Memaknai Kemerdekaan Lewat 4 Cara Penuh Kebaikan

Cara ini bisa jadi upaya buat kamu mencapai keseimbangan hidup

Pada tanggal 17 Agustus tahun ini bangsa Indonesia memperingati kemerdekaan yang ke-77. Nah, sepanjang usia kemerdekaan tersebut, kita sebagai bagian dari bangsa yang bebas telah memaknai kemerdekaan lewat berbagai macam bentuk. 

Yup, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaknai kemerdekaan, seperti melalui 4 cara penuh kebaikan berikut ini. Apa saja? Yuk, simak.  

1. Memaknai kebebasan dengan melakukan apa yang diinginkan tanpa melanggar hak orang lain

Ilustrasi menikmati kebebasan | Photo by Whyframestudio from iStockphoto

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata merdeka dapat dimaknai sebagai kebebasan yang diperjuangkan para pahlawan kemerdekaan. Berkat perjuangan mereka, Indonesia sebagai bangsa kini tidak lagi dijajah bangsa lain.

Berkat para pahlawan pula, kita hari ini dapat menjalani hidup dengan bebas tanpa belenggu siapa pun. Yup, hari ini kita bisa melakukan apa pun yang diinginkan tanpa adanya pembatasan sewenang-wenang. 

Namun, untuk dapat memaknai kebebasan sebagai salah satu semangat kemerdekaan, kita nggak boleh kebablasan. Kebebasan yang diperjuangkan para pahlawan harus dimanfaatkan untuk tujuan positif dalam batas-batas tertentu. 

Dengan kata lain, kita harus senantiasa menimbang hak orang lain ketika menunaikan keinginan atas dasar kebebasan. Sikap ini adalah bentuk paling sederhana dari kebaikan yang bisa kita lakukan untuk memaknai kemerdekaan. 

2. Memberi bukan meminta sebagai bentuk kemandirian

Ilustrasi mandiri | Photo by Prostock-Studio from iStockphoto

Kemandirian juga merupakan semangat kemerdekaan, karena Indonesia tidak lagi menggantungkan nasib pada bangsa lain. Meski telah menjadi bangsa yang mandiri, Indonesia tetap mau berkolaborasi demi kepentingan bersama. 

Nah, memaknai kemandirian sebagai semangat kemerdekaan di level individu menjadi hal penting. Selain bisa menjadi jalan untuk menjaga harga diri, kemandirian juga bisa menjadikan kita pribadi yang baik terhadap sesama karena memiliki kemampuan untuk memberi kepada mereka yang membutuhkan. 

Seperti diketahui, memberi adalah tindakan mulia yang tidak hanya dapat mendatangkan pahala, tetapi juga keberkahan hidup, loh. 

3. Membantu orang lain yang lebih membutuhkan sebagai pemaknaan atas hilangnya ego pribadi

Ilustrasi membantu orang lain | Photo by Punnarong from iStockphoto

Satu semangat yang tak kalah penting dari sejumlah semangat kemerdekaan Indonesia adalah hilangnya ego pribadi. Di sini, seluruh bangsa Indonesia tidak lagi saling merasa lebih dan saling ingin menguasai karena kemerdekaan sebagai tujuan bersama sudah tercapai. 

Nah, dalam memaknai semangat tersebut di kehidupan hari ini, kita juga bisa mengesampingkan ego pribadi ketika dihadapkan pada kepentingan bersama maupun kondisi orang lain yang lebih membutuhkan bantuan. 

Meletakkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi adalah salah satu caranya. Membantu orang lain yang lebih membutuhkan di saat kita juga merasa kesusahan, adalah bentuk pemaknaan yang mulia terhadap semangat kemerdekaan Indonesia tersebut.  

4. Memaknai nasionalisme dengan bangga menggunakan produk dalam negeri

Ilustrasi rasa nasionalisme | Photo by Ferlistockphoto from iStockphoto

Last but not least, nasionalisme merupakan semangat kemerdekaan yang tak kalah penting untuk kita maknai. Sebab, rasa nasionalisme adalah wujud dari kecintaan dan kehormatan kita terhadap bangsa yang diperjuangkan kemerdekaannya oleh para pahlawan.

Dengan memiliki rasa nasionalisme, kita akan selalu berupaya melakukan yang terbaik bagi bangsa, senantiasa menjaga keutuhan persatuan, dan terpenting berusaha meningkatkan martabat bangsa di hadapan dunia. 

Ada banyak cara untuk memaknai dan menebalkan rasa nasionalisme. Salah satunya adalah dengan bangga menggunakan produk dalam negeri yang saat ini nggak kalah keren dan berkualitas dibanding produk impor. 

Terpenting, saat ini ada banyak pula produk dalam negeri yang mengusung nilai-nilai kebaikan, salah satunya seperti BSI Tabungan Easy Wadiah dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang hadir dengan prinsip Wadiah Yad Dhamanah, di mana wadiah berarti nasabah menitipkan dananya kepada bank, dan yad dhamanah merujuk pada bagaimana bank mengelolanya.

BSI Tabungan Easy Wadiah | Dok. BSI

BSI Tabungan Easy Wadiah ini bahkan menjadi produk simpanan BSI yang paling diminati nasabah, loh. Ini karena sifat tabungan berupa titipan memungkinkan nasabah yang membuka rekening dengan akad wadiah terbebas dari biaya administrasi bulanan. 

Menariknya, meski tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, nasabah bisa menikmati layanan BSI mobile dan juga dibebaskan biaya tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri. Nasabah juga bisa menggunakan kartu ATM-nya di seluruh ATM BSI, ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link dan ATM berlogo Visa. 

Nggak hanya itu, nasabah BSI Tabungan Easy Wadiah juga dibebaskan biaya transaksi di seluruh EDC Bank Mandiri, semua EDC bank di Indonesia, dan EDC berjaringan prima. 

Nah, yang nggak kalah penting dan menarik dari BSI Tabungan Easy Wadiah ini adalah kamu bisa melakukan pembukaan rekening secara praktis melalui BSI Mobile. Untuk pembukaan rekening, setoran awal yang dikenakan adalah Rp100.000 untuk perorangan dan Rp1.000.000 untuk non-perorangan. 

Adapun setoran minimum berikutnya adalah Rp50.000 via teller dan Rp1 via EChannel. Untuk saldo minimum di rekening Easy Wadiah adalah Rp50.000. Buat kamu yang tertarik membuka rekening BSI Tabungan Easy Wadiah, informasi lebih lanjut bisa didapat melalui situs resmi BSI atau klik di sini

Nah, itu dia 4 cara penuh kebaikan dalam memaknai kemerdekaan Indonesia. Kamu mau mulai dari yang mana, nih? Atau jangan-jangan sudah melakukan keempat poin di atas?

Perlu diketahui bahwa melalui 4 cara di atas kamu secara nggak langsung tengah menikmati kebebasan yang diperjuangkan para pahlawan kita secara seimbang, loh. Melalui cara-cara penuh kebaikan di atas, disadari atau tidak, kamu juga tengah merawat semangat kemerdekaan Indonesia.

Keseimbangan dalam hidup ini adalah hal yang penting untuk diupayakan. Tidak hanya dalam menikmati kebebasan, keseimbangan perlu dicapai dalam berbagai lini kehidupan. So, buat kamu yang ingin mencapai keseimbangan hidup, yuk follow Instagram @guegensy karena di sana akan ada banyak informasi menarik mengenai keseimbangan.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor