semakin sempurna dengan sejumlah rekor yang diraih. Musim yang luar biasa

Pecah rekor via bola.kompas.com

Selain gelar Liga Inggris, Liverpool menjalani musim yang gila. Sejumlah rekor berhasil mereka pecahkan. Pertama, Liverpool menjadi klub yang paling cepat memastikan gelar juara dengan sisa 7 pertandingan. Rekor sebelumnya dipegang Manchester United 2000-2001 dan Manchester City 2017/2018, yang juara ketika kompetisi tersisa 5 pertandingan.

Kedua, Liverpool menjadi tim yang meraih kemenangan kandang beruntun terbanyak dengan 23 kali (sejak 9 Februari 2019). Rekor ini masih bisa bertambah jika sisa pertandingan kandang selanjutnya Si Merah meraih kemenangan. Patut diingat bahwa Liverpool masih bisa menambah rekor pencapaian poin terbanyak yaitu 107 poin jika mereka mampu menyapu bersih sisa 7 pertandingan. Rekor sebelumnya dimiliki oleh Manchester City musim 2017-2018 ketika total mendapatkan 100 poin.

Penggemar Liverpool layak masuk dalam jajaran orang paling sabar. Pasalnya beberapa tahun ke belakang mereka sempat 2 kali gagal juara

Advertisement

Gerrard terpeleset via akurat.co

Keberhasilan Livepool menjuarai Liga Inggris musim ini mengobati kegagalan di masa lalu. Seperti yang kita tahu Liverpool setidaknya pernah hampir menjuarai Liga Inggris di dua musim; 2014-2015 dan 2018-2019. Di musim 2014-2015 kans juara Liverpool harus terkubur setelah Steven Gerrard melakukan blunder yang membuat timnya kalah dari Chelsea.

Lalu di musim lalu. Liverpool sempat unggul jauh dari peringkat kedua sebelum akhirnya dilewati oleh Manchester City. Meski juara Liga Champions di musim lalu, namun kegagalan di Liga Inggris cukup membekas dalam benak The Kop — suporter Liverpool.

Penggemar Liverpool layak masuk dalam jajaran orang paling sabar. Setelah menunggu 30 tahun akhirnya mereka berhasil menjuarai liga tertinggi di Inggris. Setelah di dua musim gagal dengan cara yang menyakitkan, akhirnya musim ini mereka tampil gemilang. Tim besutan Juergen Klopp itu hanya 3 (2 imbang, 1 kalah) kali gagal mendulang poin penuh. Selamat buat para Kopites sekalian. Tuhan memang tahu cara membahagiakan orang-orang yang tabah.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE