Akses Netflix Udah Semakin Gampang, Manfaatkan Fitur Ini Biar Tayangannya Tetap Ramah Anak

Netflix ramah anak

Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia baru saja dikejutkan kabar bahagia tentang akses tayangan Netflix yang sebelumnya dinilai susah di negara ini. Namun, pada 7 Juli 2020 lalu, perusahaan Telkom yang mana merupakan salah satu pengembang jaringan Internet terbesar di Indonesia mengumumkan bahwa pihaknya telah membuka blokir terhadap layanan Netflix. Netflix sendiri sebenarnya telah menjadi polemik keras di kalangan warganet dengan pemerintah karena pihak pemerintah menganggap banyak tayangan dewasa di dalamnya.

Advertisement

Hal tersebut tentunya disambut rasa bahagia oleh berbagai pihak, khususnya masyarakat luas pengguna Telkom sendiri. Padahal jika mau dicermati sejak awal, Netflix sudah memberikan berbagai fitur khusus agar bisa membedakan mana tayangan yang layak ditonton oleh anak kecil atau yang nggak layak. Bagi kamu yang mungkin baru saja berlangganan atau berencana hendak menikmati layanan Netflix, berikut adalah fitur ramah anak yang harus kamu ketahui.

Kamu bisa mematikan opsi pemutaran secara otomatis, jadi konten yang nggak diinginkan nggak bakal terputar sendiri

Mematikan fitur pemutaran otomatis via www.netflix.com

Nggak jauh berbeda dengan fitur yang ada di Youtube, Netflix juga memiliki opsi pemutaran secara otomatis. Fitur tersebut sebenarnya diperuntukkan agar memudahkan kita saat memutar film atau tayangan yang hendak dilihat. Jadi, secara gampangnya kita nggak perlu memencet secara terus-menerus mana tayangan yang diinginkan karena bakal secara otomatis terputar. Namun hal itu ternyata dinilai kurang ramah dengan anak kecil.

Untuk menyikapi persoalan ini, kamu bisa melakukan langkah simpel dengan mematikan opsi pemutaran secara otomatis. Setelah dimatikan, nantinya tayangan yang bakal terputar ya hanya yang sudah dipilih sebelumnya. Jadi kamu nggak perlu khawatir jika adikmu, atau mungkin buah hatimu menonton tayangan yang bukan pada umur mereka.

Advertisement

Sekarang akun di Netflix juga udah bisa dikunci, jadi kamu nggak perlu khawatir jika ada anak kecil masuk dan menggunakan akunmu

Netflix ramah anak via pk.mashable.com

Fitur lainnya yang disediakan bagi para pemilik akun Netflix agar profilenya bisa ramah anak adalah opsi penguncian yang satu ini. Kini, kamu bisa mengunci akun pribadimu dalam layanan Netflix tanpa perlu khawatir bakal dipakai oleh orang lain, khususnya anak kecil. Langkah ini perlu banget dilakukan bagi kamu yang memilih layanan Netflix family alias Netflix keluarga. Biasanya, dalam satu akun Netflix family, bakal terdapat beberapa profil pribadi yang di dalamnya juga berisi daftar-daftar tayangan favorit yang hendak ditonton. Dengan melakukan penguncian ini, kamu bisa mengarahkan adik-adik kecilmu kepada tontonan yang memang relate di usia mereka. Simpel banget kan ternyata?

Bagian terpenting adalah adanya akun khusus anak. Kontennya pun juga nggak kalah menarik kok!

Netflix and chill via www.digitaltrends.com

Setelah melakukan dua langkah penting tadi, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat akun khusus untuk anak. Perlu diketahui, dengan membuat akun khusus ini, tayangan yang akan diberikan oleh pihak penyedia layanan Netflix akan secara otomatis terfilter melalui sistem. Misalnya, kamu bisa kok memberikan tayangan pada akun tersebut hanya sebatas kartun, animasi, film-film ringan edukasi, dan semacamnya. Artinya, kamu nggak perlu takut jika sewaktu-waktu secara tidak sengaja mereka memutar tayangan yang tidak sesuai dengan umurnya. Tenang, tayangan khusus untuk anak ini juga sama berkualitasnya kok dengan tayangan Netflix lainnya secara umum.

Nah, itu tadi adalah hal yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu lakukan untuk melakukan kontrol terhadap anak-anak saat menikmati tayangan Netflix. Nggak bisa dimungkiri lagi sih kalau layanan yang diberikan oleh Netflix itu kaya banget akan informasi, ilmu pengetahuan, dan hal-hal unik lainnya. Cuma memang kita harus melakukan manage dengan benar sesuai dengan umur masing-masing.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE