Kabar Gembira Untuk Kita Semua, Netflix Sudah Bisa Diakses Pakai IndiHome dan Telkomsel!

Netflix di IndiHome dan Telkomsel

Sudah bukan rahasia lagi kalau Netflix –penyedia layanan streaming digital yang berbasis di Amerika Serikat– adalah gudangnya film dan serial top. Tayangan hiburan yang tersedia di Netflix sering banget jadi bahan perbincangan di berbagai lini masa. Sebut aja The End of the F***ing World, Money Heist, atau The Haunting of Hill House. Selain serial barat, banyak juga series dari Asia yang nggak kalah hebohnya, kayak Itaewon Class, Crash Landing On You, atau Hospital Playlist. Semua serial itu cukup sering seliweran di story para pengguna Instagram.

Advertisement

Sayangnya, para pengguna provider Telkomsel dan IndiHome, sempat bertahun-tahun nggak bisa mengakses Netflix karena platform ini memang diblokir oleh dua provider tersebut. Tapi, hari ini, Selasa 7 Juli 2020 (please catat tanggal ini ya!) jadi hari bersejarah bagi penikmat Netflix sekaligus pengguna Telkomsel dan IndiHome. Pasalnya, setelah didesak banyak orang, akhirnya Telkom Group –termasuk Telkomsel dan IndiHome– membuka blokir Netflix sehingga pelanggannya bisa nonton serial keren di platform tersebut! Kabar ini disambut sukacita oleh para warganet. Ya iya lah, 4 tahun nunggu, cuy!

Mulai hari ini, akhirnya penantian panjang pelanggan Telkomsel dan IndiHome yang ngebet banget supaya Netflix dihadirkan, terjawab sudah. Telkom Group resmi membuka blokir Netflix!

Netflix bisa diakses di IndiHome dan Telkomsel via www.merdeka.com

Pecinta Netflix yang kebetulan memakai provider dari Telkom Group, akhirnya bersorak berjamaah. Pasalnya, setelah penantian panjang 4 tahun lamanya, Netflix bisa dinikmati di Telkomsel, IndiHome, atau Wifi.id. Kabar ini dibenarkan Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo. Menurutnya, pembukaan akses Netflix ini dilakukan sebagai bentuk pendekatan platform streaming itu agar sesuai dengan tuntuan pasar di Indonesia dan tetap aman walau diakses anak-anak di bawah umur.

Iya, jadi sebelum ini, yang bikin Telkom memblokir layanan Netflix di Indonesia karena platform ini dinilai belum memiliki regulasi yang jelas dan banyak memuat konten tak senonoh

Alasan Netflix diblokir via ggwp.id

Netflix hadir di Indonesia sejak Januari 2016 lalu. Tapi belum sebulan masuk Indonesia, Telkom Group memutuskan untuk memblokir Netflix sehingga pelanggannya nggak bisa mengaksesnya. Pelanggan Telkom harus menikmatinya secara ilegal atau memakai VPN. Waktu itu alasan pemblokirannya karena Netflix dianggap belum punya regulasi yang jelas dan banyak memuat konten tidak senonoh. Selain itu, Netflix juga dipandang sebagai pemain over the top (OTT) yang dikhawatirkan bisa mengeruk keuntungan di atas jaringan milik operator, padahal tidak mengeluarkan investasi besar. Setidaknya itulah yang dikatakan Direktur Konsumer Telkom Dian Rachmawan.

Advertisement

Nah, belakangan ini diketahui Netflix sudah melakukan berbagai perubahan atau penyesuaian supaya konten-kontennya bisa diterima di negara kita gitu, kayak menerapkan parental control, agar anak-anak terlindungi dari konten-konten berbau tidak senonoh. Makanya Telkom akhirnya berani membuka aksesnya biar lebih banyak orang yang bisa menikmati Netflix.

Alasan lain kenapa akhirnya pemblokiran ini dibuka, kemungkinan karena ada kebiasaan menonton yang berubah sejak pandemi. Orang bergeser dari nonton di bioskop jadi nonton lewat gadget

Kebiasaan menonton yang berubah via streamingan.id

Executive Director Indonesia ICT Institute Heru Sutadi berpendapat bahwa mungkin alasan pemblokiran ini dibuka karena sudah terjadi pergeseran kebiasaan menonton film masyarakat Indonesia. Terlebih sejak pandemi, yang awalnya mungkin sering pergi ke bioskop, jadi mau nggak mau beralih ke gadget. Menurut Heru, Netflix sekarang juga sudah menjadi alat kompetisi operator untuk bersaing. Jadi ya kalau mau ikut bersaing, memang suka atau tidak harus dibuka tuh blokirnya.

Meski pemblokirannya sudah resmi dibuka, tapi Arif Prabowo mengimbau supaya Netflix juga mendukung Indonesia lewat tayangan hiburan bernuansa lokal. Dengan begitu, mereka juga bisa turut memajukan perfilman tanah air. Setuju sih kalau soal ini, biar nggak kalah aja sama film atau serial luar negeri. Oh ya, buat kalian yang belum juga bisa membuka Netflix di jaringan Telkom, harap bersabar aja ya, karena ternyata pembukaan pemblokiran ini dilakukan secara bertahap.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE