Tempat Peristirahatan Terakhir 9 Tokoh Dunia, Mulai dari Princess Diana sampai Elvis Presley

Makam tokoh dunia

Beberapa waktu lalu sebuah akun Twitter @hrdbacot membahas biaya kematian di Indonesia. Adminnya meminta followers-nya untuk berbagi pengalaman mengurus jenazah beserta rincian biayanya. Dilihat dari jawabannya sih sangat bervariatif, mulai dari kurang dari 5 juta rupiah sampai ratusan bahkan miliaran rupiah! Tergantung di mana lokasi pemakamannya, pelayanan apa saja yang diambil, biaya perawatannya, dan lain-lain. Tapi lihat cuitan itu jadi semacam membuka mata sih, karena ternyata selain harus memikirkan tabungan masa tua, kita juga mesti mikirin biaya kematian 🙁

Advertisement

Nggak cuma di Indonesia aja, biaya pemakaman di luar negeri juga nggak kalah mahalnya. Tapi kali ini kita nggak bakal merinci biaya kematian di negara-negara lain sih. Pusing ntar, hehehe. Kita bahas aja yuk, tempat-tempat peristirahatan terakhir para tokoh dunia. Sampai sekarang nggak sedikit orang yang mengenang mereka dengan cara mengunjungi tanah pemakamannya. Siapa aja ya para tokoh ini?

1. Makam Elvis Presley, di Graceland, Memphis, Tennessee, Amerika Serikat

Tempat di mana mendiang Elvis dikebumikan via www.findagrave.com

Kuburan Elvis Presley adalah salah satu kuburan yang paling banyak dikunjungi di dunia. Wajar sih, di era kejayaannya Elvis memang jadi musisi legendaris yang punya jutaan penggemar di seluruh dunia. Taman Meditasi di Graceland jadi peristirahatan terakhir Elvis beserta beberapa anggota keluarganya. Banyak pengunjung datang ke sana untuk meletakkan bunga, berlutut dan berdoa, ada juga yang menyanyikan lagu-lagu pujian atau lagu milik Elvis.

Advertisement

2. Makam penyair William Shakespeare, di Holy Trinity Church, Stratford-upon-Avon, Inggris

Tempat peristirahatan terakhir William Shakespeare via edwardburman.com

William Shakespeare adalah seorang penyair dan penulis naskah terkenal dari Inggris yang hidup di pertengahan abad 16 sampai awal abad 17. Ketika meninggal, ia dimakamkan di kampung halamannya di Stratford-upon-Avon (Stratford). Di sana juga ada toko-toko, restoran, sampai museum bertema Shakespeare.

3. Makam Jim Morrison, di Père Lachaise, Paris, Perancis

Makam Jim Morrison sering dirusak via www.flickriver.com

Jim Morrison, penyanyi band legendaris The Doors dimakamkan di Paris, Perancis. Kuburannya sering jadi sasaran vandalisme. Patung berbentuk wujudnya pernah dirusak dan dicuri. Kini pihak yang merawat kuburannya memasang pagar di sekeliling kuburan itu, membuat penggemar nggak bisa mendekat.

4. Makam Bob Marley, di Nine Mile, Jamaica, Pulau Karibia

Komplek pemakaman Bob Marley via www.paradisepalmsjamaicatours.com

Legenda reggae Bob Marley dimakamkan di desa Nine Mile, tempatnya dilahirkan. Kuburannya ini terletak di sebuah komplek yang berisi rumah masa kecil Marley dan museum Bob Marley. Pengunjung yang datang ke sana akan dipandu oleh pemandu. Mereka dilarang mengambil foto saat berada di dalamnya.

Advertisement

5. Makam Sir Isaac Newton, di Westminster Abbey, London, Inggris

Monumen Sir Isaac Newton via www.westminster-abbey.org

Sir Isaac Newton adalah ilmuwan paling penting dan berpengaruh dalam sejarah. Makamnya dibentuk seperti monumen dan dibangun dari marmer putih dan abu-abu pada abad ke-18. Sosok pahatan Newton bersandar pada tumpukan buku-buku ilmiah, sementara bola dunia di atasnya menunjukkan rasi bintang dan tanda-tanda zodiak.

6. Makam Bruce Lee, di Seattle, Washington, Amerika Serikat

Kuburan Bruce Lee dan Brandon Lee via id.pinterest.com

Seni bela diri tidak akan ada apa-apanya tanpa campur tangan Bruce Lee. Kuburannya dikunjungi sekitar 10.000 orang setiap tahun. Lee meninggal secara tragis di usia 32 tahun. Anaknya Brandon Lee juga meninggal saat aksinya dalam syuting film The Crow gagal. Keduanya dikuburkan bersebelahan.

7. Makam Marilyn Monroe, di Los Angeles, California, Amerika Serikat

Tempat Marilyn Monroe bersemayam via www.shoeperwoman.com

Bintang film ikonik dan kontroversial, Marilyn Monroe dikebumikan di ruang bawah tanah nomor 24 di Corridor of Memories, Pemakaman Brentwood. Monroe sengaja dimakamkan di sana karena kuburan itu sunyi dan terpencil. Tapi tetap aja nggak bisa menghentikan orang untuk datang. Marmer dengan ukiran namanya sering jadi sasaran ciuman orang-orang sampai penuh lipstik. Pendiri majalah dewasa Playboy, Hugh Hefner, telah memesan tempat di samping Monroe, puluhan tahun sebelum ia meninggal.

8. Makam John F. Kennedy, di Arlington, Virginia, Amerika Serikat

Makam John F. Kennedy via www.smithsonianmag.com

Kuburan mantan presiden AS, John F. Kennedy di Arlington National Cemetery, ditandai dengan plakat sederhana dan api tunggal yang selalu menyala. Presiden yang pernah diisukan dekat dengan Monroe itu pernah mengagumi suasana damai di lokasi pemakaman tersebut saat suatu hari ia berkunjung ke makam prajurit tak dikenal. Dari makam Kennedy, tampak monumen Lincoln dan Washington.

9. Makam Princess Diana, di Althorp, Northamptonshire, Inggris

Makam Princess Diana via www.readersdigest.ca

Semasa hidupnya, Lady Diana tak pernah berhenti jadi sorotan publik. Ke mana pun dia pergi selalu ada paparazzi yang mengikuti. Ia begitu dicintai rakyatnya. Mungkin inilah yang membuat pihak keluarga memutuskan membangun pemakaman untuknya yang jauh dari publik dan keramaian. Lady Diana yang meninggal karena kecelakaan tragis di Paris itu memiliki tempat peristirahatan di tengah danau. Sangat sedikit yang diizinkan untuk menginjakkan kaki di pulau itu. Tetapi pelayat tetap diizinkan untuk mengunjungi semacam monumen yang dibangun di samping danau.

Monumen tempat pelayat biasa berkumpul via www.ocregister.com

Wah, nggak kebayang sih berapa biaya yang telah dihabiskan untuk membangun pemakaman buat tokoh-tokoh dunia di atas. Tapi yang bikin salut, meski mereka telah tiada, para penggemarnya tetap setia sampai akhir hayat. Buktinya makam-makam di atas selalu dipenuhi pelayat. Semoga mereka semua tenang di alam sana ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE