Tak Semua Anak Kucing Jantan yang Memiliki 3 Warna Dimakan oleh Induknya, Begini Penjelasannya

Mitos kucing

Bagi para pecinta kucing, tentunya udah nggak asing lagi dengan fenomena induk kucing yang memakan anaknya padahal baru aja lahir, bentuknya pun masih mungil-mungil. Apalagi jika anak kucing tersebut berjenis kelamin jantan dan memiliki tiga warna pada bulunya. Biasanya si induk akan memangsa darah dagingnya sendiri tersebut dan menyisakan setengah badannya saja.

Advertisement

Berbagai spekulasi pun akhirnya bermunculan, terlebih citra kucing jantan yang memiliki tiga warna bagi banyak orang memang dipercaya terkait dengan hal-hal yang nggak masuk akal. Ternyata, nggak semua induk kucing tega berlaku seperti itu lo, mereka yang melakukannya pun terkadang juga memiliki alasan. Biar nggak makin penasaran, simak deh ulasan di bawah ini.

Jenis kucing jantan yang memiliki tiga warna memang jarang ada, sekalinya ada terkadang induknya pun nggak segan untuk memakannya

Kucing 3 warna alias calico via cats.lovetoknow.com

Dalam dunia ‘perkucingan’, jenis hewan berkaki empat yang berkelakuan mirip alien dengan bulu berwarna tiga ini biasa disebut calico. Berbeda halnya dengan sebutan lokal, kucing berwarna tiga ini bagi orang Jawa sering diberi istilah kembang telon yang artinya tiga bunga. Banyak yang nggak tahu lo jika calico atau kembang telon itu bukan merupakan ras kucing, melainkan hanya penamaan berdasarkan warna bulunya saja.

Biasanya, yang memiliki warna eksotis ini adalah kucing berjenis kelamin betina. Adapun bagi kucing jantan, warna calico adalah sebuah hal yang bisa dibilang sangat langka. Hal tersebut dikarenakan oleh efek dari genetis yang mempengaruhi. Uniknya, ada sebuah fenomena yang terlihat menyeramkan di mana induk kucing akan memangsa anak jantannya yang memiliki warna calico tersebut. Meski nggak selalu terjadi, namun banyak orang yang menghubungkan dengan hal-hal di luar nalar.

Advertisement

Saking langkanya, banyak pendapat bermunculan bahwa kucing jantan yang memiliki tiga warna dapat mendatangkan berbagai keuntungan

Kucing calico jantan via www.animalwised.com

Perbandingan kelahiran dan tumbuh kembang kucing calico jantan dan betina yang tak seimbang membuat beredarnya mitos tak berdasar. Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah induk kucing yang memakan bayinya tersebut takut ke depannya si anak akan merajai kawanannya.  Karena ternyata banyak banget lo yang percaya jika kucing calico jantan itu memiliki kemampuan yang berbeda dengan kucing pada umumnya. Bahkan nggak jarang juga mereka dinilai memiliki skill mistis seperti dapat menjatuhkan seekor cicak hanya dengan memandangnya saja.

Sedangkan, bagi kucing jantan calico yang dapat tumbuh besar, mereka dinilai dapat mendatangkan keuntungan atau hoki yang tinggi. Hal tersebut nggak hanya dipercaya oleh masyarakat Indonesia aja lo. Bahkan beberapa warga negara lain juga mempercayainya. Tengok aja, patung kucing emas dengan tiga warna khas Jepang yang sering dipajang di etalase toko. Bukan hanya berfungsi sebagai pajangan, tapi masyarakat dari Negeri Sakura tersebut juga percaya bahwa sosok kucing jenis tersebut mendatangkan rezeki yang berlimpah bagi toko mereka.

Ternyata nggak semua induk kucing memakan anak jantan mereka yang berbulu calico kok, penjelasannya pun juga masuk akal

Advertisement

Nggak semua anak kucing calico pasti mati dimakan induknya via petcentral.chewy.com

Bukan masyarakat kita namanya kalau nggak menghubungkan segala sesuatunya dengan hal-hal di luar nalar. Mitos bahwa seekor induk kucing akan membunuh anak jantan mereka yang memiliki bulu dengan tiga warna bukan hal yang baru lagi. Banyak orang yang percaya bahwa induk kucing tersebut memiliki ketakutan tersendiri jika anaknya tersebut tumbuh besar dan normal seperti kucing lainnya.

Tapi rupanya, hal tersebut dapat dibantahkan dengan logika yang masuk akal lo. Bahkan berdasarkan ilmu pengetahuan dalam dunia kucing, ada beberapa alasan mengapa sang induk tega membunuh anaknya yang baru saja lahir dari kandungannya. Memang sih terlihat sadis, tapi tunggu dulu~

Biasanya, kucing yang dibunuh oleh induknya tersebut mengalami hal-hal tertentu. Beberapa di antaranya adalah kucing tersebut terlihat lebih lemah dibandingkan dengan saudaranya. Bisa juga karena terlahir cacat atau induknya sendiri yang mengalami sakit. Namun, yang paling sering adalah karena telah terkontaminasi oleh bau manusia.

Oleh sebab itu, mengapa kita sebagai manusia sebaiknya tak menyentuh anak kucing yang baru lahir adalah karena alasan tersebut. Nah, sekarang udah lebih tahu kan tentang kebenaran mitos kucing jantan berbulu calico. Cukup mengharukan, tapi ya memang begitulah naluri hewan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE