Hewan satu ini memang super menyebalkan. Sering muncul tanpa diduga dan jalan-jalan di lantai seenaknya. Menebar bau busuk dan kuman penyakit yang tak terhitung banyaknya. Namanya kecoa, hewan yang disepakati bersama sebagai hewan menjijikan. Dapur, kamar mandi, dan gudang adalah tempat favorit kemunculan kecoa. Dibasminya pun susah. Harus disemprot berkali-kali dengan obat pembasmi serangga, eh besoknya muncul yang lain lagi.

Sebenarnya kecoa mungkin masih bisa ditolerir kalau cuma jalan di tanah atau diam saja di pojokan. Tapi segalanya jadi mengerikan saat kecoa mulai terbang-terbangan. Seremnya bisa mengalahkan kemunculan setan di film horor! Meski menyebalkan dan menjijikan, tapi kecoa termasuk hewan yang hebat lho. Selain bisa tetap hidup meski kepalanya terputus, kecoa juga dipercaya sebagai satu-satunya makhluk di bumi ini yang bisa bertahan dari serangan nuklir. Jangan kaget membaca fakta-fakta soal kecoa yang sudah Hipwee News & Feature kumpulkan ini.

1. Jangan main-main, kecoa adalah salah satu makhluk tertua di  muka bumi. Kecoa diyakini sudah ada sejak zaman dinosaurus

Kecoa sudah sangat tua via onehourpestcontrol.nyc

Usia kecoa di bumi ini diperkirakan sangat tua, yaitu sejak ratusan juta tahun lalu di era Carboniferous. Dari zaman itu hingga sekarang, tentunya kecoa sudah mengalami evolusi. Ada anggapan bahwa kecoa adalah penyumbang global warming karena sering kentut dan mengeluarkan gas metana. Yang lebih menyebalkan lagi, kecoa bisa dengan mudah beradaptasi dengan segala jenis climate change atau perubahan iklim. Curang banget ya? Mungkin karena lamanya mereka menghuni bumi ini yang membuat mereka jago beradaptasi.

2. Kecoa ada hampir di seluruh pelosok dunia. Tak heran kalau ada begitu banyak jenis dari spesiesnya

Kecoa raksasa via id.pinterest.com

Advertisement

Kecoa hampir bisa hidup di seluruh tempat di dunia ini. Dari Greenland hingga Arab Saudi, dari hutan hujan tropis sampai gurun sahara, kecoa bisa bertahan hidup. Karena menghuni berbagai daerah di permukaan bumi yang karakternya juga macam-macam, jenis-jenis kecoa pun ada sekitar lima ribuan. Ada yang kecoa semut di Amerika Utara yang besarnya cuma beberapa milimeter saja dan ada juga Megalobblata Blaberoides. Uniknya, menurut Georgi Beccaloni, seorang kurator serangga, hanya 30 dari 5000 jenis kecoa yang mengganggu manusia.

3. Kalau cicak bisa kabur tanpa ekor, kecoa bisa hidup seminggu tanpa kepala. Walaupun mengerikan, keren juga ya…

Kecoa tanpa kepala via www.5viral.com

Hal ini disebabkan karena kecoa punya sistem peredaran darah terbuka. Pada manusia, hilangnya kepala berbuntut pendarahan hebat. Sementara pada kecoa setelah kepalanya dipenggal, leher akan tertutup dengan sendirinya. Selain itu, kecoa juga tidak memerlukan kepala untuk mengontrol pernapasan dan peredaran darah seperti manusia. Kecoa bernapas melalui spirakel, yaitu pori-pori kulit. Tapi ngeri juga ya membayangkan kecoa jalan-jalan tanpa kepala…

4. Daya tahan kecoa sangat luar biasa. Bahkan diprediksi kecoa bisa bertahan dari serangan nuklir yang menghancurkan dunia

Kota Chernobly yang terkena radiasi nuklir via felvidek.ma

Seperti yang kita tahu, nuklir adalah senjata perang yang sangat diwaspadai. Kuatnya ledakan dan pengaruh radiasi yang mematikan bisa memusnahkan manusia. Tapi ada pendapat yang menyatakan bahwa kecoa bisa bertahan dari serangan nuklir. Sebenarnya, kecoa juga bisa mati bila terkena ledakan nuklir secara langsung. Tapi daya tahan kecoa terhadap radiasi sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan kecoa punya siklus sel yang lambat.

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan kecoa baru mati ketika diberi radiasi nuklir sebesar 100.000 rad. Padahal bom Hiroshima di Jepang dulu kekuatannya sekitar 10.000 rad.

5. Tak hanya dikenal sebagai pemakan segala, kecoa juga termasuk hewan berdarah dingin. Bisa tahan sebulan tanpa makanan

Kecoa bisa tahan tanpa makan via www.jendelasarjana.com

Fakta bahwa kecoa bisa hidup tanpa kepala mungkin membingungkan. Lho terus kalau makan lewat mana? Jawabannya adalah kecoa termasuk hewan berdarah dingin, sama seperti ular. Artinya kebutuhan makanan kecoa tidak sebesar manusia. Kecoa bisa bertahan hidup seminggu tanpa makanan. Jadi asalkan tidak dimakan hewan lain  atau infeksi karena bakteri, kecoa bisa diam saja di pojokan rumahmu. Tetap hidup, meski tidak punya kepala. Tapi tidak dengan minum. Tanpa kepala, kecoa bisa mati karena kehausan.

6. Sebel banget kalau kejar-kejaran sama kecoa?! Jangan heran karena kecoa bisa lari 4km/jam

Larinya cepat via hellosehat.com

Kejar-kejaran dengan kecoa memang susahnya luar biasa. Ditinggal angkat sapu saja kadang kecoanya sudah menghilang. Itu karena kecoa lumayan jago lari. Dalam satu jam kecoa bisa lari sejauh 4 km. Tentunya ini mengerikan karena dalam kecoa bisa menyebarkan kuman dengan sangat cepat. Selain itu, kecoa juga tergolong hewan yang kuat. Dia bisa menahan napas hingga 40 menit dan bahkan bisa bernapas dalam air selama setengah jam. Duh, apalah manusia yang beberapa detik di air saja sudah megap-megap.

Kecoa adalah hewan yang punya daya adaptasi sangat tinggi. Mungkin karena itulah kecoa berumur panjang dan daya tahannya luar biasa. Apalagi perkembangbiakan kecoa juga tergolong cepat. Tapi sekarang ada satu pertanyaan: kalau kecoa memang sekuat itu, kira-kira apa ya kandungan pembasmi serangga?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya